Formula Satu musim 1972

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formula Satu musim 1972
Juara Dunia Pembalap: Emerson Fittipaldi
Juara Dunia Konstruktor: Lotus-Ford
Sebelum: 1971 Sesudah: 1973

Formula Satu musim 1972 adalah musim yang ke-26 dari balap mobil FIA Formula Satu. Musim ini menampilkan Kejuaraan Dunia Pembalap yang ke-23, Piala Internasional yang ke-15 untuk Pabrikan F1, dan berbagai balapan Formula Satu non-kejuaraan. Musim Kejuaraan Dunia dimulai pada tanggal 23 Januari, dan berakhir pada tanggal 8 Oktober setelah dua belas balapan.

Untuk tahun 1972, Team Lotus kembali fokus pada sasis tipe 72. Imperial Tobacco melanjutkan sponsorshipnya terhadap tim di bawah merek John Player Special yang baru. Mobil-mobil, yang sekarang sering disebut sebagai 'JPS', diturunkan dengan corak hitam dan emas yang baru. Tim Lotus secara mengejutkan berhasil memenangkan gelar Kejuaraan Dunia pada tahun 1972, dengan pembalap asal Brasil berusia 25 tahun, yaitu Emerson Fittipaldi, yang berhasil menjadi Juara Dunia termuda pada saat itu. Stewart berada di urutan kedua di dalam klasemen akhir Kejuaraan Dunia Pembalap.

Ini adalah tahun pertama di mana semua balapan dilakukan di sirkuit yang dilengkapi dengan fitur keselamatan, dan kemajuan yang cukup besar telah dicapai sejak musim 1968, tahun terakhir di mana semua balapan dilakukan di sirkuit tanpa fitur keselamatan.

Tim British Racing Motors (BRM) meraih kemenangan terakhirnya ketika Jean-Pierre Beltoiseberhasil memenangkan Grand Prix Monako 1972 yang terkena hujan dengan BRM P160.

Grand Prix Belanda dibatalkan pada tahun ini karena pengaturan keselamatan yang belum selesai untuk balapan. Balapan ini seharusnya diadakan di antara Grand Prix Belgia dan Prancis di lokasi yang biasa, yaitu Zandvoort. Selain itu, balapan mobil Amerika Serikat yang kedua, yang disebut sebagai Grand Prix Amerika Serikat Barat, yang semula seharusnya diadakan pada bulan April di Ontario Motor Speedway dekat Los Angeles, dibatalkan. Grand Prix Meksiko dijadwalkan menjadi balapan terakhir di musim ini, tetapi dibatalkan setelah minat lokal yang menghilang setelah kematian Pedro Rodríguez.[1]

Emerson Fittipaldi (foto tahun 1974) berhasil memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap, membalap untuk tim Lotus-Ford.

Pembalap dan konstruktor[sunting | sunting sumber]

Entrant Constructor Chassis Engine Tyre Driver Rounds
Britania Raya Motor Racing Developments Brabham-Ford BT33BT34BT37 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Britania Raya Graham Hill All
Argentina Carlos Reutemann 1–2, 5–12
Brasil Wilson Fittipaldi 3–12
Britania Raya Marlboro BRM BRM P160BP153P180P160C BRM P142 3.0 V12 F Selandia Baru Howden Ganley 1–6, 8–12
Swedia Reine Wisell 1, 3–4, 6, 8, 10
Britania Raya Peter Gethin 1–7, 9–12
Spanyol Alex Soler-Roig 1, 3
Austria Helmut Marko 1–2, 4–6
Prancis Jean-Pierre Beltoise 2–12
Australia Vern Schuppan 5
Britania Raya Jackie Oliver 7
Kanada Bill Brack 11
Britania Raya Brian Redman 12
Italia Scuderia Ferrari SpA SEFAC Ferrari 312B2 Ferrari 001/1 3.0 F12 F Belgia Jacky Ickx All
Swiss Clay Regazzoni 1–5, 8–12
Amerika Serikat Mario Andretti 1–3, 10, 12
Italia Nanni Galli 6
Italia Arturo Merzario 7–8
Britania Raya John Player Team Lotus

Britania Raya World Wide Racing

Lotus-Ford 72D Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Brasil Emerson Fittipaldi All
Australia David Walker 1–9, 12
Swedia Reine Wisell 11–12
Britania Raya STP March Racing Team March-Ford 721

721X 721G

Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Swedia Ronnie Peterson All
Austria Niki Lauda All
Prancis Equipe Matra Sports Matra MS120CMS120D Matra MS72 3.0 V12 G Selandia Baru Chris Amon All
Britania Raya Yardley Team McLaren McLaren-Ford M19AM19C Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Selandia Baru Denny Hulme All
Amerika Serikat Peter Revson 1–3, 5, 7, 9–12
Britania Raya Brian Redman 4, 6, 8
Afrika Selatan Jody Scheckter 12
Britania Raya Team Surtees

Britania Raya Brooke Bond Oxo Team Surtees Britania Raya Ceramica Pagnossin Team Surtees

Britania Raya Flame Out Team Surtees

Surtees-Ford TS9BTS14 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Australia Tim Schenken All
Italia Andrea de Adamich All
Britania Raya Mike Hailwood 2–10, 12
Britania Raya John Surtees 10, 12
Britania Raya Elf Team Tyrrell Tyrrell-Ford 003002004005006 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Britania Raya Jackie Stewart 1–4, 6–12
Prancis François Cevert All
Prancis Patrick Depailler 6, 12
Britania Raya Team Williams Motul March-Ford

Politoys-Ford

711721

FX3

Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Prancis Henri Pescarolo All
Brasil Carlos Pace 2–12
Jerman Barat Team Eifelland Caravans Eifelland-Ford 21 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 G Jerman Barat Rolf Stommelen 2–9
Afrika Selatan Scribante Lucky Strike Racing Lotus-Ford 72D Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Afrika Selatan Dave Charlton 2, 6–8
Afrika Selatan Team Gunston Surtees-Ford TS9 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Rhodesia John Love 2
Brabham-Ford BT33 Afrika Selatan William Ferguson 2
Britania Raya Clarke-Mordaunt-Guthrie Racing March-Ford 721G Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Britania Raya Mike Beuttler 3–12
Italia Martini Racing Tecno PA123/3 Tecno Series-P 3.0 F12 F Italia Nanni Galli 5, 7, 9–10
Britania Raya Derek Bell 6, 8, 10–12
Britania Raya Darnval Connew Racing Team Connew-Ford PC1 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Prancis François Migault 7, 9
Amerika Serikat Gene Mason Racing March-Ford 711 Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Amerika Serikat Skip Barber 11–12
Amerika Serikat Champcarr Inc. Surtees-Ford TS9B Ford Cosworth DFV 3.0 V8 F Amerika Serikat Sam Posey 12

Ulasan musim[sunting | sunting sumber]

Balapan 1: Argentina[sunting | sunting sumber]

Formula Satu kembali ke Argentina pada bulan Januari untuk pertama kalinya sejak 1960. Konfigurasi arena No.9 yang pendek dari autodrome kota Buenos Aires digunakan, dan Carlos Reutemann dari Argentina, dalam balapan F1 pertamanya, meraih pole position dengan Brabham-Ford/Cosworth. Juara Dunia bertahan Jackie Stewart dari Inggris menang dengan Tyrrell-Ford/Cosworth.

Balapan 2: Afrika Selatan[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Afrika Selatan berlangsung di sirkuit Kyalami dekat Johannesburg pada bulan Maret. Denny Hulme memenangkan balapan dengan McLaren-Ford/Cosworth, yang merupakan kemenangan F1 pertama McLaren sejak 1969.

Balapan 3: Spanyol[sunting | sunting sumber]

Dengan pembatalan Grand Prix Amerika Serikat Barat di Ontario Motor Speedway dekat Los Angeles, Formula Satu memulai tur Eropa selama 4 bulan di Spanyol di sirkuit Jarama dekat Madrid. Lotus 72, yang ditingkatkan setelah revisi suspensi pada sasis untuk membuat mobil lebih cocok untuk ban licin, menang di tangan Emerson Fittipaldi dari Brasil, hanya dalam balapan F1 keduanya.

Balapan 4: Monako[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Monako pada tahun 1972 diselenggarakan dalam kondisi yang sangat basah. Sirkuit telah diubah untuk memindahkan pit dari garis start-finish ke lurus pelabuhan, meskipun mereka dipindahkan kembali ke lokasi aslinya pada tahun berikutnya. Pembalap Prancis Jean-Pierre Beltoise memenangkan satu-satunya kejuaraan balapan F1.

Balapan 5: Belgia[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Belgia berlangsung di sirkuit Nivelles di luar Brussels, menggantikan sirkuit Spa-Francorchamps karena masalah keamanan. Fittipaldi kembali menang dengan Lotus 72D John Player-nya.

Balapan 6: Perancis[sunting | sunting sumber]

Ada jeda empat minggu di antara Grand Prix karena Grand Prix Belanda dibatalkan karena masalah keamanan dengan sirkuit Zandvoort. Grand Prix Prancis diselenggarakan di Sirkuit Charade sepanjang 5,1 mil, yang terdiri atas jalan umum tertutup yang terletak di perbukitan yang mengelilingi gunung berapi yang telah punah di atas Clermont-Ferrand. Sirkuit yang berkelok-kelok, bergelombang, dan terkadang cepat ini memberikan tantangan yang cukup besar, dan sirkuit ini telah dilapisi dengan lebih banyak Armco dan memiliki beberapa fitur keselamatan. Pembalap Selandia Baru Chris Amon meraih pole dengan Matra MS120D barunya, mengungguli rekan senegaranya Denny Hulme dengan McLaren. Amon memimpin hingga mengalami tusukan, yang membuatnya turun ke posisi ketiga, di belakang Stewart dan Fittipaldi - sang pembalap pertama kembali dari sakit setelah absen pada balapan sebelumnya di Belgia. Pembalap Austria Helmut Marko terpukul dan dibutakan mata kirinya oleh batu yang dilemparkan dari Lotus Fittipaldi; cedera tersebut mengakhiri karier balapnya. Sirkuit Charade tidak pernah digunakan lagi untuk F1, dengan acara-acara yang direncanakan kemudian dibatalkan karena masalah keamanan.

Balapan 7: Inggris[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Inggris diadakan di Brands Hatch pada tahun 1972, dan Jacky Ickx dengan Ferrari meraih pole di depan Fittipaldi dan Stewart. Fittipaldi memenangkan perlombaan, 4,1 detik di depan Stewart.

Balapan 8: Jerman Barat[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Jerman diadakan di Nürburgring Nordschleife yang berjarak 14,2 mil (22,8 km) - sirkuit terpanjang, paling menuntut, dan paling sulit tahun ini untuk Formula Satu. Jarak balapan diperpanjang dari 12 menjadi 14 lap, dan Jacky Ickx meraih pole dengan catatan waktu 7 menit dan 7 detik, mengungguli Stewart, Fittipaldi, pembalap Swedia Ronnie Peterson dengan March dan rekan setim Stewart, Francois Cevert dengan Tyrrell-Ford/Cosworth. Ickx kemudian mendominasi balapan - ia mencatat lap tercepat dan memimpin dari awal hingga akhir. Fittipaldi pensiun dengan gearbox yang rusak, dan Stewart dan Clay Regazzoni dalam Ferrari bertarung sampai mereka bertabrakan di lap terakhir di Hatzenbach. Stewart keluar dan jatuh, tetapi Regazzoni mampu finis di belakang rekan setimnya Ickx untuk menjadikannya Ferrari 1-2.

Balapan 9: Austria[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Austria diadakan di sirkuit tercepat tahun ini - Österreichring di pegunungan Styria. Stewart dan Fittipaldi bertarung untuk memimpin sejak awal, tetapi Stewart, dengan model baru Tyrrell-Ford/Cosworth 005, akhirnya mundur dan finis di urutan ke-7, sementara Fittipaldi menang di depan Denny Hulme dan Peter Revson dari Amerika.

Balapan 10: Italia[sunting | sunting sumber]

Musim Eropa berakhir empat minggu setelah Austria di Grand Prix Italia di Monza. Autodrome Monza telah diperlambat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya oleh chicanes yang dipasang tepat setelah pit straight dan pada apa yang merupakan hander kiri Vialone yang datar. Kemenangan Fittipaldi di Austria dan kegagalan Stewart untuk mencetak poin berarti bahwa Fittipaldi bisa menjadi Juara Dunia pada balapan tersebut, dan setelah Stewart pensiun di awal dengan kegagalan gearbox, ia mampu meraih kemenangan dan Kejuaraan Pembalap pertamanya. Pada usia 25 tahun, ia adalah Juara Dunia termuda yang pernah ada, sebuah rekor yang tidak terkalahkan sampai 2005.

Balapan 11: Kanada[sunting | sunting sumber]

Musim Formula Satu secara tradisional berakhir di Amerika Utara, dan yang pertama dari dua putaran Amerika Utara adalah di Kanada, di sirkuit Mosport Park dekat Toronto. Balapan ini awalnya seharusnya diadakan di Sirkuit Mont-Tremblant di Quebec utara, tetapi perselisihan dengan pihak berwenang setempat membuat balapan dipindahkan kembali ke Mosport, yang telah menerima peningkatan keselamatan setelah kecelakaan fatal selama balapan Formula Ford selama acara tahun sebelumnya. Jackie Stewart memenangkan perlombaan dari pembalap McLaren, Revson dan Hulme.

Balapan 12: Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Dua minggu setelah Kanada, balapan ke-12 dan terakhir musim Formula Satu 1972 diadakan di sirkuit Watkins Glen International di Negara Bagian New York. Stewart kembali menang di depan rekan setimnya Cevert, dalam balapan yang diikuti 31 mobil dan pembalap.

Hasil dan kedudukan[sunting | sunting sumber]

Grands Prix[sunting | sunting sumber]

Putaran Pertandingan Sirkuit Tanggal Pemenang Pembuat Laporan
1 Argentina Grand Prix Argentina Autódromo Oscar Alfredo Gálvez 23 Januari Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Laporan
2 Grand Prix Afrika Selatan Kyalami 4 Maret Selandia Baru Denny Hulme McLaren-Ford Laporan
3 Grand Prix Spanyol Circuito Permanente Del Jarama 1 Mei Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Laporan
4 Monako Grand Prix Monako Circuit de Monaco 14 Mei Prancis Jean-Pierre Beltoise BRM Laporan
5 Belgia Grand Prix Belgia Nivelles-Baulers 4 Juni Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Laporan
6 Prancis Grand Prix Prancis Charade Circuit 2 Juli Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Laporan
7 Britania Raya Grand Prix Britania Raya Brands Hatch 15 Juli Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Laporan
8 Jerman Grand Prix Jerman Nürburgring 30 Juli Belgia Jacky Ickx Ferrari Laporan
9 Austria Grand Prix Austria Österreichring 13 Agustus Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Laporan
10 Italia Grand Prix Italia Autodromo Nazionale Monza 10 September Brasil Emerson Fittipaldi Lotus-Ford Laporan
11 Kanada Grand Prix Kanada Mosport Park 24 September Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Laporan
12 Amerika Serikat Grand Prix Amerika Serikat Watkins Glen International 8 Oktober Britania Raya Jackie Stewart Tyrrell-Ford Laporan

Pembalap[sunting | sunting sumber]

Pos Pembalap ARG
Argentina
RSA
ESP
MON
Monako
BEL
Belgia
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
AUT
Austria
ITA
Italia
CAN
Kanada
USA
Amerika Serikat
Poin
1 Brasil Emerson Fittipaldi Ret 2 1 3 1 2 1 Ret 1 1 11 Ret 61
2 Britania Raya Jackie Stewart 1 Ret Ret 4 1 2 11 7 Ret 1 1 45
3 Selandia Baru Denny Hulme 2 1 Ret 15 3 7 5 Ret 2 3 3 3 39
4 Belgia Jacky Ickx 3 8 2 2 Ret 11 Ret 1 Ret Ret 12 5 27
5 Amerika Serikat Peter Revson Ret 3 5 7 3 3 4 2 18 23
6 Prancis François Cevert Ret 9 Ret NC 2 4 Ret 10 9 Ret Ret 2 15
7 Swiss Clay Regazzoni 4 12 3 Ret Ret 2 Ret Ret 5 8 15
8 Britania Raya Mike Hailwood Ret Ret Ret 4 6 Ret Ret 4 2 17 13
9 Swedia Ronnie Peterson 6 5 Ret 11 9 5 7 3 12 9 DSQ 4 12
10 Selandia Baru Chris Amon DNS 15 Ret 6 6 3 4 15 5 Ret 6 15 12
11 Prancis Jean-Pierre Beltoise Ret Ret 1 Ret 15 11 9 8 8 Ret Ret 9
12 Amerika Serikat Mario Andretti Ret 4 Ret 7 6 4
13 Selandia Baru Howden Ganley 9 NC Ret Ret 8 4 6 11 10 Ret 4
14 Britania Raya Brian Redman 5 9 5 Ret 4
15 Britania Raya Graham Hill Ret 6 10 12 Ret 10 Ret 6 Ret 5 8 11 4
16 Argentina Carlos Reutemann 7 Ret 13 12 8 Ret Ret Ret 4 Ret 3
17 Italia Andrea de Adamich Ret NC 4 7 Ret 14 Ret 13 14 Ret Ret Ret 3
18 Brasil José Carlos Pace 17 6 17 5 Ret Ret NC NC Ret 9 Ret 3
19 Australia Tim Schenken 5 Ret 8 Ret Ret 17 Ret 14 11 Ret 7 Ret 2
20 Italia Arturo Merzario 6 12 1
21 Britania Raya Peter Gethin Ret NC Ret Ret Ret Ret 13 6 Ret Ret 1
22 Brasil Wilson Fittipaldi 7 9 Ret 8 12 7 Ret Ret Ret Ret 0
23 Austria Niki Lauda 11 7 Ret 16 12 Ret 9 Ret 10 13 DSQ NC 0
24 Prancis Patrick Depailler NC 7 0
25 Austria Helmut Marko 10 14 8 10 Ret 0
26 Britania Raya Mike Beuttler DNQ 13 Ret 19 13 8 Ret 10 NC 13 0
27 Prancis Henri Pescarolo 8 11 11 Ret NC Ret Ret DNQ 13 14 0
28 Australia David Walker DSQ 10 9 14 14 18 Ret Ret Ret Ret 0
29 Jody Scheckter 9 0
30 Jerman Rolf Stommelen 13 Ret 10 11 16 10 Ret Ret 0
31 Swedia Reine Wisell Ret Ret Ret Ret Ret 12 Ret 10 0
32 Amerika Serikat Sam Posey 12 0
33 Italia Nanni Galli Ret 13 Ret Ret Ret 0
34 Amerika Serikat Skip Barber NC 16 0
35 Rhodesia John Love 16 0
Dave Charlton Ret DNQ Ret Ret 0
Britania Raya Derek Reginald Bell Ret DNQ Ret 0
Alex Soler-Roig Ret Ret 0
Britania Raya Jackie Oliver Ret 0
Prancis François Migault Ret 0
Britania Raya John Surtees Ret 0
Kanada Bill Brack Ret 0
Pos Pembalap ARG
Argentina
RSA
ESP
MON
Monako
BEL
Belgia
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
GER
Jerman
AUT
Austria
ITA
Italia
CAN
Kanada
USA
Amerika Serikat
Poin
  1. ^ "Grands Prix which were cancelled - The Nostalgia Forum". The Autosport Forums (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-03. Diakses tanggal 2022-06-07.