Sirkuit Pangeran George

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sirkuit Pangeran George adalah sirkuit balap di East London di Eastern Cape Province, Afrika Selatan. Pada sirkuit ini Grand Prix Afrika Selatan diselenggarakan pada tahun 1934, dan 1936 sampai 1939 saat balapan dihentikan karena Perang Dunia II, dan kemudian pada tahun 1960-66.

Rangkaian aslinya panjangnya 23,4 km dan dilalui di jalan-jalan melalui daerah berpenduduk padat. Awal dan akhir lurus berlari di sepanjang pantai laut. Setelah tiga tikungan cepat, jalan mengikuti jalan - yang sekarang disebut Molteno Drive - yang nantinya juga akan menjadi bagian dari sirkuit baru yang lebih pendek. Pindah ke timur lagi, masuklah ke Desa West Bank di Strand Street sebelum membelok ke utara menuju Bank Street dan kemudian ke barat di Military Road. Di sana lintasan bergerak melintasi area Fort Glamorgan dan Gately. Military Road berubah menjadi Settler Way di ketinggian Woodbrook dan Greenfields. Setelah berkendara melewati Bandara London Timur, jalurnya mengarah ke selatan di ujung barat ke Prince George Street dan dipimpin dengan deretan belokan yang relatif panjang dan satu jepit rambut di ujungnya kembali ke jalur lurus.

Sirkuit ini dipersingkat menjadi 17,7 km pada tahun 1936.[1] Alih-alih membawa Molteno Drive ke timur, jalannya mengikuti Potters Pass ke utara untuk kembali ke sirkuit aslinya di awal Settlers Way.

Diubah untuk memenuhi peraturan Formula Satu pada tahun 1959, lintasannya dibangun menjadi amfiteater tepi laut dengan panjang 3,9 km. Ini menjadi tuan rumah tiga putaran GP F1 Afsel di tahun 1960an sebelum kemudian dianggap terlalu kecil untuk mobil F1 dan balapan tersebut dipindahkan ke Kyalami.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Galpin, Darren. "Prince George Circuit". GEL Motorsport Information Page. Diakses tanggal 24 April 2013.