Brands Hatch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo Brands Hatch Circuit.svg
Brands Hatch.svg
LokasiKent, Inggris
Koordinat51°21′24″N 0°15′45″E / 51.35667°N 0.26250°E / 51.35667; 0.26250
Acara besarBritish Grand Prix
FIA WTCC
FIA Formula Two Championship
A1GP
British Superbike
SBK
BTCC
Pickup Truck Racing
DTM
British Formula Three Championship
Superleague Formula
Truck Racing
Sirkuit GP
Panjang4.206 km (2.613 mi)
Tikungan9
Rekor lap1:09.593 (Nigel Mansell, Williams-Honda FW11, 1986, F1)
Sirkuit Indy
Panjang1.929 km (1.198 mi)
Tikungan6
Rekor lap0:38.032 (Scott Mansell, Benetton B197, 2004, EuroBOSS)

Brands Hatch Circuit (bahasa Indonesia: Sirkuit Brands Hatch) merupakan sebuah sirkuit otomotif yang terletak di dekat Swanley, di Kent, Inggris.[1][2] Sirkuit ini sempat menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris 12 kali dari tahun 1964 sampai 1986, dan sekarang menggelar banyak balapan nasional dan internasional. Sirkuit ini juga sempat menggelar beberapa balapan lain diantaranya A1 Grand Prix dan Superleague Formula.

Sirkuit[sunting | sunting sumber]

Brands Hatch memiliki dua konfigurasi layout. Layout "Indy Circuit (Sirkuit Indy)" yang memiliki panjang 1,928 kilometer (1,198 mi) terletak seluruhnya di dalam sebuah amfiteater alami, menawarkan pemandangan hampir seluruh sirkuit dari manapun mereka menonton.

Pemandangan dari Paddock Hill Bend menuju hairpin Druids

Layout "Grand Prix" yang lebih panjang (3,916 kilometer (2,433 mi)) adalah layout yang digunakan Formula Satu. Di layout ini juga terjadi peristiwa-peristiwa terkenal, misalnya duel Jo Siffert dengan Chris Amon di tahun 1968 dan kemenangan Nigel Mansell yang pertama di 1985. Pembatasan kebisingan dan jarak sirkuit Grand Prix yang dekat dengan penduduk lokal mengharuskan jumlah balapan yang digelar dibatasi menjadi hanya beberapa per tahun (biasanya untuk seri-seri terkenal misalnya BTCC dan BSB).

Pemandangan Brabham Straight dan pitlane dari atas Clark Curve

Layout sirkuit Grand Prix dimulai di Brabham Straight, sebuah belokan off-camber (miring ke luar), sebelum masuk ke Paddock Hill Bend, dengan gradien 8%.[3] Meskipun temasuk salah satu belokan paling sulit, karena lurusan sebelumnya, ini adalah salah satu tempat menyalip. Belokan selanjutnya, Druids, adalah belokan hairpin (berbentuk jepit rambut), setelah zona pengereman menanjak di Hailwood Hill. Trek ini kemudian membelok mengelilingi daerah penonton selatan ke belokan Graham Hill Bend yang menurun, off-camber, dan Cooper Straight yang sedikit bengkok, yang sejajar dengan pit lane. setelah itu, sirkuit ini menanjak dan masuk ke belokan Surtees, sebelum masuk ke back straight dimana kecepatan maksimum trek ini bisa diraih. perubahan ketinggian paling signifikan di sirkuit iniberada di sini di Pilgrim's Drop dan Hawthorn Hill, yang mengarah ke Hawthorn Bend (dengan beberapa bagian mendekati 7%). Trek ini kemudian memutar mengelilingi hutan dengan serangkaian belokan kecepatan menengah, terutama turunan di Westfield, Dingle Dell dan Sheene curve. Dari sana trek ini kemudian muncul dari kiri, lalu masuk ke Stirlings Bend dan masuk ke lurusan pendek Clearways dan bergabung lagi dengan Indy Circuit dengan masuk ke Clark Curve ke garis start/finis.

Sirkuit Rallycross Inggris di Brands Hatch dirancang dan dibangun oleh Juara empat kali Rallycross Inggris Trevor Hopkins. Panjangnya kira-kira 0,9 mil dan diselesaikan sekitar tahun 1981. Tidak seperti sirkuit Rallycross sebelumnya di Brands Hatch, sirkuit ini dimulai di garis start kemudian berbelok ke kanan dan menuruni bukit Paddock Hill Bend. Belok kiri-kanan di Esses di bagian bawah, sirkuit Rallycross tersebut bergabung kembali dengan Sirkuit Indy dan berjalan ke atas dan mengitari hairpin Druid, sebelum berbelok 90 derajat ke kiri melalui Langley's Gap dan melintasi The Knife's Edge, bergabung kembali dengan Sirkuit Indy, tetapi berjalan berlawanan arah jarum jam. Dari Cooper Straight, mobil melalui jalan penghubung lama dan kembali ke Paddock.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motor Sport Circuit Guide". Motor Sport Circuit Guide. 
  2. ^ Peter Swinger, “Motor Racing Circuits in England: Then & Now" (Ian Allan Publishing, ISBN 0 7110 3104 5, 2008)
  3. ^ "Circuit Directory | Motor Sport Circuit Guide". www.motorsportcircuitguide.com. Diakses tanggal 2021-01-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]