Universitas Prasetiya Mulya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Prasetiya Mulya
Logo PMBS.jpg
Moto Outstanding learning partner for principled business leaders
Didirikan 1982
Jenis Sekolah Tinggi Swasta
Lokasi Jl. RA. Kartini (TB Simatupang),Cilandak Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Warna Biru Tua
Julukan Prasmul / Prasetiya Mulya Business School
Situs web http://www.pmbs.ac.id

Universitas Prasetiya Mulya adalah institusi pendidikan yang menawarkan program pendidikan gelar dan pelatihan di bidang bisnis dan manajemen sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan komunitas bisnis dan kompetensi pelaku bisnis di Indonesia. Prasetiya Mulya Business School menjadi brand Universitas Prasetiya Mulya. Seringkali dikenal publik dengan nama Prasmul maupun PMBS (Prasetiya Mulya Business School). Hingga saat ini, Universitas Prasetiya Mulya dianggap sebagai sekolah bisnis terbaik di Indonesia.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Prasetiya Mulya atau lebih dikenal dengan Prasetiya Mulya Business School didirikan oleh 70 pengusaha nasional di bawah Yayasan Prasetiya Mulya pada tanggal 6 September 1982, dengan ketua yayasan saat ini Prof. Dr. Djisman S. Simanjuntak. Nama Prasetiya Mulya sendiri terinspirasi oleh bahasa Sansekerta yang berarti "janji mulia".

Awalnya bernama Management Development Centre. Program yang diluncurkan adalah program MBA modular yang menjadi program MBA pertama di Indonesia. Modul Dasar I dari program MBA Modular pertama kali diselenggarakan pada tanggal 6 September 1982, dan dilangsungkan di Hotel Kemang. Selain Program MBA Modular, dikembangkan pula Program lain seperti Program Pendidikan Terapan bagi Pengusaha Industri Kecil yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian DKI Jakarta. Program ini mulai diadakan pada tahun 1982 dan berlangsung hingga 20 angkatan dan diikuti oleh lebih dari 1100 peserta.

Tahun 1983, Management Development Center Prasetiya Mulya berubah nama menjadi Institut Manajemen Prasetiya Mulya. Lembaga ini adalah lembaga pendidikan dan pelatihan manajemen yang tepat guna dan kontekstual untuk situasi dan kondisi Indonesia.

Pembelajaran berlangsung di Hotel Kemang hingga pada tahun 1984. Di tahun 1984, lembaga ini pindah ke gedung baru yang berlokasi di Cilandak. Pembangunan gedung baru diawali dengan peletakan batu pertama pada tanggal 10 November 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef dan diresmikan pada tanggal 12 November 1984 oleh Menteri Koordinator Ekuin Prof. Dr. Ali Wardhana. Program Pengembangan Eksekutif pertama kali diadakan oleh Institut Manajemen Prasetiya Mulya bekerja sama dengan PT. Astra Internasional pada tahun 1984.

Pada tahun 1993, karena peraturan pemerintah, Institut Manajemen Prasetiya Mulya berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya (STMPM). Bersamaan dengan itu program dengan gelar Master of Business Administration (MBA) diganti menjadi Magister Manajemen (MM). Saat itu, Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya menyelenggarakan program MM Reguler untuk fresh graduates; dan program MM Eksekutif bagi yang sudah mempunyai pengalaman manajerial 5 tahun. Di tahun yang sama, Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya mulai menyelenggarakan Certificate Business Management (CBM) sebagai program non-gelar yang melayani kebutuhan pelaku bisnis, baik pemilik maupun profesional, maupun yang ingin mengikuti pembelajaran manajemen terpadu.

Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya meluncurkan program baru di tahun 2001, yaitu Program MM Eksekutif Muda. Program ini ditujukan bagi kandidat yang mempunyai pengalaman di entry level atau assistant manager level.

Dalam perkembangannya, Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya yang menangani program-program bergelar dan Lembaga Manajemen Prasetiya Mulya yang menangani program-program non gelar lebih memperkenalkan dirinya sebagai Prasetiya Mulya School of Business and Economics.

Dua program yang diluncurkan selama 2002-2005, yaitu Program Sertifikasi Profesional dalam International Purchasing dan Supply Chain Management yang bekerja sama dengan WTO- PPB.

Logo S1 Prasetiya Mulya

Untuk kontribusi yang lebih besar, pada tahun 2005, Prasetiya Mulya School of Business and Economics meluncurkan S1.

Dengan semakin tingginya aktivitas di lingkungan Prasetiya Mulya, tahun 2010 dimulai penggunaan Kampus BSD untuk S1. Di tahun tersebut dibuka konsentrasi baru selain S1 Business yaitu S1 Marketing dan S1 Finance. Di tahun 2011 dibuka program studi baru yaitu program studi S1 Accounting dan sejak tanggal 27 Mei 2011 nama institusi resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya. Di tahun 2015 program studi S1 Manajemen kembali membuka konsentrasi baru yaitu S1 Event.

Pada 17 Maret 2016, Prasetiya Mulya yang sebelumnya berstatus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) berubah menjadi universitas berdasarkan Keputusan Menristekdikti Nomor 87/KPT/I/2015. Perubahan status ini diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang. Sebagai rektor pertamanya, dipilih Prof. Dr Djisman Simandjuntak[1].

Saat ini Universitas Prasetiya Mulya menyelenggarakan program gelar S1, S2 Magister Manajemen, dan program non-gelar di bidang pelatihan manajemen dan bisnis sesuai kebutuhan perusahaan.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Program S-2[sunting | sunting sumber]

Program Pascasarjana (S-2) Prasetiya Mulya memiliki 3 program, antara lain :

  1. MM Reguler dengan konsentrasi Pemasaran dan Keuangan
  2. MM Eksekutif Manajemen Bisnis dengan konsentrasi Pemasaran dan Keuangan
  3. MM Eksekutif Manajemen Stratejik
Metode Pengajaran

Metode pengajaran dalam program ini sangat bervariasi, seperti kuliah, diskusi dan analisis kasus, simulasi bisnis, tugas perorangan maupun tugas kelompok, karya wisata, survei lapangan, riset pasar, pembicara tamu, rencana bisnis dan lain sebagainya.[2] Keterampilan khusus yang diperlukan dalam bisnis, seperti menulis laporan efektif, teknik presentasi, serta keterampilan komunikasi bisnis lainnya diberikan dalam bahasa inggris, sisdur dalam organisasi, dan etika bisnis, juga diberikan dalam program ini. Variasi ini ditujukan agar peserta dapat menyerap semua pengetahuan dan keterampilan secara lebih efektif, sehingga memiliki nilai tambah dalam meniti kariernya di dunia bisnis.

Proses interaksi antar sesama peserta dan interaksi antara peserta dengan pengajar, sangat diutamakan. Proses ini mendapat bobot yang cukup besar dalam penilaian, karena bertujuan untuk mematangkan keterampilan komunikasi serta tukar menukar pengalaman yang akan saling memperkaya pengetahuan peserta.

Bahasa pengantar dalam kelas adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk keterampilan Eksekutif. Walaupun demikian penguasaan Bahasa Inggris diutamakan, mengingat sebagian besar kepustakaan dalam Bahasa Inggris. Demi keberhasilan program, peserta wajib menguasai penggunaan komputer secara aktif, terutama word processing, spread sheet dan software untuk presentasi.

Simulasi Bisnis merupakan salah satu metode pelatihan manajemen dengan menggunakan prinsip "learning by doing". Dalam simulasi bisnis peserta dibagi dalam kelompok-kelompok yang mewakili beberapa perusahaan yang saling bersaing. Dalam simulasi bisnis peserta berkesempatan menerapkan dan menguji konsep-konsep manajemen yang telah dipelajarinya sekaligus mengasah "sense of business"-nya.

Untuk memperoleh gelar MM, sebagai karya tulis akhir peserta diwajibkan menyusun Rencana Bisnis (Business Plan) yang harus dipertahankan di depan sidang Dewan Penguji Ujian Komprehensif MM Reguler Prasetiya Mulya.

Status

Berdasarkan SK Mendikbud Nomor. 38/D/O/1993, Program Magister Manajemen Prasetiya Mulya telah mendapat akreditasi dengan peringkat A[3] sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2005 Tanggal 13 September 2005

Program S-1[sunting | sunting sumber]

Program Sarjana (S-1) Universitas Prasetiya Mulya[4] memiliki 5 jurusan, antara lain:

  1. Jurusan Business Management
  2. Jurusan Marketing Management
  3. Jurusan Finance Management
  4. Jurusan Accounting
  5. Jurusan Event Management

Mulai tahun ajaran baru 2017-2018, Universitas Prasetiya Mulya akan menambahkan 9 program Sarjana (S-1) baru, yaitu:

  1. Jurusan S1 Tourism Business
  2. Jurusan S1 Hukum Bisnis Internasional**
  3. Jurusan S1 Ekonomi Bisnis
  4. Jurusan S1 Matematika Bisnis
  5. Jurusan S1 Software Engineering
  6. Jurusan S1 Computer Engineering
  7. Jurusan S1 Product Design Engineering**
  8. Jurusan S1 Food Technology
  9. Jurusan S1 Energy Engineering

** Program studi tersebut dimulai pada tahun ajaran 2018-2019

Program Non-Gelar[sunting | sunting sumber]

Program Non-Gelar Prasetiya Mulya bernama Executive Learning Institute (ELI) menawarkan pelatihan manajemen untuk profesional dan perusahaan dengan program, sbb:

  1. Program Ceriticate of Business Management
  2. Program International Purchasing & Supply Chain Management (IPSCM)
  3. Program Pengembangan Eksekutif (PPE)
  4. Program In House Training (Partnership Program)

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kampus Cilandak - STIE Prasetiya Mulya
Kampus Cilandak
Kampus BSD - STIE Prasetiya Mulya
Kampus BSD
Kampus Cilandak

Kampus seluas 1,5 hektare ini merupakan pusat kegiatan Universitas Prasetiya Mulya. Saat ini, dikhususkan untuk menyelenggarakan Program Magister Manajemen dan Program Non-Gelar.

Kampus BSD

Kampus Universitas Prasetiya Mulya seluas 5 ha di kawasan BSD diresmikan oleh Wapres Boediono pada tanggal 27 Mei 2011.[5] Kampus ini ditujukan untuk menggelar Program S-1. Ciri khas bangunan kampus ini adalah bangunan berbentuk oval yang mencolok berikut pemberian nama-nama gedung menggunakan nama beberapa pendiri Yayasan Prasetiya Mulya, seperti Liem Sioe Liong [6] William Soerjadjaja [7][8], Eka Tjipta Widjaja [9], Sofjan Wanandi[10].

Kerja sama[sunting | sunting sumber]

Kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri (tahun 2000 s.d. sekarang)[sunting | sunting sumber]

  • Australian National Business School (ANBS)
  • University of Adelaide
  • University of Queensland
  • University of Wollongong
  • Deakin University
  • University of Western Australia
  • University of Tasmania
  • Consortium of Australian Management School (CAMS)
  • Australian Graduate School of Management (AGSM)
  • Sydney University
  • University of Bern – Switzerland
  • Boston University
  • San Diego University
  • Graduate School of Business Northeastern University
  • Boston
  • William & Mary University
  • Peking University HSBC Business School
  • Korea Advanced Institute of Science and Technology(KAIST)
  • University of New South Wales (UNSW)

Kerja sama dengan lembaga dalam negeri (tahun 2000 s.d. sekarang)[sunting | sunting sumber]

Kerja sama dengan lembaga luar negeri (tahun 2000 s.d. sekarang)[sunting | sunting sumber]

  • The Asia Foundation
  • USAID
  • The Ford Foundation
  • Foundation for Asian Management Development
  • ASEAN International Entrepreneurial Project
  • APO
  • Global Entrepreneurship Monitor (GEM)
  • Global Social Venture Competition

Lembaga[sunting | sunting sumber]

Universitas Prasetiya Mulya memiliki lembaga-lembaga di bidang kewirausahaan, riset, karier, dan penerbitan, antara lain :

  1. Entrepreneurship Development Center (EDC)
    Untuk menghasilkan wirausahawan terdidik, selama empat tahun EDC terus melakukan kajian dan eksperimen[11] baik dalam pengembangan kurikulum maupun proses belajar mengajar. EDC juga terus membuka kerjasama dengan lembaga-lembaga penelitian, komunitas bisnis, media massa, organisasi masyarakat, Usaha Kecil Menengah (UKM), institusi pendidikan, maupun pemerintah dalam menyelenggarakan riset, pengajaran/pelatihan, dan kegiatan Community Development
  2. Career Development Center (CDC)
    CDC Prasetiya Mulya [12] didedikasikan untuk membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengembangkan tujuan karier mereka melalui pemahaman diri yang lebih baik dan persiapan. Beragam strategi-strategi career search,workshop pengembangan karier, dan kegiatan-kegiatan yang memberdayakan mahasiswa untuk mengambil langkah yang tepat dalam membangun kariernya. Dalam menggarap kegiatannya, CDC selalu menggandeng perusahaan-perusahaan terbaik. Lembaga ini sendiri dikelola oleh praktisi dan akademisi yang berlatar belakang psikologi.
  3. Centre for Finance & Investment Research (CFIR)
  4. Center for Innovation Opportunities and Development (CinoDev)
  5. Center for Asian Supply Chain Competitiveness
  6. Center for Infrastructure Development
  7. Center for Human Capital
  8. Prasetiya Mulya Publishing (PMP)
    Selain menerbitkan buku-buku karya akademisi[13] dari Prasetiya Mulya, PMP juga menggarap penerbitan Majalah Forum Manajemen Prasetiya Mulya dan Jurnal Ilmiah Prasetiya Mulya.
    Majalah Forum Manajemen Prasetiya Mulya [14] Terbit perdana pada tahun 1986, merupakan ruang publik untuk berbagi gagasan dan pengalaman antar komunitas akademisi, praktisi, dan peminat manajemen bisnis. Arah editorial FMPM adalah mengusung semangat pembelajaran melalui tulisan-tulisan berisi gagasan terkini, inspiratif, dan berdampak konkret untuk kemajuan khazanah ilmu manajemen dan keberlangsungan bisnis global.

Susunan Pejabat[sunting | sunting sumber]

Daftar Rektor Universitas:

No Nama Masa Jabatan
1 Prof Dr Djisman Simandjuntak 2016 – Sekarang


Daftar Ketua Sekolah Tinggi :

No Nama Masa Jabatan
1 Drs.Kwik Kian Gie 1982 – 1984
2 Drs. Leo Utama 1984 – 1989
3 Prof. Dr. Djisman Simandjuntak 1989 – 2004
4 Prof. Sammy Kristamuljana, Ph.D 2004 – 2012
5 Prof. Djoko Wintoro 2012 – 2016

Guru Besar[sunting | sunting sumber]

Daftar Guru Besar :

No Nama
1 Prof. Sammy Kristamuljana, Ph.D
2 Prof. Djisman S. Simandjuntak
3 Prof. Djoko Wintoro, Ph.D
4 Prof. Dr. Ignas G. Sidik
5 Prof. Dr. Andreas Budihardjo
6 Prof. Agus W. Soehadi , Ph.D

Kegiatan Luar[sunting | sunting sumber]

Universitas Prasetiya Mulya memiliki event rutin, di antaranya :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Menristekdikti Resmikan Universitas Prasetiya Mulya" di Okezone.com
  2. ^ Daru Priyambodo. 2010 "Panduan Memilih Perguruan Tinggi - Universitas Swasta Terbaik. Jakarta : Pusat Data dan Analisa Tempo
  3. ^ Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 025/BAN-PT/Ak-I/S2/IX/2005 Tanggal 13 September 2005
  4. ^ "Laman resmi S1 Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  5. ^ "Wapres Resmikan Sekolah Tinggi Ekonomi Prasetia Mulya di BSD (www.republika.co.id)". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  6. ^ "Om Liem Tutup Usia, Prasetiya Mulya Kirim Karangan Duka (www.bisnis.com)". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  7. ^ "William Soeryadjaya terakhir menjabat sebagai Dewan Pengawas Yayasan Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  8. ^ "William Soeryadjaja, salah satu pendiri Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  9. ^ "Eka Tjipta Widjaja, Honorary Lifetime Leader Yayasan Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  10. ^ Sanda, Abun. 2011."Sofjan Wanandi: aktivis sejati" Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, Hal.34 - 61
  11. ^ Agus WS, dkk. 2011. "Prasetiya Mulya EDC on Entrepreneurship Education - Strategi Komprehensif membentuk Wirausaha Terdidik. Jakarta : Prasetiya Mulya Publishing
  12. ^ "Laman Resmi Career Development Center Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  13. ^ Ade Febransyah, dkk. 2011. Prasetiya Mulya on Innovation - Kekayaan Persepektif untuk Mendesain Hari Esok yang Lebih Baik". Jakarta : Prasetiya Mulya Publishing
  14. ^ "Laman Resmi Forum Manajemen Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  15. ^ "Mencari Model Bisnis Hijau". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  16. ^ "Mencari Model Hijau yang Tepat". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  17. ^ "The Asia Pacific Business and Sustainability Council 5th Meeting". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  18. ^ "Asian Economy Will Lead The World". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  19. ^ "Konferensi Bisnis Internasional : The Great Convergence of East and West". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  20. ^ "Students help locals find inner entrepreneur". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  21. ^ "Wirausaha dan Tantangan Lokal Bagi Mahasiswa". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  22. ^ "Saling Mendidik Mahasiswa dan Masyarakat". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  23. ^ "Prasetiya Mulya Gelar Entrepreneur Day". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  24. ^ "The Green Entrepreneurship". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  25. ^ "Entrepreneur Day Siapkan Pebisnis Handal". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  26. ^ "Pernak pernik digital ala Prasetiya Mulya". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  27. ^ "Inovasi dan Kreasi di Media Digital". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  28. ^ "Berkreatif Ria di Prasetiya Mulya Creatifest 2011". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 
  29. ^ "Pop Up Market Dukung Merek Lokal". Diakses tanggal 19 Juli 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]