Catholic Encyclopedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dapat rancu dengan New Catholic Encyclopedia.

Catholic Encyclopedia (Ensiklopedia Katolik) atau saat ini biasa disebut Old Catholic Encyclopedia (Ensiklopedia Katolik Lama) adalah sebuah ensiklopedia dalam bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Encyclopedia Press. Volume pertama terbit pada Maret 1907 dan seluruhnya selesai diterbitkan pada April 1914. Ensiklopedia ini didesain untuk memberikan "informasi dari sumber yang berwenang tentang seluruh sisi dari kepentingan, tindakan, dan doktrin Katolik".

Maksud[sunting | sunting sumber]

Ensiklopedia ini didesain bagi Gereja Katolik Roma, dengan mengabaikan fakta-fakta dan informasi yang tidak ada hubungannya dengan Gereja dan menjelaskan segala sesuatu dari sudut pandang doktrin Katolik resmi, terbit pada masa kepausan Pius X. Ensiklopedia ini mencatat prestasi-prestasi umat Katolik dan hampir seluruhnya mengenai pencapaian intelektual dan profesional, termasuk seniman, pendidik, penyair, dan ilmuwan. Sekalipun ensiklopedia ini memiliki pembahasan yang lebih terbatas ketimbang ensiklopedia lainnya, Ensiklopedia Katolik memiliki cakupan yang lebih luas daripada karya ensiklopedia Katolik sebelumnya, yang hanya menggambarkan mengenai urusan internal Gereja.

Mengenai persoalan yang memecah Kekatolikan dari Gereja-Gereja lainnya maupun komunitas gerejawi Protestan, naskah ensiklopedia ini secara konsisten menjelaskannya dari sudut pandang Katolik. Karena ensiklopedia ini dikerjakan mulai tahun 1913, beberapa dari isinya sudah tidak sesuai zaman lagi, baik mengenai ranah sekuler maupun dunia Katolik sendiri. Khususnya, ensiklopedia ini terbit sebelum Konsili Vatikan Kedua yang menyebabkan perubahan sangat besar dalam praktik-praktik Kekatolikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penulisan ensiklopedia ini dimulai pada 11 Januari 1905 di bawah supervisi lima orang editor:

Para editor, seluruhnya berada di Amerika Serikat, mengadakan pertemuan editorial pertama mereka di kantor The Messenger di Jalan West Sixteenth, New York City. Naskah ensiklopedia menerima status Nihil Obstat ("tidak ditemukan pertentangan terhadap doktrin atau moral Katolik") dari penyensor resmi Remy Lafort pada 1 November 1908 dan sebuah Imprimatur ("izin pencetakan") dari John Kardinal Farley, Uskup Agung New York pada masa itu. Proses pemeriksaan ini kemungkinan dipercepat oleh karena digunakannya publikasi resmi yang lebih lama. Sebagai tambahan dari berkali-kali pertemuan informal dan komunikasi terus-menerus melalui surat, para editor juga melakukan pertemuan resmi sebanyak 134 kali untuk memutuskan rencana, jangkauan, dan perkembangan karya tersebut, yang mencapai puncaknya dengan penerbitannya pada 19 April 1913. Sebuah suplemen diterbitkan apda tahun 1922.

Ensiklopedia tersebut belakangan diperbaharui dengan bantuan Catholic University of America dan New Catholic Encyclopedia dengan 17 volumenya diterbitkan pertama kalinya pada tahun 1967, dan kemudian pada tahun 2002, New Catholic Encyclopedia ini tersedia secara online di beberapa perpustakaan.

Pada tahun 1993, Kevin Knight, seorang penduduk Denver, Colorado berumur 26 tahun, mendapatkan inspirasi (selama kunjungan Paus Yohanes Paulus II ke kota tersebut untuk Hari Kaum Muda Sedunia) untuk menerbitkan Ensiklopedia Katolik edisi 1913 tersebut di Internet. Knight membangun sebuah situs web New Advent untuk memfasilitasi pekerjaan tersebut. Para sukarelawan dari Amerika Serikat, Kanada, Perancis, dan Brazilia membantu transkripsi (penulisan kembali) dari naskah aslinya. Situs ini mulai online pada tahun 1995, dan transkripsi tersebut selesai pada 1997.

Suplemen 1922 Ensiklopedia tersebut juga berada di ranah publik, tetapi belum dimuatkan pada tahun 2005.

Karya derivatif[sunting | sunting sumber]

Karena status ranah publiknya, isi dari edisi 1913 dapat dikutip dalam karya apapun. Walaupun demikian, merupakan kepatutan bagi setiap pihak untuk selalu menyebutkan sumber aslinya.

Naskah Catholic Encyclopedia tampaknya seringkali diterjemahkan ke bahasa lain, dalam situs referensi online semacam Wikipedia. Harus diperhatikan bahwa karya-karya derivatif dari ensiklopedia ini, seperti terjemahan, penyajian, dan versi-versi lainnya mungkin merupakan subyek dari hukum hak cipta, dan mungkin bukan ranah publik.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs-situs yang menyajikan bahan dari Catholic Encyclopedia: