Eneas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian Menyembuhkan Kelumpuhan dan Mengangkat Tabita karya Masolino da Panicale, 1425.

Eneas adalah seorang tokoh dalam Perjanjian Baru. Menurut Kis 9:32–33, ia tinggal di Lida, dan mengalami kelumpuhan selama delapan tahun. Saat Petrus berkata, "Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu," ia sembuh dan terbangun.

F. F. Bruce menyatakan bahwa Eneas adalah "salah satu anggota kelompok Kristen lokal, meskipun pernyataan tersebut tak disebutkan."[1] Menurut David J. Williams, terdapat beberapa ambiguitas dalam teks Yunani dari ayat 34, yang berisi frase yang biasanya diterjemahkan menjadi "rapikan tempat tidur". Teks tersebut akan secara harfiah memiliki arti Petrus menyuruh Eneas untuk mengerjakan tugas, yang tak merujuk kepada kasurnya sendiri, tetapi beberapa hal lain yang tak dapat ia lakukan. Williams menyatakan bahwa istilah tersebut dalam memiliki banyak arti, contohnya "Siapkan suatu hal untuk disantap oleh dirimu sendiri".[2]

Catatan Eneas disembuhkan disusul oleh catatan pengangkatan Dorkas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ F. F. Bruce, Commentary on the Book of the Acts (Grand Rapids: Eerdmans, 1964), 210.
  2. ^ Williams, David J. (2011). Acts. Understanding the Bible Commentary Series. Baker Books. hlm. 166. ISBN 978-1-4412-3745-3.