Formula Satu musim 1957

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formula Satu musim 1957
Juara Dunia Pembalap: Juan Manuel Fangio
Sebelum: 1956 Sesudah: 1958


Formula Satu musim 1957 merupakan musim Kejuaraan Dunia FIA Formula Satu yang ke-8, yang dimulai pada tanggal 13 Januari 1957, dan berakhir pada tanggal 8 September setelah delapan lomba. Di musim ini juga digelar beberapa balapan non-kejuaraan yang melengkapi lomba-lomba resmi.[1] Tampil sebagai juara dunia adalah Juan Manuel Fangio.

Fangio berhasil meraih gelar juara dunia yang kelima untuknya di musim ini. Ia mencatatkan rekor juara dunia empat kali secara berturut-turut sejak musim 1954. Rekor lima kali juara dunia ini kemudian bertahan selama 46 tahun, sampai akhirnya berhasil disamai oleh pembalap asal Jerman, yaitu Michael Schumacher, di musim 2002, dan pada akhirnya berhasil dipecahkan oleh pembalap asal Jerman, yaitu Michael Schumacher, di musim 2003.

Juan Manuel Fangio berhasil memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Pembalap untuk yang ke-5 dan terakhir kalinya pada usia 46 tahun dan 41 hari, dengan membalap untuk tim Maserati.

Ringkasan musim[sunting | sunting sumber]

Fangio memilih untuk berganti tim lagi, bergabung dengan Maserati sebelum awal musim. Keputusan untuk beralih terbukti menjadi sebuah masterstroke, dengan jajaran pembalap Ferrari yang terdiri dari Peter Collins, Eugenio Castellotti, dan Mike Hawthorn yang kembali gagal memenangkan perlombaan. Castellotti dan Alfonso de Portago tewas selama musim (keduanya tidak mengalami kecelakaan di Formula Satu), menjadikan ini tahun yang benar-benar bencana bagi Ferrari.

Pria yang digantikan Fangio di Maserati, Stirling Moss, pindah ke Vanwall, sebuah tim yang mulai memenuhi janji mereka. Di antara mereka, Fangio dan Moss memenangkan setiap perlombaan kejuaraan musim ini dengan pengecualian Indianapolis 500, dengan Fangio meraih empat kemenangan berbanding tiga kemenangan Moss. Perjalanan Fangio di Nürburgring, di mana ia menyalip Collins dan Hawthorn di lap kedua dari belakang setelah pit-stop membuatnya tertinggal hampir satu menit, dianggap sebagai salah satu yang sangat penting.

Pada akhir tahun diumumkan bahwa Fangio tidak akan kembali untuk musim berikutnya. Maserati juga menarik diri, dengan alasan keuangan. Ini juga merupakan tahun terakhir di mana poin diberikan untuk drive bersama.

Balapan 1: Argentina[sunting | sunting sumber]

Balapan pertama musim ini adalah pada bulan Januari di Buenos Aires Autodrome di ibu kota Argentina. Pembalap Inggris Moss meraih pole di depan Fangio, di depan Behra, dan pembalap Ferrari Castellotti, Collins, Musso dan Hawthorn. Pada awal balapan, Behra memimpin dari Fangio dan Castellotti. Moss terkejut dan start yang melambat merusak mekanisme throttle dan ia mengadu pada akhir lap pertama. Sementara Moss duduk di pit, Castellotti memimpin tetapi kemudian disalip oleh Behra. Segera setelah itu, Collins berhasil maju ke depan tetapi dalam beberapa lap ia mengalami masalah dengan koplingnya dan harus masuk pit. Hal ini membuat Behra kembali memimpin tetapi ia segera disalip oleh Fangio. Castelotti kehilangan posisi ketiganya setelah spin, jadi sekarang Hawthorn memimpin meskipun ia dan Musso akan pensiun setelah beberapa saat karena masalah kopling. Castellotti tetap menjadi satu-satunya penantang Maseratis di depan, tetapi balapannya berakhir ketika sebuah roda lepas dengan 24 lap tersisa. Menditeguy dan Schell dipromosikan ke posisi ketiga dan keempat ketika Castellotti keluar, sehingga Maserati memulai musim ini dengan pulang dengan hasil 1-2-3-4, dengan Fangio memenangkan Grand Prix Argentina ke-4 berturut-turut di depan Behra.

Argentina '57 akan menjadi Grand Prix terakhir Castellotti. Ia tewas saat menguji Ferrari di Modena Aerodrome pada bulan Maret. Balapan non-kejuaraan diadakan di Syracuse di pulau Sisilia, Italia selatan; balapan ini dimenangkan oleh Peter Collins untuk Ferrari. Pau Grand Prix, yang diadakan di jalanan kota di barat daya kota Pau, Prancis, dimenangkan oleh favorit tuan rumah, Behra, dengan Maserati, sementara pada hari yang sama, Glover Trophy di sirkuit Goodwood di Inggris selatan dimenangkan oleh pembalap Inggris Stuart Lewis-Evans dengan Connaught-Alta. Enam hari setelah kedua acara ini, Collins memenangkan Grand Prix Napoli. Pembalap Ferrari lainnya, Alfonso de Portago dari Spanyol, tewas pada bulan Mei saat mengikuti lomba sportscar Mille Miglia di Italia untuk Ferrari.

Balapan 2: Monako[sunting | sunting sumber]

Empat bulan setelah putaran Argentina dan sejumlah balapan non-kejuaraan, tim berkumpul di Monako untuk putaran kejuaraan kedua musim ini. Moss telah bergabung dengan Vanwall dari Maserati, mengendarai mobil yang dirancang oleh Colin Chapman dan dibiayai oleh Tony Vandervell, seorang industrialis Inggris yang kaya raya, meninggalkan Fangio sebagai pemimpin tim yang tidak perlu dipersoalkan di Maserati. Fangio mengambil posisi terdepan, namun Moss memimpin di tikungan pertama dengan Fangio di belakangnya, tetapi pada lap kedua Collins berhasil mengungguli pembalap Argentina itu. Moss keluar dan jatuh di chicane pada lap ke-4, dan Collins banting setir untuk menghindari tabrakan dan akhirnya menabrak dinding batu. Fangio berhasil melewatinya tanpa masalah dan Brooks mengerem keras hanya untuk ditabrak dari belakang oleh Hawthorn. Hanya Brooks yang mampu terus melaju, tetapi ia tertinggal lima detik di belakang Fangio pada saat ia kembali melaju. Von Trips berada di urutan ketiga dengan Menditeguy keempat dan Schell kelima. Menditeguy harus berhenti lebih awal untuk mendapatkan ban baru setelah menabrak trotoar sehingga Schell pindah ke urutan keempat sampai suspensinya rusak. Brabham berada di urutan berikutnya dengan Cooper kecil dengan Trintignant mengejarnya, tetapi pembalap Prancis itu segera turun dengan berhenti untuk menyembuhkan macet. Setelah beberapa kali berhenti, Jack Brabham dari Australia naik ke posisi ketiga, tetapi kegagalan pompa bahan bakar membuatnya harus mendorong mobilnya ke garis finish. Dia diklasifikasikan keenam, dan Fangio menang lagi di depan Brooks, Masten Gregory di Maserati, Lewis-Evans dan Trintignant.

Balapan 4: Prancis[sunting | sunting sumber]

Indianapolis 500 adalah putaran ke-3 kejuaraan, tetapi karena balapan itu tidak dijalankan dengan aturan Formula Satu, tidak ada pesaing yang berlomba di Formula Satu yang berlomba di Indy 500, dan sebaliknya. Belgian dan Dutch Grands Prix, yang telah dijadwalkan untuk tanggal 2 dan 16 Juni, keduanya dibatalkan karena perselisihan mengenai uang yang dipengaruhi oleh krisis Suez di Mesir. Hal ini mengakibatkan jeda enam minggu antara Monaco dan GP Prancis, yang akan diadakan di sirkuit jalan umum Rouen-Les-Essarts di Prancis utara, diperpanjang dari tata letak sebelumnya yang digunakan pada tahun 1952.

Dalam latihan, Fangio menjadi yang tercepat dengan Behra dan Musso di barisan depan. Di belakang mereka ada Schell dan Collins dengan barisan ketiga terdiri dari Salvadori, Hawthorn dan Trintignant. Pada awal start, Behra memimpin tetapi Musso segera berada di depan. Fangio menyusul di urutan ketiga dengan Collins dan Schell mengejar. Kemudian datang McKay-Fraser yang memulai dengan cepat. Fangio berhasil melewati Behra di lap kedua dan mengambil Musso untuk memimpin di lap keempat. BRM mengalami kemunduran ketika Flockhart mengalami kerusakan serius pada mobilnya dalam kecelakaan berkecepatan tinggi, meskipun ia sendiri tidak terluka. Collins berhasil melewati Behra dan urutan tetap tidak berubah di depan hingga bendera dengan Fangio menang dari Musso dan Collins. Behra tergelincir di belakang Hawthorn, memungkinkan pembalap Inggris itu memberi Lancia-Ferraris finis 2-3-4 di belakang Fangio. Perjalanan McKay-Fraser yang menjanjikan berakhir dengan kegagalan transmisi pada jarak sepertiga, tetapi pembalap Amerika itu tidak akan terlihat lagi di Formula 1. Dia akan meninggal beberapa hari kemudian dalam balapan tahunan Formula 2 di sirkuit jalan umum Reims sebelum Grand Prix Reims, yang dimenangkan oleh Musso dengan Lancia-Ferrari.

Balapan 5: Inggris[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Inggris diadakan di sirkuit Aintree di Liverpool, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang diadakan di sirkuit Silverstone antara London dan Birmingham. Sirkuit Aintree terletak di tengah-tengah lapangan pacuan kuda tempat diselenggarakannya Grand National yang terkenal. Kedua pembalap Vanwall melewatkan Grand Prix Prancis, dan kembali beraksi untuk balapan kandang mereka. Ini akan menjadi balapan penting bagi olahraga motor Inggris. Pada awal lomba, Behra memimpin dengan Moss yang mengejar dan pembalap Inggris itulah yang muncul di depan pada akhir lap, untuk menyenangkan para penonton. Brooks berada di urutan ketiga dengan Hawthorn keempat dan Collins kelima. Ada empat pembalap Inggris di posisi lima besar. Kemudian datang Schell, Musso dan Fangio. Moss mampu membangun keunggulannya, tetapi kemudian mobilnya mulai terdengar kasar dan ia pun mengadu. Behra memimpin dengan Brooks di belakangnya, tetapi pembalap Vanwall kedua segera dipanggil ke pit untuk memberikan mobilnya kepada Moss yang kembali bergabung di posisi kesembilan. Dia mulai bekerja keras untuk menembus lapangan. Behra tetap berada di depan dengan Hawthorn yang tidak mampu menantangnya. Kemudian datang Lewis-Evans dan Collins. Moss dengan cepat kembali ke posisi kelima. Lapangan menipis oleh serangkaian kegagalan mekanis termasuk Fangio dan Collins. Moss berhasil menangkap Lewis-Evans, tetapi kemudian pada lap ke-69 seluruh balapan berubah ketika kopling Behra meledak. Hawthorn menabrak beberapa reruntuhan dan mengalami tusukan. Lewis-Evans memimpin tetapi segera dilewati oleh Moss. Impian Vanwall 1-2 pun kandas ketika Lewis-Evans mengalami kerusakan throttle linkage yang membuatnya turun ke posisi ketujuh. Moss memenangkan perlombaan, mengklaim kemenangan Kejuaraan Dunia pertama untuk mobil Inggris. Musso berada di urutan kedua dan Hawthorn di urutan ketiga.

Caen Grand Prix, balapan Formula Satu non-kejuaraan penting lainnya yang diadakan di kota Caen di Prancis utara (lebih jauh ke barat dari Rouen), yang diadakan di antara Grand Prix Inggris dan Jerman dimenangkan oleh Behra dengan BRM.

Balapan 6: Jerman[sunting | sunting sumber]

Di Nürburgring di Jerman, lapangan seperti biasa dengan Lancia-Ferrari menurunkan Mike Hawthorn, Peter Collins dan Luigi Musso dan Maserati menurunkan Juan Manuel Fangio, Jean Behra dan Harry Schell di mobil-mobil utama mereka. Untuk pertama kalinya, lapangan ini diperkuat oleh mesin Formula 2 yang mencakup trio Porsche dan berbagai Cooper-Climax; panjang sirkuit memungkinkan mobil-mobil ini untuk berjalan berdampingan satu sama lain.

Posisi terdepan diraih Fangio dengan Hawthorn, Behra dan Collins melengkapi barisan depan. Kemudian datang Brooks, Schell dan Moss. Pada awalnya Hawthorn dan Collins bertarung untuk memimpin dengan Fangio dan Behra yang mengejar. Pada lap ketiga, Fangio melewati Collins dan segera mampu memimpin. Collins kemudian melewati Hawthorn dan mengejar Fangio tetapi pembalap Argentina itu secara bertahap menjauh. Pit stop di pertengahan lomba yang lambat selama 1 menit dan 18 detik (seharusnya 30 detik) membuat Fangio tertinggal satu menit penuh di belakang dua Lancia-Ferraris, tetapi ia mengejar kembali dengan keras, memecahkan rekor lap sebanyak 10 kali, dan melewati Collins pertama dan kemudian Hawthorn di lap kedua dari belakang. Dengan demikian Fangio memenangkan perlombaan dan gelar Juara Dunia kelimanya.

Balapan 7: Pescara[sunting | sunting sumber]

Pembatalan Grand Prix Belgia dan Belanda di awal musim memungkinkan FIA untuk memasukkan GP Coppa Acerbo Pescara ke dalam Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya, meskipun telah dilombakan sejak tahun 1924. Balapan ini diadakan selama masa Grand Prix 1930-an yang diikuti oleh Mercedes, Auto Union dan Alfa Romeo, dan terus berlanjut sebagai balapan non-kejuaraan sepanjang tahun 1950-an. Sirkuit jalan umum sepanjang 25,6 km, terpanjang yang pernah digunakan untuk balapan Formula Satu (bahkan lebih panjang dari Nürburgring), sangat berbahaya. Latihannya terbatas dan Enzo Ferrari tidak repot-repot mengirim mobil untuk Mike Hawthorn dan Peter Collins, sebagian karena Kejuaraan Dunia telah dimenangkan oleh Juan Manuel Fangio dan sebagian lagi sebagai protes terhadap langkah pemerintah Italia untuk melarang balap jalan raya, menyusul kecelakaan Alfonso de Portago di awal tahun di Mille Miglia. Luigi Musso berhasil meyakinkan Ferrari untuk meminjamkan mobil kepadanya dan mengikuti balapan sebagai privateer.

Fangio dari Maserati mencatat waktu tercepat di babak kualifikasi dengan Stirling Moss berada di urutan kedua dengan Vanwall-nya. Musso berada di urutan ketiga. Baris kedua dari grid 3-2-3 diisi oleh Maserati Jean Behra dan Harry Schell, sementara baris ketiga diisi oleh Tony Brooks dan Stuart Lewis-Evans dari Vanwall yang dipisah oleh Scuderia Centro Sud Maserati dari Masten Gregory.

Cuaca panas dan di awal, Musso memimpin. Privateer Maserati Horace Gould menabrak seorang mekanik yang lambat keluar dari grid. Tantangan Vanwall tumpul di lap pertama ketika Brooks pensiun karena masalah mekanis. Moss memimpin dari Musso pada lap kedua tetapi kedua mobil tetap bersama. Fangio berada di urutan ketiga, tetapi lapangan menipis dengan cepat karena suhu panas yang mulai terasa dengan Lewis-Evans yang kehilangan hampir satu lap karena dua kerusakan ban dan Behra mengalami kerusakan mesin. Pada lap ke-10, Musso menghilang ketika mesinnya meledak, oli menyebabkan Fangio mengalami spin yang merusak salah satu rodanya. Pada saat Fangio kembali bergabung, Moss sudah tidak terkejar. Moss bahkan sempat berhenti untuk minum dan mengisi ulang olinya, dan ia memenangkan balapan di depan Fangio. Schell finis ketiga dengan Gregory keempat dan Lewis-Evans meraih posisi kelima di akhir balapan dari pembalap pabrik Maserati keempat Giorgio Scarlatti. Coppa Acerbo tidak pernah lagi digunakan untuk perlombaan kejuaraan Formula Satu; perlombaan ini terakhir kali diadakan pada tahun 1961 sebagai perlombaan sportscar.

Balapan 8: Italia[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Italia di Monza hanya diadakan di sirkuit jalan raya tanpa konstruksi beton yang buruk tahun ini, karena telah menyebabkan masalah bagi konstruktor Italia tahun sebelumnya. Lintasan yang digunakan sangat mirip dengan Monza saat ini, meskipun tanpa chicanes. Ferrari kembali beraksi untuk balapan Italia yang paling penting ini setelah memboikot Pescara, sehingga terjadi pertarungan tiga arah antara Lancia-Ferraris, Maseratis, dan Vanwalls. Mobil-mobil Inggris sangat kuat dengan posisi terdepan diraih Stuart Lewis-Evans dengan Stirling Moss dan Tony Brooks di sampingnya. Juan Manuel Fangio menempatkan Maserati-nya di sisi luar grid 4-3-4, sementara rekan satu timnya Jean Behra dan Harry Schell berbagi barisan dua dengan Lancia-Ferrari milik Peter Collins. Ada tiga mobil lagi di baris ketiga dengan Wolfgang von Trips, Luigi Musso dan Mike Hawthorn bersama Scuderia Centro Sud Maserati dari Masten Gregory.

Meskipun, Vanwalls melaju dari grid di depan Behra naik ke urutan kedua pada lap pertama. Fangio menempelkan dirinya ke kereta mobil di depannya dan kelimanya mulai menjauh dari sisa lapangan sambil terlibat dalam pertarungan slipstreaming Monza tradisional yang membuat keunggulan terus berubah antara Moss dan Behra. Pada lap ketujuh, Fangio memimpin, tetapi ia segera digulingkan oleh Moss, Brooks, dan kemudian Lewis-Evans. Pada lap ke-20, Brooks keluar dari pertarungan dengan throttle yang macet. Kemudian Lewis-Evans mengalami masalah dan mengadu. Hal ini membuat Moss memimpin dengan Fangio dan Behra di belakangnya, meskipun Behra akan masuk pit segera setelahnya untuk mendapatkan ban baru. Hal ini memindahkan Schell ke posisi ketiga tetapi ia menghilang karena kebocoran oli yang berarti posisi ketiga diteruskan ke Collins. Pada jarak dua pertiga, Collins mengalami masalah mesin dan mengadu. Hal ini mendorong Hawthorn ke posisi ketiga tetapi pipa bahan bakar yang pecah menjatuhkannya ke posisi keenam di lap-lap penutup, meninggalkan tempat ketiga ke Von Trips.

Kesimpulan musim[sunting | sunting sumber]

Tiga balapan non-kejuaraan lainnya diadakan, yang semuanya dimenangkan oleh Jean Behra. BRDC International Trophy di Silverstone, Inggris, dimenangkan Jean Behra dengan mengendarai BRM; Grand Prix Modena di Modena Aerodrome (di mana Eugenio Castellotti terbunuh sebelumnya) dan Grand Prix Maroko di sirkuit jalan umum Ain-Diab di Casablanca, keduanya dimenangkan dengan Maserati.

Ketujuh balapan kejuaraan yang diamanatkan FIA telah dimenangkan oleh dua pembalap pada tahun 1957: Juan Manuel Fangio dari Argentina dan Stirling Moss dari Inggris. Meskipun Moss mengambil alih mobil Tony Brooks yang sakit selama Grand Prix Inggris, ia menang dengan mobil itu di jalan raya pada acara itu.

Ulasan musim[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia Pembalap 1957 terdiri dari delapan balapan berikut.

Putaran Race Sirkuit Tanggal Posisi Pole Lap tercepat Pembalap pemenang Konstruktor Laporan
1 Argentina Argentine Grand Prix Buenos Aires 13 Januari Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Stirling Moss Argentina Juan Manuel Fangio Italia Maserati Report
2 Monako Monaco Grand Prix Monaco 19 Mei Argentina Juan Manuel Fangio Argentina Juan Manuel Fangio Argentina Juan Manuel Fangio Italia Maserati Report
3 Amerika Serikat Indianapolis 500 Indianapolis 30 Mei Amerika Serikat Pat O'Connor Amerika Serikat Jim Rathmann Amerika Serikat Sam Hanks Amerika Serikat Epperly-Offenhauser Report
4 Prancis French Grand Prix Rouen-Les-Essarts 7 Juli Argentina Juan Manuel Fangio Italia Luigi Musso Argentina Juan Manuel Fangio Italia Maserati Report
5 Britania Raya British Grand Prix Aintree 20 Juli Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Tony Brooks
Britania Raya Stirling Moss
Britania Raya Vanwall Report
6 Jerman Barat German Grand Prix Nürburgring 4 Agustus Argentina Juan Manuel Fangio Argentina Juan Manuel Fangio Argentina Juan Manuel Fangio Italia Maserati Report
7 Italia Pescara Grand Prix Pescara 18 Agustus Argentina Juan Manuel Fangio Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Vanwall Report
8 Italia Italian Grand Prix Monza 8 September Britania Raya Stuart Lewis-Evans Britania Raya Tony Brooks Britania Raya Stirling Moss Britania Raya Vanwall Report

Semua balapan Grand Prix diselenggarakan untuk mobil-mobil Formula Satu, sedangkan Indianapolis 500 diselenggarakan untuk mobil-mobil Kejuaraan Nasional USAC dan juga diperhitungkan dalam Kejuaraan USAC 1957. Krisis Suez yang sedang berlangsung, yang memengaruhi tanker minyak yang mengirimkan minyak ke negara masing-masing, memengaruhi sejumlah negara seperti Belanda, Belgia, dan Spanyol. Negara-negara ini masing-masing memiliki Grands Prix tetapi semuanya dibatalkan karena harga minyak yang sangat tinggi di negara-negara tersebut.

Tim dan pembalap[sunting | sunting sumber]

Tim dan pembalap berikut berkompetisi dalam Kejuaraan Dunia Pembalap 1957. Daftar ini tidak termasuk mereka yang hanya berkompetisi di Indianapolis 500.

Peserta Konstruktor Sasis Mesin Ban Pengemudi Putaran
Italia Officine Alfieri Maserati Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6
Maserati 250F1 2.5 V12
P Argentina Juan Manuel Fangio 1–2, 4–8
Britania Raya Stirling Moss 1
Prancis Jean Behra 1, 4–8
Argentina Carlos Menditeguy 1–2, 4–5
Italia Giorgio Scarlatti 2, 6–8
Amerika Serikat Harry Schell 2, 4–8
Jerman Barat Hans Herrmann 2
Italia Scuderia Ferrari Ferrari 801 Ferrari DS50 2.5 V8 E
P
Britania Raya Peter Collins 1–2, 4–6, 8
Italia Luigi Musso 1, 4–8
Italia Eugenio Castellotti 1
Britania Raya Mike Hawthorn 1–2, 4–6, 8
Jerman Barat Wolfgang von Trips 1–2, 8
Italia Cesare Perdisa 1
Spanyol Alfonso de Portago 1
Argentina José Froilán González 1
Prancis Maurice Trintignant 2, 4–5
Italia Scuderia Centro Sud Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 P Amerika Serikat Harry Schell 1
Swedia Jo Bonnier 1, 7–8
Amerika Serikat Masten Gregory 2, 6–8
Prancis André Simon 2
Jerman Barat Hans Herrmann 6
Ferrari 500 Ferrari 625 2.5 L4 Argentina Alejandro de Tomaso 1
Italia Luigi Piotti Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 P Italia Luigi Piotti 1–2, 7–8
Britania Raya Owen Racing Organisation BRM P25 BRM P25 2.5 L4 D Britania Raya Ron Flockhart 2, 4
Britania Raya Roy Salvadori 2
Amerika Serikat Herbert MacKay-Fraser 4
Britania Raya Jack Fairman 5
Britania Raya Les Leston 5
Britania Raya Connaught Engineering Connaught-Alta B Alta GP 2.5 L4 D Britania Raya Stuart Lewis-Evans 2
Britania Raya Ivor Bueb 2
Britania Raya Cooper Car Company Cooper-Climax T43 Climax FPF 2.0 L4 A
D
Australia Jack Brabham 2, 4, 7
Britania Raya Les Leston 2
Britania Raya Mike MacDowel 4
Britania Raya Roy Salvadori 5, 7
T43 Climax FPF 1.5 L4 D Britania Raya Roy Salvadori 6
Britania Raya Vandervell Products Vanwall VW 5 Vanwall 254 2.5 L4 P Britania Raya Stirling Moss 2, 5–8
Britania Raya Tony Brooks 2, 5–8
Britania Raya Stuart Lewis-Evans 4–8
Britania Raya Roy Salvadori 4
Britania Raya H.H. Gould Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 D Britania Raya Horace Gould 2, 4–8
Swedia Jo Bonnier Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 P Swedia Jo Bonnier 5
Britania Raya Gilby Engineering Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 D Britania Raya Ivor Bueb 5
Britania Raya R.R.C. Walker Racing Team Cooper-Climax T43 Climax FPF 2.0 L4 D Australia Jack Brabham 5
T43 Climax FPF 1.5 L4 D Australia Jack Brabham 6
Britania Raya Bob Gerard Cooper-Bristol T44 Bristol BS2 2.2 L6 D Britania Raya Bob Gerard 5
Britania Raya Bruce Halford Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 D Britania Raya Bruce Halford 6–8
Jerman Barat Dr Ing F. Porsche KG Porsche RS550 Porsche 547/3 1.5 F4 ? Italia Umberto Maglioli 6
Jerman Barat Edgar Barth 6
Britania Raya Ridgeway Management Cooper-Climax T43
T41
Climax FPF 1.5 L4
Climax FWB 1.5 L4
D Britania Raya Tony Marsh 6
Australia Paul England 6
Belanda Ecurie Maarsbergen Porsche RS550 Porsche 547/3 1.5 F4 D Belanda Carel Godin de Beaufort 6
Britania Raya J.B. Naylor Cooper-Climax T43 Climax FPF 1.5 L4 D Britania Raya Brian Naylor 6
Britania Raya Dick Gibson Cooper-Climax T43 Climax FPF 1.5 L4 D Britania Raya Dick Gibson 6
Spanyol Francesco Godia Sales Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 P Spanyol Paco Godia 6–8
Swiss Ottorino Volonterio Maserati 250F Maserati 250F1 2.5 L6 P Swiss Ottorino Volonterio 8
Prancis André Simon 8
  • Latar belakang merah muda menunjukkan peserta F2 untuk Grand Prix Jerman

Klasemen Kejuaraan Dunia Pembalap[sunting | sunting sumber]

Poin kejuaraan diberikan berdasarkan 8-6-4-3-2 untuk lima posisi pertama di setiap balapan. Poin tambahan diberikan untuk lap tercepat dalam balapan.

Pos. Pembalap ARG
Argentina
MON
Monako
500
Amerika Serikat
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
GER
Jerman Barat
PES
Italia
ITA
Italia
Pts.
1 Argentina Juan Manuel Fangio 1 1 1 Ret 1 2 (2) 40 (46)
2 Britania Raya Stirling Moss 8 Ret 1† / Ret† 5 1 1 25
3 Italia Luigi Musso Ret 2 2 4 Ret 8 16
4 Britania Raya Mike Hawthorn Ret Ret† / Ret 4 3 2 6 13
5 Britania Raya Tony Brooks 2 1† / Ret† 9 Ret 7 11
6 Amerika Serikat Masten Gregory 3 8 4 4 10
7 Amerika Serikat Harry Schell 4 Ret† / Ret 5 Ret 7 3 5† / Ret 10
8 Amerika Serikat Sam Hanks 1 8
9 Britania Raya Peter Collins 6† / Ret Ret 3 Ret / 4†‡ 3 Ret 8
10 Amerika Serikat Jim Rathmann 2 7
11 Prancis Jean Behra 2 6 Ret 6 Ret Ret 6
12 Britania Raya Stuart Lewis-Evans 4 Ret 7 Ret 5 Ret 5
13 Prancis Maurice Trintignant 5 Ret 4† 5
14 Jerman Barat Wolfgang von Trips 6† Ret† 3 4
15 Argentina Carlos Menditeguy 3 Ret Ret Ret 4
16 Amerika Serikat Jimmy Bryan 3 4
17 Amerika Serikat Paul Russo 4 3
18 Britania Raya Roy Salvadori DNQ Ret 5 Ret1 Ret 2
19 Amerika Serikat Andy Linden 5 2
20 Italia Giorgio Scarlatti Ret† 10 6 5† 1
21 Spanyol Alfonso de Portago 5† 1
22 Argentina José Froilán González 5† 1
Australia Jack Brabham 6 7† / Ret Ret Ret1 7 0
Amerika Serikat Johnny Boyd 6 0
Britania Raya Bob Gerard 6 0
Italia Cesare Perdisa 6† 0
Swedia Jo Bonnier 7 Ret Ret Ret 0
Amerika Serikat Marshall Teague 7 0
Britania Raya Mike MacDowel 7† 0
Britania Raya Ivor Bueb Ret 8 0
Amerika Serikat Pat O'Connor 8 0
Spanyol Paco Godia Ret Ret 9 0
Argentina Alejandro de Tomaso 9 0
Amerika Serikat Bob Veith 9 0
Italia Luigi Piotti 10 DNQ Ret Ret 0
Britania Raya Horace Gould Ret Ret DNS Ret Ret 10 0
Amerika Serikat Gene Hartley 10 0
Britania Raya Bruce Halford 11 Ret Ret 0
Amerika Serikat Jack Turner 11 0
Swiss Ottorino Volonterio 11† 0
Prancis André Simon DNQ 11† 0
Amerika Serikat Johnny Thomson 12 0
Amerika Serikat Bob Christie 13 0
Amerika Serikat Chuck Weyant 14 0
Amerika Serikat Tony Bettenhausen 15 0
Amerika Serikat Johnnie Parsons 16 0
Amerika Serikat Don Freeland 17 0
Britania Raya Ron Flockhart Ret Ret 0
Jerman Barat Hans Herrmann DNQ Ret 0
Britania Raya Les Leston DNQ Ret 0
Italia Eugenio Castellotti Ret 0
Amerika Serikat Jimmy Reece Ret 0
Amerika Serikat Don Edmunds Ret 0
Amerika Serikat Johnnie Tolan Ret 0
Amerika Serikat Al Herman Ret 0
Amerika Serikat Fred Agabashian Ret 0
Amerika Serikat Eddie Sachs Ret 0
Amerika Serikat Mike Magill Ret 0
Amerika Serikat Eddie Johnson Ret 0
Amerika Serikat Bill Cheesbourg Ret 0
Amerika Serikat Al Keller Ret 0
Amerika Serikat Jimmy Daywalt Ret 0
Amerika Serikat Ed Elisian Ret 0
Amerika Serikat Rodger Ward Ret 0
Amerika Serikat Troy Ruttman Ret 0
Amerika Serikat Eddie Russo Ret 0
Amerika Serikat Elmer George Ret 0
Amerika Serikat Herbert MacKay-Fraser Ret 0
Britania Raya Jack Fairman Ret 0
Drivers ineligible for Formula One points, because they drove with Formula Two cars
Jerman Barat Edgar Barth 12
Britania Raya Brian Naylor 13
Belanda Carel Godin de Beaufort 14
Britania Raya Tony Marsh 15
Italia Umberto Maglioli Ret
Australia Paul England Ret
Britania Raya Dick Gibson Ret
Pos. Pembalap ARG
Argentina
MON
Monako
500
Amerika Serikat
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
GER
Jerman Barat
PES
Italia
ITA
Italia
Pts.
Legenda
Warna Hasil
Emas Juara
Perak Tempat kedua
Perunggu Tempat ketiga
Hijau Menyelesaikan balapan dengan poin
Biru Menyelesaikan balapan tanpa poin
Menyelesaikan balapan tidak terkualifikasi (NC)
Ungu Tidak menyelesaikan balapan (Ret)
Merah Tidak masuk daftar kualifkasi (DNQ)
Tidak masuk prakualifikasi (DNPQ)
Hitam Diskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak memulai balapan (DNS)
Balapan dibatalkan (C)
Tanpa warna Tidak mengikuti latihan bebas (DNP)
Tidak dimasukkan (EX)
Tidak datang (DNA)
Absen (WD)

Balapan non-kejuaraan[sunting | sunting sumber]

Balapan Formula Satu berikut, yang juga diadakan pada tahun 1957, tidak diperhitungkan dalam Kejuaraan Dunia Pembalap.

Nama lomba Sirkuit Tanggal Pembalap pemenang Konstruktor Laporan
Italia VII Gran Premio di Siracusa Syracuse 7 April Britania Raya Peter Collins Italia Lancia-Ferrari Report
Prancis XVII Pau Grand Prix Pau 22 April Prancis Jean Behra Italia Maserati Report
Britania Raya V Glover Trophy Goodwood 22 April Britania Raya Stuart Lewis-Evans Britania Raya Connaught-Alta Report
Italia X Gran Premio di Napoli Posillipo 28 April Britania Raya Peter Collins Italia Lancia-Ferrari Report
Prancis II Grand Prix de Reims Reims 14 Juli Italia Luigi Musso Italia Lancia-Ferrari Report
Prancis V Grand Prix de Caen Caen 28 Juli Prancis Jean Behra Britania Raya BRM Report
Britania Raya IX BRDC International Trophy Silverstone 14 September Prancis Jean Behra Britania Raya BRM Report
Italia V Gran Premio di Modena Modena 22 September Prancis Jean Behra Italia Maserati Report
Maroko VI Grand Prix de Maroc Ain-Diab 27 Oktober Prancis Jean Behra Italia Maserati Report

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Grand Prix Cancelled". Autosport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 23 January 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]