Sirkuit Pescara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pescara Circuit
Circuit Pescara.svg
LokasiPescara, Italy
Acara besarFormula One
Pescara Grand Prix
Coppa Acerbo
Targa Abruzzo
Panjang25.8 km (16.032 mi)
Rekor lap9:44.6 (Bendera Britania Raya Stirling Moss, Vanwall, 1957)

Sirkuit Pescara adalah jalur balap sepanjang 16.032 mil (25,8 km) di dekat Pescara, Italia. Sirkuit ini merupakan sirkuit yang cukup panjang untuk ukuran waktus saat itu mengalahkan sirkuit lainnya seperti Nurburgring

Jalanannya sempit dan bergelombang. Seperti banyak sirkuit panjang (seperti sirkuit Nürburgring dan Spa-Francorchamps asli) Pescara sangat berbahaya.

Jalur yang panjang menyusuri sejumlah desa di dekat Pescara, mengikuti bentuk segitiga kasar dengan sudut-sudutnya di kota tepi pantai Pescara, bergerak ke barat ke kotamadya pedalaman Cappelle sul Tavo, lalu ke timur laut ke kota pantai Montesilvano sebelum kembali ke Pescara. . Sirkuit Pescara mencakup dua penerbangan panjang antara desa-desa di kaki barat daya ke utara dan utara-ke-tenggara, serta sudut-sudut yang menuntut di sepanjang kaki selatan. Titik tertinggi di Spoltore adalah 185 m dpl.

Balapan pertama berlangsung pada tahun 1924 dan balapan Formula Satu non-kejuaraan diikuti pada awal tahun 1950an, dengan satu kejuaraan Formula Satu untuk Kejuaraan Dunia pada tahun 1957. Grand Prix Pescara menarik lebih dari 200.000 penonton, dan tetap menjadi sirkuit terpanjang dalam hal Jarak tempuh yang pernah diunggulkan menjadi Formula One Grand Prix. Tapi sirkuit itu ditakuti bahkan oleh Enzo Ferrari, yang tidak mengirim mobilnya ke lomba ini karena takut keselamatan pengemudinya.

Trek ini adalah sirkuit F1 pertama dengan chicane buatan, yang dibangun pada tahun 1934 pada start-finish langsung untuk mengurangi kecepatan di pit.

Balapan terakhir trek ini adalah lomba Kejuaraan Dunia Olahraga Mobil empat jam pada tahun 1961, dimenangkan oleh Lorenzo Bandini dan Giorgio Scarlatti. Setelah balapan tersebut, sirkuit tersebut secara permanen dipensiunkan sebagai tempat balap karena tidak mungkin penyelenggara menjamin keselamatan pengemudi dan penonton.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]