AVUS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
AVUS
map of the track
LokasiBendera Jerman Berlin, Germany
Zona waktuGMT +1
Acara besar1926 German Grand Prix
1959 German Grand Prix
ETCC ('63-'88), Formula 3, DTM, DRM, Interserie, Group C
Panjang8.300 (GP 1959) km (5.157 mi)
Tikungan4
Rekor lap2.04.5

Automobil-Verkehrs- und Übungs-Straße atau lebih dikenal dengan nama AVUS, merupakan jalan umum yang terletak di Jerman Barat tepatnya di dekat kota Berlin. Dibuka di tahun 1921, AVUS merupakan Jalan tol tertua di Eropa. Sirkuit ini memiliki panjang 8,3 km dan sempat menjadi tuan rumah Grand Prix Jerman di era 1950-an. Sirkuit ini sendiri telah dibuka sejak tahun 1907 dan kerap kali dipakai balapan mobil.

Sekarang, AVUS membentuk bagian utara Bundesautobahn 115.

Sirkuit[sunting | sunting sumber]

Jalan tol ini terletak di barat daya Berlin, menghubungkan Stadtring di persimpangan Funkturm di Charlottenburg dengan Nikolassee. Jalan tol ini melewati hutan Grunewald sepanjang jalan Königsweg dari Charlottenburg ke Potsdam dan juga jalur kereta api Berlin-Blankenheim.

ADAC Reichsfart, 1922

Meskipun normal untuk sebuah jalan, bentuknya tidak biasa untuk sebuah sirkuit balap, karena pada dasarnya AVUS adalah 2 lurusan panjang dengan tikungan hairpin (berbentuk jepit rambut) di ujungnya. Belokan utara memiliki kemiringan curam (seperti Daytona International Speedway) dari 1937 sampai 1967. Belokan selatan dimodifikasi beberapa kali untuk memendekkan sirkuit dari layout original yang memiliki panjang 19 km (12 mi), 8.3 km (5.2 mi), lalu 8.1 km (5.0 mi) tanpa kemiringan tersebut, 4.8 km (3.0 mi) dan akhirnya 2.6 km (1.6 mi).

Perbandingan kemiringan di AVUS dan sirkuit lainnya

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1907 asosiasi Kaiserlicher Automobilclub (KAC) merencanakan sebuah sebuah sirkuit, sebagai tempat motor-sport dan tempat pengetesan untuk industri mobil. Sebuah perusahaan pengembang didirikan di tahun 1909; namun, gangguan finansial dan perizinan resmi memperlambat pembangunan sampai musim semi 1913. Saat Perang Dunia I pekerjaan terhambat, dan meskipun tahanan perang Tentara Rusia Imperial ikut bekerja membangun AVUS, sirkuit ini masih belum selesai. Dari 1920 pekerjaan yang tersisa dibiayai oleh pebisnis dan politisi Hugo Stinnes. Sirkuit tersebut, termasuk bangunan gerbang dan beberapa tribun, diresmikan di International Automobile Exhibition (IAA) pasca perangdengan balapan di 24 September 1921. Setelah itu jalan ini dibuka untuk umum dengan biaya masuk sepuluh Mark.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

commons:Category:AVUS