Las Vegas Sun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman depan Las Vegas Sun
6 April 2007
TipeSurat kabar harian
FormatCetakan luas (insert)
PemilikGreenspun Media Group
PenerbitBarbara Greenspun
RedaksiBrian Greenspun
Didirikan1950
Pusat2275 Corporate Circle Drive
Suite 300
Henderson, Nevada 89074
 Amerika Serikat
Situs weblasvegassun.com
Kantor Las Vegas Sun di Henderson

Las Vegas Sun

Las Vegas Sun merupakan satu dari dua surat kabar harian di Las Vegas, Nevada. Dimiliki oleh keluarga Greenspun dan berafiliasi dengan Greenspun Media Group.

Surat kabar ini diterbitkan setiap sore pada hari kerja sejak 1990-2005. Saat ini merupakan bagian dari Las Vegas Review-Journal dan terus beroperasi di situs webnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Las Vegas Sun diterbitkan pertama tanggal 21 Mei 1950 oleh Hank Greenspun, yang berperan sebagai editor pertamanya hingga kematiannya. Sejak pendiriannya surat kabar ini diterbitkan pada pagi hari. Mulai 1990 penerbitannya dilakukan pada sore hari.

Edisi sore surat kabar ini diterbitkan hingga 30 September 2005. Pada 2 Oktober 2005, Las Vegas Sun memulai distribusi dengan Las Vegas Review-Journal, sebuah surat kabar saingan yang dengannya memiliki perjanjian operasi bersama.

Editor dan presiden Brian Greenspun, anak dari Hank, adalah teman dekat bekas presiden Bill Clinton. Ketika menjabat, Greenspun menyambut Clinton sebagai tamu ketika Clinton menggalang dana di selatan Nevada.

Status saat ini[sunting | sunting sumber]

Tahun 2005, Sun memasuki perjanjian operasi bersama dengan Las Vegas Review-Journal, menjadi suara terpisah tetapi masih independen bagi komunitas. Perjanjian ini juga memberikan Review-Journal julukan "Sun's wrapper." Ini menjadikan isi Sun dan stafnya terbebas dari Review-Journal. Artikel Sun lebih panjang dan lebih banyak topik mendalam dengan perspektif liberal sosial, lebih mirip dengan artikel majalah daripada surat kabar harian tradisional.

Sun dibuat oleh editor, reporter dan fotografernya di kantor The Greenspun Corporation di pinggiran Henderson, kemudian dicetak oleh Review-Journal dan dimasukkan dalam halaman harian pagi R-J. Bagian ini tak menambahkan iklan. Dua departemen editor surat kabar terus memiliki sengketa cetak, kadang-kadang memunculkan serangan pribadi antara Brian Greenspun dan penerbit Review-Journal Sherman Frederick.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]