Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas

Mohon lihat pertanyaan saya[sunting sumber]

Salam, para pengurus dan wikipediawan

Mohon bagi yang bertanggung jawab, melihat dan memberikan tanggapan atas pertanyaan/permasalahan saya di sini: Pembicaraan Wikipedia:Warung Kopi#Pertanyaan tentang pemblokiran oleh penyaring spam. Terima kasih, --Mohamadhzanhari (bicara) 28 Mei 2021 09.22 (UTC)

Usulan pembaruan Wikipedia:Pemastian[sunting sumber]

Halo, semua. Saya telah mengusulkan rancangan baru untuk kebijakan Wikipedia:Pemastian pada halaman Wikipedia:Pemastian/Usulan. Semua diundang untuk menyampaikan tanggapannya pada halaman diskusinya. RXerself (bicara) 31 Mei 2021 20.39 (UTC)

Universal Code of Conduct News – Issue 1[sunting sumber]

Berita Kode Etik Universal
Edisi 1, Juni 2021Baca warta berita selengkapnya


Selamat datang di edisi pertama Warta Berita Kode Etik Universal (UCoC)! Tujuan penerbitan warta ini adalah untuk mengabarkan para Wikimedian tentang perkembangan terbaru mengenai UCoC. Warta ini akan berisi berita, hail penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Harap dicatat bahwa ini adalah edisi pertama Warta Berita UCoC yang akan dikirim ke seluruh pelanggan dan proyek Wikimedia. Jika Anda ingin tetap berlangganan di halaman pembicaraan, Warung Kopi, atau halaman lain yang Anda rasa memerlukan warta ini, harap berlangganan di sini.

Anda dapat membantu kami dengan menerjemahkan warta berita ini ke dalam bahasa yang Anda kuasai untuk menyebarkan perkembangan terbaru dan menciptakan kesadaran akan pentingnya UCoC dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan komunitas Wikimedia. Harap tambahkan nama Anda di sini untuk menerima permintaan penerjemahan sebelum sebuah edisi diterbitkan. Bantuan Anda amat kami hargai.

  • Konsultasi dengan organisasi mitra Wikimedia – Organisasi mitra Wikimedia berpartisipasi dalam konsultasi UCoC sepanjang bulan Maret dan April 2021. (selengkapnya)
  • Konsultasi pada proyek wiki 2021 – Yayasan Wikimedia menggelar konsultasi mengenai pertanyaan kunci pada bulan April dan Mei 2021 untuk menghimpun umpan balik mengenai penegakan UCoC dari komunitas Wikimedia secara luas. (selengkapnya)
  • Forum diskusi virtual – Tim fasilitasi UCoC mengadakan dua kali forum diskusi virtua sepanjang 90 menit pada bulan Mei 2021 untuk mendiskusikan pertanyaan kunci mengenai penegakan UCoC. Lebih banyak perbincangan akan digelar di masa depan. (selengkapnya)
  • Komite Perumus Fase 2 – Komite Perumus Fase 2 UCoC mulai bekerja pada 12 Mei 2021. Ketahui lebih banyak tentang apa yang telah mereka kerjakan. (selengkapnya)
  • Blog Diff – Para fasilitator UCoC menulis serangkaian kiriman blog mengenai temuan yang menarik dari setiap komunitas selama proses konsultasi proyek lokal pada perempat pertama tahun 2021. (selengkapnya)

Tiga pertanyaan tentang Piagam Gerakan[sunting sumber]

Para Wikimedian Indonesia yang baik:

Komunitas Wikimedia di seluruh dunia pada saat ini sedang mendiskusikan proses implementasi Strategi Gerakan 2030. Salah satu rekomendasinya adalah agar gerakan Wikimedia memiliki sebuah Piagam Gerakan, semacam "konstitusi" yang mengatur hak, kewajiban, dan tanggungjawab Anda semua di proyek, organisasi, dan bentuk-bentuk entitas wiki lainnya. Penjelasan singkat mengenai Piagam Gerakan dapat Anda baca di sini.

Kami ingin mendengar pendapat dari rekan-rekan Wikimedian, baik yang menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia maupun proyek lain dalam bahasa yang dipertuturkan di Indonesia, tentang bagaimana caranya kita dapat membentuk sebuah Komite Perumus yang akan bertugas merumuskan Piagam ini. Kami punya tiga pertanyaan yang dapat Anda jawab secara terpisah maupun seluruhnya.

Bagaimana sebaiknya susunan Komite Perumus Piagam Gerakan?[sunting sumber]

Faktor yang menjadi pertimbangan: keberagaman wilayah, gender, peran dalam komunitas, dsb.

berikan komentar Anda di bawah ini

  • "Perwakilan komunitas lokal tiap negara (?). Jadi sistemnya kyk senator/DPD gitu. Misalkan, untuk indonesia, dipilih (oleh komunitas) satu wakil rakyatnya. Semua aspirasi ditampung. Baru dia bawa aspirasi itu ke rapat perumus konstitusi..."[1]

Bagaimana cara terbaik untuk mengangkat/memilih anggota Komite Perumus?[sunting sumber]

berikan komentar Anda di bawah ini

  • "Ya tadi.. dipilih komunitas lokal.. jadi "perwakilan" untuk menyuarakan aspirasi para rakyat di dapilnya masing masing."[1]

Sebanyak apa komitmen waktu yang perlu diharapkan dari anggota Komite Perumus?[sunting sumber]

berikan komentar Anda di bawah ini

  • "seminggu sekali, setiap weekend, saran saya.."[1]

Komentar lain[sunting sumber]

berikan komentar Anda di bawah ini

  • "Kalau konstitusinya sudah jadi, apakah akan dibuat "undang undang turunannya?" Lalu dibuat lagi, ada presidennya, dprnya, sistem kehakimannya. Lalu ada petugas penegak hukumnya... (jadi negara beneran deh).. Kita tahu, kalau Wikimedia Foundation sendiri juga sudah punya struktur politik yang serupa. ada konstitusi (bylaws), undang undang turunannya (resolution), ada board (MPR), ada CEO yg diangkat board (presiden) ada sekretaris dan bendahara dan berbagai lembaga (kyk affcom, langcom, dll) (kabinet). Nah, bagaimana hubungan antara konstitusi yg sekarang kita mau buat dengan konstitusi WMF? Apa kita sedang membuat "negara dalam negara", atau gimana?"[1]
  • (respon dari RamzyM (WMF)): "Kalau mengandaikan Piagam Gerakan sebagai "konstitusi", maka "peraturan turunan"-nya ya kebijakan dan pedoman lokal yang berlaku di masing-masing proyek (di idwiki: Wikipedia:Kebijakan dan pedoman). Ini sudah ada, jadi PG akan sedikit unik karena sudah ada turunannya terlebih dahulu baru pemuncaknya; dalam kata lain, dari bawah tumbuh ke atas. Piagam Gerakan (idealnya) akan mengatur secara rinci bagaimana hubungan komunitas dengan WMF. Tidak sepenuhnya membuat "negara dalam negara", tetapi memperjelas segala sesuatu yang selama ini hanya diatur melalui kebiasaan saja. Semangat perumusan PG adalah untuk "membagi" kekuasaan dan wewenang (utamanya dalam urusan hibah dan keuangan) yang selama ini terkonsentrasi pada WMF kepada proyek dan organisasi mitra Wikimedia di seluruh dunia secara adil dan merata."[1]

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Komentar aslinya diberikan pada grup Telegram Warung Kopi Wikipediawan bahasa Indonesia dan dipasang-ulang di sini atas izin pemberi komentar.

Terima kasih banyak atas perhatian dan jawaban Anda! Salam, RamzyM (WMF) (bicara) 18 Juni 2021 14.09 (UTC)

@Jeromi Mikhael, Adhiwangsa, Flix11, Gazartashlomo0907, RXerself, Biyanto Rebin (WMID), Rachmat04, 06Ivonne, dan 22Kartika: mengundang komentar juga dari rekan-rekan yang berpengalaman dan/atau mungkin berminat mengenai isu tata kelola gerakan Wikimedia. Terima kasih :) RamzyM (WMF) (bicara) 21 Juni 2021 05.56 (UTC)

Pabrik pabrik gula[sunting sumber]

Ada yang bisa bantu di sini Pembicaraan:Pabrik Gula Balapulang dan di Pembicaraan:Pabrik Gula Pagongan? Hysocc, Let's talk 22 Juni 2021 02.53 (UTC)