Balap lintasan oval

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bristol Motor Speedway, salah satu sirkuit oval terkenal di Amerika Serikat.

Balap lintasan oval atau balap trek oval adalah sebuah bentuk balap mobil dalam sirkuit tertutup yang diperlombakan pada sirkuit atau trek berbentuk oval. Lintasan oval berbeda dengan lintasan jalan karena tata ruangnya menyerupai oval dengan arah belokan hanya dalam satu arah yang hampir secara universal berlawanan arah jarum jam dan berbelok ke kiri. Trek oval adalah sirkuit yang benar-benar khusus untuk olahraga bermotor yang digunakan terutama di Amerika Serikat. Lintasan oval sendiri memiliki kekhasan tikungan miring dengan kemiringan dan bervariasi. Meskipun namanya disebut sebagai lintasan oval sebenarnya bentuknya tidak benar-benar oval dan memiliki beberapa variasi tersendiri yang khas.

Bentuk utama dari gelaran lomba balap di lintasan oval termasuk balap mobil stok, balap mobil roda terbuka, balap mobil sprint, balap mobil modifikasi, balap mobil midget dan sepeda motor trail.

Balap di lintasan oval adalah bentuk utama dari mayoritas balap mobil di Amerika Serikat. Menurut data dari National Speedway Directory pada tahun 2013, jumlah total lintasan oval, drag strip dan lintasan jalanan di Amerika Serikat adalah 1262, dengan 901 di antaranya adalah lintasan oval dan 683 di antaranya adalah lintasan tanah (dirt). Di antara lintasan oval paling terkenal di Amerika Utara adalah Indianapolis Motor Speedway, Daytona International Speedway dan Talladega Superspeedway.

Lintasan oval yang terkenal di negara-negara lain termasuk Rafaela di Argentina, Mexico City di Meksiko, Motegi di Jepang, Lausitzring di Jerman, Calder Park Thunderdome di Australia, Brooklands dan Rockingham di Inggris, Monza di Italia dan Montlhéry di Prancis.

Balap oval[sunting | sunting sumber]

Balap bergerombol[sunting | sunting sumber]

Skema balapan bergerombol di Daytona International Speedway.

Balap bergerombol (en: pack racing) adalah sebuah fenomena yang ditemukan di lintasan berkategori superspeedway dimana mobil-mobil bisa melaju dengan kecepatan tinggi tanpa perlu pengereman. Fenomena ini terjadi ketika kumpulan mobil balap menikung pada batas hambatan aerodinamis tetapi dalam batas traksi. Hal ini memungkinkan para pembalap untuk berlomba di lintasan secara konstan dengan alur pijakan gas akselerasi mobil yang terbuka. Karena kendaraan berada dalam batas traksi, peregangan melalui sudut tidak akan menghalangi kinerja kendaraan. Karena mobil yang berjalan bersama lebih cepat daripada mobil yang berjalan secara individu, semua mobil di lintasan akan menyusun satu sama lain secara bersamaan dalam satu gerombolan yang besar. Dalam balap mobil stok fenomena ini sering disebut sebagai "balap plat pembatas" karena NASCAR mengamanatkan bahwa setiap mobil di dua sirkuit oval yang memiliki kecepatan paling tinggi yaitu Talladega dan Daytona agar wajib menggunakan pembatas udara untuk mengurangi tenaga kuda.

Hasil balap bergerombol dapat bervariasi. Karena pembalap dipaksa untuk berlomba di ruang terbatas, aksi saling menyalip sangat umum karena kendaraan dapat melakukan perjalanan dua dan tiga garis sejajar. Hal ini lantas memaksa pembalap untuk menggunakan disiplin mental yang kuat dalam menegosiasikan lalu lintas. Namun ada beberapa kekurangan. Jika terjadi kecelakaan di bagian depan gerombolan, hasilnya dapat memblokir trek dalam waktu singkat. Ini membuat pembalap di belakang kumpulan tersebut hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi dan sedikit ruang untuk bermanuver. Hasilnya seringkali menjadi bencana besar karena banyak mobil dapat hancur dalam satu kecelakaan. Jenis kecelakaan ini sering disebut "The Big One".[1]

Perbandingan dengan balap jalanan[sunting | sunting sumber]

Balapan di lintasan oval membutuhkan taktik yang berbeda dari balap jalanan. Secara garis besar seorang pembalap tidak harus menggeser persneling sesering mungkin, mengerem sebanyak atau sesering mungkin atau berurusan dengan belokan berbagai jari-jari di kedua arah seperti di balap jalanan. Pembalap masih ditantang dengan menegosiasikan trek. Di mana pada umumnya ada satu jalur yang disukai di sekitar jalur jalan ditengan banyaknya jalur yang berbeda yang dapat bekerja pada jalur lintasan oval. Jalur yang disukai tergantung pada banyak faktor termasuk kondisi lintasan, pengaturan mobil dan lalu lintas. Pembalap di lintasan oval harus memilih jalur mana yang akan digunakan setiap kali mereka mendekati sudut tikungan. Pada trek pendek dalam perlombaan fitur 25 lap, pembalap mungkin tidak menjalankan dua lap dengan garis yang sama. Kedua jenis balap ini menuntut fisik pada pembalap. Seorang pembalap dalam perlombaan IndyCar di Richmond International Raceway dapat mendapat beban g-force lateral (walaupun hanya dalam satu arah) yang sama dengan yang didapat seorang pembalap Formula Satu yang membalap di Istanbul Park.

Cuaca juga memainkan peran berbeda dalam setiap disiplin balap. Balap jalanan menawarkan berbagai sudut cepat dan lambat yang memungkinkan penggunaan ban hujan jika cuaca dalam kondisi basah. Lintasan oval beraspal umumnya tidak bisa dipaksakan berjalan dalam kondisi basah. Lintasan oval tanah kadang-kadang akan mendukung hujan ringan. Beberapa trek (misalnya Evergreen Speedway di Monroe, WA) memiliki aturan "hujan atau cerah" yang akan membuat sebuah lomba dijalankan dalam kondisi hujan.

Keselamatan juga menjadi titik perbedaan antara keduanya. Sementara lintasan balap jalan biasanya memiliki area run-off pinggiran yang berlimpah, perangkap kerikil dan penghalang ban, jalur lintasan oval biasanya memiliki dinding penahan beton yang memisahkan lintasan dari penonton yang ada di tribun. Inovasi telah dibuat untuk mengubah ini. SAFER Barrier diciptakan untuk memberikan alternatif pengurangan efek berbahaya untuk dinding beton tradisional. Penghalang dapat dipasang ke dinding yang ada atau dapat menggantikan dinding beton sepenuhnya.

Klasifikasi lintasan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan ukuran[sunting | sunting sumber]

Lintasan balap oval berkontur tanah (dirt)

Jenis lintasan oval diklasifikasikan berdasarkan ukuran, permukaan, sudut miring tikungan dan bentuknya. Ukuran mereka dapat berkisar dari hanya beberapa ratus kaki hingga lebih dari dua setengah mil. Permukaan lintasan dapat berupa tanah, beton, aspal atau kombinasi beton dan aspal. Beberapa lintasan oval di awal abad kedua puluh ada juga yang memiliki permukaan kayu.

Definisi yang digunakan untuk membedakan ukuran lintasan telah berubah selama bertahun-tahun. Sementara beberapa lintasan menggunakan istilah seperti "speedway" atau "superspeedway" dalam namanya, mereka mungkin tidak memenuhi definisi spesifik yang digunakan dalam artikel ini.

Lintasan pendek[sunting | sunting sumber]

Lintasan oval pendek di Martinsville Speedway.

Lintasan pendek adalah lintasan oval yang panjangnya kurang dari satu mil (1,6 km) dan mayoritas biasanya hanya memiliki panjang 0,5 mil (0,8 km) atau lebih pendek. Pembalap yang meniti karier di lintasan balap oval umumnya memulai petualangan mereka dari balapan di lintasan pendek sebelum naik ke seri yang mempertandingkan perlombaan di lintasan yang lebih besar. Karena panjang pendek dan aksi cepatnya, lintasan jenis ini sering dijuluki "pengganggu". Lomba balap NASCAR tingkat profesional pada lintasan pendek biasanya menggunakan jarak 500 lap atau 400 lap. Lintasan pendek dalam prakteknya memiliki lampu terpasang dan secara rutin menyelenggarakan perlombaan di malam hari. Lintasan oval pendek masih menjadi tulang punggung NASCAR dalam seri junior. Tiga sirkuit balap jenis ini juga terwakili di Seri Piala: Bristol, Martinsville dan Richmond. Atas permintaan beberapa penggemar di media sosial, ada rencana untuk mengadakan lebih banyak balapan pada tipe sirkuit oval seperti ini di masa depan. Sirkuit yang berpotensi untuk balapan Seri Piala di masa depan adalah Iowa Speedway yang dibangun pada 2006, Nashville Fairgrounds Speedway yang digunakan hingga 1984 dan Memphis Motorsports Park, yang menggelar balapan dari Seri Busch hingga tahun 2000-an.

Lintasan 1 mil[sunting | sunting sumber]

Sinonim dengan namanya, lintasan oval dengan panjang 1 mil (1,61 km) adalah lintasan yang panjangnya cukup populer dan umum untuk balap lintasan oval. Pengukuran ukuran lintasan yang terkadang bisa melebihi hingga sepersepuluh mil masih dikategorikan termasuk dalam kategori ini. Sebagian besar lintasan sirkuit jenis ini relatif datar dengan pengecualian untuk Dover.

Di masa lalu, ada banyak lintasan oval tanah dengan panjang 1 mil, yang digunakan baik oleh balap mobil stok atau Champ Car, sebelum lintasan balap dengan permukaan tanah dihapus dari kalender balap profesional pada awal 1970-an. Banyak sirkuit balap pada era ini mendapat julukan "Fairgrounds", misalnya Arizona State Fairgrounds, California State Fairgrounds atau Michigan State Fairgrounds Speedway. Asal mula lintasan ini berawal dari lintasan yang dipakai untuk balap kuda yang memang kebanyakan memakai arena dengan panjang lintasan 1 mil. Juga untuk lintasan balap oval tertua, Milwaukee Mile pada awalnya adalah lintasan untuk balap kuda.

Di NASCAR, lintasan oval 1 mil adalah diklasifikasikan sebagai lintasan menengah (intermediate) sementara IndyCar menilai lintasan jenis ini sebagai oval pendek, karena biasanya mereka tidak berlomba di lintasan oval yang lebih pendek dari 3/4 mil. Lintasan oval satu mil belakangan ini mulai diabaikan oleh para promotor balapan baik itu NASCAR ataupun IndyCar. Sebagian besar sirkuit balap yang ditinggalkan oleh NASCAR atau IndyCar pada tahun 2000-an adalah jenis ini. Ini termasuk Chicago Motor Speedway dan Walt Disney World Speedway yang dibangun selama booming konstruksi pada dekade 1990-an tetapi selanjutnya hanya digunakan dalam waktu singkat yaitu selama 4 tahun. Nazareth Speedway yang bersejarah yang diaspal pada tahun 1986, benar-benar tidak dipergunakan lagi setelah musim 2004. Secara fisik, Milwaukee Mile, yang merupakan sirkuit balap oval tertua di dunia, serta Rockingham Speedway dan Pikes Peak Raceway masih ada. Namun, sirkuit-sirkuit tersebut belum digunakan oleh acara olahraga motor nasional selama bertahun-tahun. Hanya ada tiga lintasan sirkuit dengan panjang 1 mil yang tersisa di kalender balap NASCAR: Phoenix, Loudon dan Dover. IndyCar belum pernah lagi berlomba di sirkuit jenis ini sejak 2018.

Lintasan menengah (intermediate)[sunting | sunting sumber]

Lintasan kategori ini disebut juga dengan istilah umum "speedway", dengan ciri khas memiliki panjang antara 1 hingga 2 mil (1,6 hingga 3,2 km), tetapi istilah ini sering kali khusus diperuntukkan bagi lintasan yang memiliki panjang 1,5 mil (2,4 km). Pada awal sejarah NASCAR dan IndyCar, ukuran oval ini tidak terlalu umum. Hingga tahun 1990, hanya ada lima lintasan sirkuit yang masuk kategori ini. Dua di antaranya yaitu Marchbanks Speedway (1,4 mil) dan Trenton Speedway (1,5 mil) dihancurkan pada 1970-an dan 1980-an dan tersisa tiga — Charlotte Motor Speedway, Atlanta Motor Speedway, dan Darlington Raceway — yang masih bertahan hingga hari ini. Semua lintasan oval lain dari kategori ini dibangun setelah 1994. Selama boom konstruksi trek balap akhir 1990-an, trek ini mulai diberi label dengan istilah peyorasi "cookie cutter" karena perbedaan antara trek satu dan lainnya sangat minimal dan terkesan sama persis.

Pada 1992, Charlotte menjadi lintasan menengah pertama yang memasang lampu dan memungkinkan lomba balap digelar pada malam hari. Sekarang fenomena tersebut sudah biasa bagi jenis lintasan ini untuk menyelenggarakan balapan malam. Lintasan menengah biasanya memiliki sudut kemiringan tikungan yang sedang hingga curam. Hampir semua lintasan balap modern yang masih digunakan di NASCAR dan IndyCar saat ini adalah tipe ini. Karena ukurannya memungkinkan mereka untuk berkompromi dengan kecepatan tinggi dengan garis pandang, terutama tri- dan quad-oval dengan panjang 1,5 mil yantg telah menjadi hal biasa di seri balap utama yang menggunakan lintasan oval.

Sementara speedway menengah dirancang terutama dengan mempertimbangkan penggunaan untuk balap mobil stok, mereka juga diyakini cocok untuk menampung mobil formula roda terbuka seperti IndyCar. Pada tahun-tahun awal Indy Racing League, seri ini memperlombakan balapan di beberapa trek menengah. Mobil-mobil jenis IRL dengan mesin normally aspirated dan berdaya kuda tinggi terbukti kompetitif di beberapa lintasan. Namun seri CART, sebagian besar menjauh karena spesifikasi mobil Champ Car yang lebih cepat dan lebih kuat umumnya dianggap terlalu cepat untuk jenis lintasan ini. Asumsi tersebut menjadi jelas dalam perlombaan Firestone Firehawk 600 2001, ketika pengemudi mengalami gejala seperti vertigo dan lomba kemudian dibatalkan karena alasan keamanan. Pada tahun 2020, Seri IndyCar hanya memiliki satu perlombaan yang tersisa di lintasan menengah dengan sudut kemiringan tinggi (Texas). Lintasan jenis ini mulai dihapus dari jadwal balap mobil Indy pada akhir 2000-an dan awal 2010-an karena perlombaan yang dinilai mengarah ke balap bergerombol yang memungkinkan terjadi kecelakaan parah, termasuk yang menimpa Dan Wheldon di Las Vegas pada tahun 2011.

Lintasan panjang (superspeedway)[sunting | sunting sumber]

Lintasan panjang atau lintasan superspeedway setidaknya memiliki panjang 2,0 mil (3,2 km). Ada enam sirkuit superspeedway aktif di Amerika Serikat dengan yang paling terkenal adalah Indianapolis Motor Speedway dan Daytona International Speedway yang mana keduanya memiliki panjang 2,5 mil (4,0 km). Kedua lintasan ini dibangun masing-masing pada tahun 1909 dan 1959. Indianapolis Motor Speedway dibangun sebagai fasilitas bagi industri otomotif untuk melakukan penelitian dan pengembangan.[2] Daytona International Speedway dibangun sebagai pengganti Daytona Beach Road Course, yang menggabungkan jalan utama kota dan pantai yang terkenal. Daytona menyelenggarakan Daytona 500, lomba balap paling bergengsi dari NASCAR Seri Piala, sedangkan Indianapolis Motor Speedway adalah rumah bagi perlombaan Indianapolis 500 dan Brickyard 400.

Lintasan superspeedway terpanjang adalah Talladega Superspeedway di Talladega, Alabama. Dibangun pada tahun 1969 sirkuit ini memiliki panjang 2,66 mil (4,28 kilometer) dan memegang rekor saat ini untuk kecepatan paling tinggi untuk kategori balap mobil stok dengan kecepatan rata-rata 216,309 mph (348,116 km / jam) dan mencapai 228 mph (367 km / jam) di akhir garis belakang (backstretch).[3] Daytona dan Talladega adalah puncak balap superspeedway untuk balap mobil stok, di mana pelat pembatas diamanatkan oleh badan pengatur olahraga untuk mengurangi kecepatan tinggi yang terjadi karena efek sudut miring yang tinggi sejak 1988.

Superspeedway lain yang digunakan oleh NASCAR termasuk Michigan International Speedway (2,0 mil), Auto Club Speedway (dikenal sebagai California Speedway sebelum Februari 2008) (2,0 mil), dan Pocono Raceway (2,5 mil). Auto Club Speedway dan Michigan sering dianggap lintasan menengah (intermediate) oleh NASCAR karena kesamaannya dengan lintasan yang memiliki panjang 1,5 mil, sementara Pocono dan Indianapolis kadang-kadang diklasifikasikan secara terpisah, karena dua lintasan tersebut adalah satu-satunya lintasan berkontur datar yang panjang pada jadwal. Auto Club Speedway, yang bergabung dengan Indianapolis, Michigan dan Pocono[4] sebagai salah satu dari empat superspeedway yang digunakan dalam Seri IndyCar, adalah lintasan dimana pada sesi kualifikasi pembalap Gil de Ferran berhasil meraih kecepatan tertimggi 241,428 mph (388,541 km / jam) di Seri CART pada tahun 2000[5], lap kualifikasi tercepat tersebut tercatat pada pertemuan perlombaan resmi.[6] Karena rendahnya jumlah penonton atau masalah keamanan yang biasanya dialami oleh pembalap, IndyCar tidak akan lagi menambah lintasan superspeedway di luar Indianapolis. Michigan adalah bagian dari IndyCar dari 2002 hingga 2007, AutoClub Speedway dari 2002 hingga 2005 dan kedua kalinya dari 2012 hingga 2015, Pocono digunakan oleh IndyCar antara 2014 dan 2019. Di NASCAR mereka masih menjadi bagian penting dari kalender balap.

Texas World Speedway yang ditutup dan dibongkar sebagian, adalah "lintasan saudara" yang memiliki kemiripan dengan Michigan. Lintasan oval dengan panjang dua mil dan sudut kemiringan tikungan 22 derajat, adalah tempat dimana Mario Andretti mencetak kecepatan tertinggi 214,158 mph (344,654 km / jam) yang bertahan selama 12 tahun. Tidak ada seri profesional utama yang berpacu di lintasan ini sejak 1990-an.

Ontario Motor Speedway yang memiliki panjang 2,5 mil dikenal sebagai "Indianapolis of the West", tetapi dibeli oleh Chevron Land Company pada tahun 1980 dan dipartisi untuk pengembangan properti lainnya.

Berdasarkan bentuk[sunting | sunting sumber]

Sebuah lintasan sirkuit oval memiliki kekhasan dengan terdiri dari dua jalur lurus paralel dan dihubungkan oleh dua tikungan 180°. Meskipun sebagian besar lintasan oval umumnya hanya memiliki dua tikungan, mereka biasanya diiklankan dan diberi label sebagai empat tikungan dengan sudut 90°. Sementara banyak lintasan oval sesuai dengan desain simetris tradisional, lintasan yang bentuknya asimetris ada tetapi jumlahnya sedikit.

Bentuk geometris klasik[sunting | sunting sumber]

Bentuk Deskripsi Contoh
Lintasan pendek Oval 1 mil Intermediate Superspeedway
Paper clip oval
(Bentuk seperti penjepit kertas)
Salah satu sub-klasifikasi bentuk oval tradisional adalah oval "penjepit kertas". Tata letak terdiri dari dua jalur lurus panjang, dihubungkan oleh dua tikungan tajam dan memiliki jari-jari ketat, memberikan bentuk lintasan yang menyerupai penjepit kertas. Lintasan ini biasanya sangat menantang dan menawarkan kemiringan sudut tikungan yang landai, membuat belokan sangat lambat dan sulit untuk bermanuver. Lintasan jenis ini adalah tata letak klasik lintasan pendek atau oval 1 mil. Kebanyakan lintasan pendek adalah penjepit kertas. Tapi ada beberapa lintasan sepanjang 1 mil dengan bentuk ini juga.
Stadium oval
(Bentuk menyerupai stadion)
Salah satu sub-klasifikasi bentuk oval tradisional adalah oval "stadion". Berbeda dengan penjepit kertas, garis lurus relatif pendek dibandingkan dengan area tikungan. Lintasan jenis ini adalah bentuk yang paling mendekati dengan lingkaran. Tikungan biasanya memiliki sudut kemiringan yang tinggi.
Rounded-off rectangle or square
(Bentuk mirip persegi panjang)
Satu bentuk yang menonjol, tetapi sekarang sudah tidak umum adalah "rounded-off rectangle". Sesuai dengan namanya, bentuk trek menyerupai persegi panjang dengan dua trek lurus panjang dan dua trek lurus pendek dan dihubungkan oleh empat tikungan terpisah. Karakteristik utama dari lintasan persegi panjang bulat yang membedakannya dari bentuk oval tradisional, adalah adanya dua "trek lurus pendek" yang ada di area setelah tikungan pertama dan kedua serta tikungan ketiga dan keempat. Sementara sebagian besar lintasan oval tradisional memiliki dua tikungan tajam 180° terus menerus (diiklankan sebagai empat putaran 90°), bentuk ini sebenarnya memiliki empat tikungan 90° yang berbeda. Ketika pertama kali dibangun, Homestead-Miami Speedway dirancang untuk tata letak ini dan disebut-sebut sebagai "mini-Indy." Namun, dengan panjang lintasan yang hanya 1,5 mil (satu mil lebih pendek dari Indy), lintasan terbukti tidak kompetitif karena tikungan yang ada terlalu tajam dan segera dikonfigurasi ulang sebagai oval tradisional. Indianapolis tetap menjadi satu-satunya lintasan utama untuk spesifikasi ini. Jejak bentuk ini telah dihindari karena masalah garis penglihatan para penonton di tribun, tikungan yang lambat dan kemungkinan terjadinya tabrakan sudut yang berbahaya. Namun, banyak sirkuit pengujian yang dimiliki pabrikan swasta menggunakan jenis tata letak ini. Satu-satunya lintasan pendek utama dengan tata letak persegi panjang berbentuk bujur sangkar dengan empat lurus dan tikungan yang hampir identik - Homestead-Miami Speedway (desain asli)
Rounded-off trapezoid
(Bentuk trapesium)
Tata letak yang sangat langka adalah lintasan oval trapesium. Perbedaannya dengan yang persegi panjang adalah jalur belakang (backstretch) yang lebih pendek dan jalur depan (frontstretch) yang lebih panjang. Jadi, antara Tikungan 1 dan 4 lebih ketat daripada Tikungan 2 dan 3. - - -
Rounded-off triangle
(Bentuk segitiga)
Tata letak segitiga klasik juga jarang ada di lintasan oval. Secara teknis, ada tri-oval. Dalam arti sempit, trek oval modern disebut tri-oval, yang agak mirip dengan D. Lihat bagian selanjutnya. Pocono Raceway adalah lintasan segitiga dengan tiga belokan yang berbeda-beda. Karena tata letaknya, "Pocono Raceway" sering digambarkan dengan kata-kata: "Ini adalah lintasan oval, yang melaju seperti lintasan jalan." Segitiga adalah bentuk lintasan oval yang populer di luar Amerika Serikat. Ada beberapa lintasan oval berbentuk segitiga di Kanada, Jerman, dan Meksiko.
Sanair Super Speedway, an equilateral triangle
-

Contoh tambahan lainnya:

Tri-oval[sunting | sunting sumber]

Tri-oval adalah bentuk umum dari lintasan oval yang populer saat terjadi booming konstruksi tahun 1960-an dan 1990-an. Penggunaan bentuk tri-oval untuk balap mobil dipelopori oleh Bill France, Sr. selama perencanaan untuk Daytona. Tata letak segitiga memungkinkan penonton di tribun untuk melihat sudut pandang dari mobil yang datang dan menjauh dari tempat yang menguntungkan. Lintasan oval tradisional (seperti Indianapolis) hanya menawarkan pandangan linier terbatas saja, dan mengharuskan penggemar untuk bolak-balik seperti saat menonton pertandingan tenis. Bentuk tri-oval mencegah penggemar dari harus "bersandar" untuk melihat mobil yang akan datang dan menciptakan garis pandang yang lebih maju. Tri-oval modern sering disebut sebagai cookie cutters karena bentuknya yang hampir identik dan jalannya lomba yang identik.

Bentuk Deskripsi Contoh
Lintasan pendek Oval 1 mil Intermediate Superspeedway
Tri-oval Bentuk tri-oval menyerupai segitiga sama kaki dengan sudut membulat. Sirkuit ini biasanya memiliki area belakang atau backstretch yang lurus, sedangkan area depan atau straightaway utama di mana area pit dan sebagian besar tribun berada, memiliki bentuk menyerupai kurva "tri-oval" (kadang-kadang ditandai sebagai tikungan kelima) yang membuat area tersebut berbentuk miring. Tri-oval menjadi lebih disukai oleh para insinyur perancang sirkuit karena menawarkan sudut pandang yang unggul untuk sisi penonton. Umumnya pada tri-oval garis start-finis terletak di puncak kurva tri-oval. Dua pengecualian adalah Talladega dan Walt Disney World Speedway, di mana garis start-finis terletak di area jalur lurus antara kurva dan Tikungan 1. -
Quad-oval Tri-oval dengan "dogleg ganda" atau sering disebut juga sebagai "quad-oval". Quad-oval sangat mirip dengan tri-oval dalam sudut pandang penonton dan tata letak. Salah satu fitur spesifik adalah bahwa segmen garis start-finis sebenarnya berada pada bagian yang lurus ketimbang diletakan di sepanjang kurva. Bentuknya telah menjadi semacam ciri khas untuk Speedway Motorsports, yang memiliki semua lintasan sirkuit quad-oval utama di Amerika Serikat. Calder Park Thunderdome di Melbourne, Australia, juga merupakan contoh dari speedway quad-oval, meskipun sejak dibuka pada tahun 1987 secara umum telah disebut sebagai tri-oval. Rockingham Speedway adalah kasus khusus karena dapat diartikan sebagai D-oval serta tri-oval atau quad-oval. Area jalur bagian depan ditata sebagai kurva asimetris, yang berisi dua jalur tegak samar dengan garis start-finis di sebelah jalur menuju tegak samar kedua. -
D-shaped oval Variasi tri-oval lainnya adalah adalah "oval berbentuk-D". Mirip dengan tri-oval, bentuk lintaan D memiliki area belakang atau backstretch yang lurus, tetapi area depannya (frontstretch) panjang, menyapu rangkaian tata letak menyerupai huruf D. Bentuknya berasal dari dua sirkuit yang dibangun pada 1960-an: Michigan International Speedway dan Texas World Speedway. Awalnya, desain ini hanya digunakan untuk superspeedway. Tetapi sekarang ada beberapa trek pendek dengan bentuk ini juga. Misalnya Richmond Raceway dibangun kembali pada tahun 1986 dari oval mirip stadion 0,542 mil menjadi oval berbentuk D 0,750 mil. Lintasan pendek yang paling terkenal, yang secara eksplisit dirancang sebagai D-oval dari awal, adalah Iowa Speedway, yang dibuka pada 2006. -

Contoh tambahan lainnya:

Bentuk unik[sunting | sunting sumber]

Ada banyak lintasan sirkuit oval yang tidak memiliki bentuk geometris klasik atau masih mewakili tri-oval modern dalam arti yang ketat. Sementara sirkuit-sirkuit ini masih secara teknis berada di bawah kategori lintasan oval namun karena bentuknya yang unik, tikungan membelok yang datar, zona pengereman yang keras, atau tingkatan kesulitan, seringkali menghasilkan karakteristik mengemudi yang serupa dengan yang ada di balap jalan.

Bentuk Deskripsi Contoh
Egg-shape
(Bentuk mirip telur)
Ada beberapa lintasan, yang direncanakan sebagai oval klasik, tetapi harus dibangun karena alasan lahan yang tidak cukup menjadi layout dalam bentuk telur. Sebuah lintasan oval berbentuk telur secara substansial sesuai dengan bentuk klasik, namun dua jalur lurus diatur non-paralel. Garis lurus sedikit lebih panjang dari yang lain dan kedua tikungan memiliki sudut kurva yang berbeda.
Dogleg Beberapa lintasan oval memiliki variasi kecil, seperti garis lurus atau dogleg. "Dogleg" adalah sebuah lingkaran kurva lunak di bawah salah satu jalur lurus, baik di area jalur dalam maupun jalur luar, yang mengubah lintasan sirkuit oval menjadi bentuk non-simetris atau non-tradisional. Sementara tikungan ekstra secara kasat mata akan menghasilkan seolah-olah ada lima tikungan di trek oval. Secara garis besar lintasan dogleg biasanya dihilangkan dari identifikasi dan oval masih diberi label dengan sirkuit yang memiliki empat tikungan.
Kidney-bean-shape
(Bentuk kacang)
Sebuah lintasan sirkuit yang bentuknya seperti kacang memiliki lekukan jalur lurus yang mirip dogleg yang mengarah ke kanan. Selain itu lintasan sirkuit ini sebagian besar tetap memiliki jalur yang klasik atau berbentuk telur.


Bentuk konsentris/legenda[sunting | sunting sumber]

Beberapa fasilitas menampilkan beberapa lintasan oval dengan ukuran yang berbeda yang seringkali berbagi bagian dari area lintasan jalur depan yang sama secara langsung. Ascot Speedway yang sekarang sudah tidak dipakai menampilkan trek oval tanah 1/2 mil dan 1/4 mil serta Irwindale Speedway yang memiliki trek oval beraspal konsentris 1/2 mil dan 1/3 mil. Pocono Raceway pernah memiliki lintasan oval 3/4 mil yang terhubung ke bentangan utama dan berputar di sekitar area garasi.

Pada tahun 1991, Charlotte Motor Speedway pernah menghubungkan garis start-finis quad oval langsung ke area pit lane dengan dua tikungan 180 derajat, menghasilkan tata letak oval konsentris 1/4 mil. Tata letak 1/4 mil menjadi tempat populer untuk balap mobil legenda. Nama "legenda oval" berasal dari penggunaan area sirkuit ini. Lintasan ini juga digunakan oleh balap go-kart, mobil trek pendek dan perlombaan balap lainnya yang lebih rendah. Ide ini diadopsi oleh banyak trek termasuk Texas Motor Speedway, Atlanta Motor Speedway, Kentucky Speedway, Las Vegas Motor Speedway dan Iowa Speedway yang memiliki versi 1/8 mil.

Mungkin fasilitas oval konsentris yang paling tidak biasa adalah Dover Speedway-Dover Downs. Lintasan sirkuit oval satu mil yang didalamnya juga mencakup lintasan sirkuit oval mini sepanjang 0,625 mil.

Berdasarkan kemiringan sudut tikungan[sunting | sunting sumber]

Tikungan dengan sudut miring 41° di AVUS, Jerman
Tikungan dengan sudut miring 38.69° di Monza, Italia

Lintasan oval biasanya memiliki kemiringan pada jalur lurus dan area tikungan, tetapi kemiringan pada jalur lurus lebih sedikit, sirkuit tanpa kemiringan jarang ditemukan, kemiringan rendah biasanya ditemukan pada lintasan sirkuit tua atau kecil, kemiringan tinggi lebih umum di sirkuit baru.

Sirkuit seperti Milwaukee Mile dan Indianapolis Motor Speedway memiliki kemiringan kira-kira 9° dalam tikungan yang dianggap sebagai kemiringan rendah, jalur superspeedway seperti Talladega memiliki sudut kemiringan hingga 33°, Daytona memiliki hingga 32° dan keduanya dianggap memiliki kemiringan paling tinggi. Charlotte dan Dover yang merupakan lintasan intermediate dengan sudut kemiringan tertinggi yaitu 24°. Bristol sebagai lintasan oval pendek memiliki kemiringan hingga 36° (kemudian direndahkan antara 26° hingga 28°).

Perbandingan ukuran kemiringan[sunting | sunting sumber]

Lintasan pendek Intermediate Superspeedway
(< 1.00 mil) (1.00 – 1.30 mil) (1.30 – 2.00 mil) (>= 2.0 mil)
Datar (< 4°) Bowman Gray Stadium
Greenville-Pickens Speedway
Sanair Super Speedway
Chicago Motor Speedway
Autodromo Hermanos Rodriguez
Autódromo Miguel E. Abed
Mallory Park
Emerson Fittipaldi Speedway
Kemiringan sangat rendah (4° – 8°) Adelaide International Raceway
Flemington Speedway
Nazareth Speedway
New Hampshire Motor Speedway Rockingham Motor Speedway EuroSpeedway Lausitz
Kemiringan rendah (8° – 12°) Birmingham International Raceway
EcoCentro Expositor Querétaro
Evergreen Speedway
Jukasa Motor Speedway
Martinsville Speedway
Memphis International Raceway
Gateway International Raceway
Milwaukee Mile
Phoenix International Raceway
Pikes Peak International Raceway
Walt Disney World Speedway
Phakisa Freeway
Twin Ring Motegi
Indianapolis Motor Speedway
Ontario Motor Speedway
Kemiringan menengah (12° – 16°) Autódromo Chiapas
Indianapolis Raceway Park
Iowa Speedway
Myrtle Beach Speedway
North Wilkesboro Speedway
Oswego Speedway
Richmond Raceway
USA International Speedway
Nashville Superspeedway
Trenton Speedway
Autódromo Ciudad de Rafaela
Auto Club Speedway
Pocono Raceway
Kemiringan tinggi (16° – 20°) El Dorado Speedway
Fairgrounds Speedway
Ovalo Aguascalientes México
Trióvalo Bernardo Obregón
Chicagoland Speedway
Homestead-Miami Speedway (progressive 18°–20°)
Kansas Speedway (progressive 18°–20°)
Kentucky Speedway
Las Vegas Motor Speedway (progressive 12°–20°)
Michigan International Speedway
Kemiringan sangat tinggi (> 20°) Bristol Motor Speedway
I-70 Speedway
Salem Speedway
Thompson International Speedway
Winchester Speedway
Calder Park Thunderdome
Dover International Speedway
Rockingham Speedway
Sitges-Terramar
Atlanta Motor Speedway
Autodrome de Linas-Montlhéry
Charlotte Motor Speedway
Darlington Raceway
Hanford Motor Speedway
Texas Motor Speedway
AVUS
Brooklands
Daytona International Speedway
Monza
Talladega Superspeedway
Texas World Speedway

Kombinasi dengan lintasan jalanan[sunting | sunting sumber]

Charlotte Motor Speedway, sirkuit quad-oval dengan bagian lapangan tengahnya yang berfungsi sebagai lintasan balap jalanan.
Layout gabungan oval dan jalanan di Daytona.
Calder Park Raceway di Australia, dengan lintasan jalanan berada di luar lintasan oval.

Lintasan sirkuit yang menggabungkan antara oval dan jalanan balap biasa (bedakan dengan jalan raya) atau sehari-hari populer dengan istilah "roval"[7][8] adalah fasilitas sirkuit oval yang menampilkan jalur balapan biasa yang berkelok-kelok di lapangan tengah (atau lapangan) arena yang biasanya dikaitkan dengan sirkuit oval. Jenis lintasan seperti ini membuat banyak jalur yang serba guna dan memungkinkan fasilitas digunakan untuk balap oval dan balap jalanan. Alur jalur lintasan kombinasi seperti ini biasanya memakai bagian lintasan oval sebagai garis start-finis dan area komplek garasi pit. Jalur lurus akan berbelok ke tengah lapangan biasanya diujung pintu keluar pit. Pada titik tertentu, lintasan sirkuit mengarah kembali ke lintasan oval utama dan menyelesaikan sisa putaran. Pada beberapa sirkuit oval yang lebih cepat ditambahkan chicane pada jalur belakang yang panjang, untuk menjaga kecepatan tetap rendah dan menciptakan zona pengereman atau zona menyusul tambahan. Ada beberapa fasilitas sirkuit yang lebih kompleks yang menampilkan tata ruang jalanan biasa yang berdiri sendiri di dalam lapangan dan tidak langsung terhubung ke bagian lintasan sirkuit oval atau hanya menggunakan sebagian kecil dari oval.

Lintasan kombinasi oval dan jalanan dimaksudkan untuk menggabungkan karakteristik kecepatan tinggi khas lintasan oval dengan ketepatan teknis dari lintasan jalanan. Hal ini memungkinkan disiplin balap jalanan untuk merasakan pengalaman unik dalam suasana gaya stadion khas lintasan oval. Sejumlah sirkuit digunakan secara luas dengan mobil sport pada tahun 1970-an dan awal 1980-an. Namun, penggunaannya telah berkurang sejak itu, karena sebagian besar tata letak tidak memiliki topografi yang diinginkan dan tantangan kompetitif dari perlombaan jalanan yang murni. Selain itu, sebagian besar sirkuit jalanan kombinasi menawarkan pemandangan yang buruk bagi penggemar yang duduk di tribun. Seringkali bagian lapangan tengah yang menantang terlihat kabur atau bahkan tidak terlihat sama sekali dari tribun yang berada di jalur lintasan oval, sehingga banyak penggemar memilih untuk melihat dari area khusus tenda yang ada di dalam lapangan tengah - meninggalkan tribun yang sebagian besar kosong dan tidak sedap dipandang.

Banyak layout lintasan sirkuit kombinasi ditinggalkan atau ditutup (dijadikan lapangan tengah) atau hanya digunakan untuk pengujian dan perlombaan balap amatir. Sejak 1962, perlombaan paling terkenal yang terus diadakan di lintasan sirkuit kombinasi adalah Daytona 24 Jam.

Pada tahun 2018 NASCAR mengadakan lomba Bank of America Roval 400 pada lintasan kombinasi di Charlotte Motor Speedway.

Dalam beberapa contoh yang jarang, alur jalur lintasan kombinasi dijalankan berlawanan arah dengan sirkuit oval. Misalnya, di Indianapolis oval dijalankan berlawanan arah jarum jam, tetapi jalur lintasan kombinasi yang digunakan selama Grand Prix Indianapolis untuk IndyCar dijalankan searah jarum jam. Namun untuk lomba balap motor MotoGP dijalankan di jalur yang berlawanan arah jarum jam, dengan beberapa sudut yang dikonfigurasi ulang untuk memperbaiki permasalahan pada apex tikungan. Michigan juga merupakan contoh dari lintasan kombinasi searah jarum jam. Contoh lain adalah Adelaide International Raceway di Australia yang menggabungkan lintasan kombinasi sepanjang 2,41 km (1,50 mi) dengan lintasan speedway berbentuk mangkuk 0,805 km (0,500 mi). Lintasan mangkuk membentuk bagian permanen dari lintasan kombinasi dan juga berjalan searah jarum jam. Di banyak sirkuit, banyak konfigurasi tersedia untuk tata letak lintasan kombinasi.

Contoh dari lintasan kombinasi yang menggabungkan bagian oval dengan bagian luar sirkuit dapat dilihat di Calder Park Raceway di Melbourne, Australia. Kompleks Calder Park memiliki lintasan oval sepanjang 1.119 mi (1,801 km) yang disebut Thunderdome serta lintasan jalanan yang terpisah sama sekali dari lintasan oval. Antara kedua lintasan ini dapat dihubungkan melalui dua jalur pendek yang menghubungkan area jalur lurus depan jalanan ke area jalur lurus belakang oval. Karena mereka adalah trek yang terpisah, kondisi ini menciptakan situasi unik di mana perlombaan balap yang berbeda sebenarnya dapat dijalankan pada lintasan oval dan jalan penuh pada saat yang sama. Juga yang jadi keunikan adalah bahwa tidak seperti kebanyakan sirkuit kombinasi yang menggunakan garis start-finis serta komplek pit di lintasan oval, dalam kasus Calder Park untuk area garis start-finis dan komplek pit memakai yang terdapat di area lintasan jalanan. Sayangnya konfigurasi ini hanya digunakan dua kali (keduanya pada tahun 1987) dan belum pernah digunakan untuk acara lomba balap besar sejak menjadi tuan rumah Ronde 9 dari World Touring Car Championship musim 1987.

Booming pembangunan lintasan oval[sunting | sunting sumber]

Ada dua era "booming" pembangunan lintasan sirkuit balap oval yang berbeda di Amerika Serikat. Yang pertama terjadi pada dekade 1960-an dan yang kedua terjadi pada pertengahan hingga akhir dekade 1990-an. Mayoritas trek dari fenomena booming tahun 1960-an dan booming tahun 1990-an telah bertahan, tetapi beberapa track gagal mencapai kesuksesan finansial jangka panjang. Kebetulan, dua booming ini sedikit berdekatan dengan booming era pembangunan stadion bisbol/sepak bola cookie cutter pada dekade 1960-an dan 1970-an, dan booming pembangunan stadion olahraga umum berikutnya yang dimulai pada dekade 1990-an.

Sirkuit yang dibangun pada dekade 1960-an[sunting | sunting sumber]

Sirkuit yang dibangun pada dekade 1990-an[sunting | sunting sumber]

Sirkuit baru pada dekade 1990-an yang sudah ditutup[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CNNSI"Hangin' Back" retrieved November 17, 2007
  2. ^ Indystar.com Diarsipkan 2007-11-11 di Wayback Machine."History of the Indianapolis 500" Retrieved November 19, 2007
  3. ^ NASCAR.com – Rusty Wallace hits 228 mph (367 km/h) in Talladega trial – June 10, 2004
  4. ^ "IndyCar returns to Pocono for 1st time since 1989". Sports Illustrated. April 10, 2013. Diakses tanggal April 11, 2013. 
  5. ^ "De Ferran wins pole, sets record". Las Vegas Sun. October 28, 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2013. 
  6. ^ Webster, George (May 16, 2009). "Who holds the world's closed course record? A.J. Foyt". PRN Motorsport Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2018. 
  7. ^ "New Hampshire Motor Speedway". Racingcircuits.info. 2017. 
  8. ^ C Jackson Cowart (23 May 2017). "NASCAR's playoff twist for 2018? It's a ROVAL, and it's in Charlotte". Charlotte Observer.