Tabu Moitomo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tabu Moitomo
Tabu Moitomo atau Kuah Hitam
Nama lainKuah Hitam, Kuah Bugis
SajianMakanan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahGorontalo
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaDaging kambing atau daging sapi segar dengan bumbu khas dan kelapa sangrai yang gurih
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Tabu Moitomo (dibaca: Tabu Moyitomo, yang berarti Kuah Hitam) merupakan salah satu variasi makanan khas Indonesia yang berasal dari jazirah Gorontalo, Sulawesi.[1]

Kultur beternak yang digemari masyarakat Gorontalo membuat ketersediaan daging kambing maupun daging sapi segar terus tersedia dengan baik. Oleh karena itu, masakan ini juga menjadi menu masakan utama masyarakat Gorontalo saat merayakan lebaran Iduladha maupun dalam perayaan upacara adat masyarakat Gorontalo.[2]

Kekayaan rempah-rempat Tabu Moitomo, membuatnya memiliki kandungan gizi lengkap dan sehat. Pada tahun 2018, Tabu Moitomo menjadi salah satu menu yang disajikan kepada para atlet yang berlaga pada Asian Games di Jakarta dan Palembang.[3]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Tabu Moitomo merupakan penamaan dalam bahasa Gorontalo yang terdiri dari dua suku kata, Tabu yang berarti kuah dan Moyitomo yang berarti hitam. Secara umum, Tabu Moyitomo berarti masakan kuah hitam atau "gorontalo black beef soup" dalam bahasa inggris.[4]

Nama Lain[sunting | sunting sumber]

Penamaan Tabu Moitomo menjadi jarang di masyarakat Gorontalo karena semakin langka digunakan oleh generasi muda. Generasi sekarang lebih mengenal Tabu Moitomo dengan nama Kuah Bugis.

Kuah Bugis merupakan penamaan Tabu Moitomo oleh masyarakat BugisMakassar yang merantau ke Gorontalo di era 1960-an, karena melihat kemiripan masakan ini dengan sop konro dan pallu basa. Selain itu, masyarakat juga melihat kemiripan masakan ini dengan rawon dari Ponorogo, Jawa Timur.

Pelestarian nama asli[sunting | sunting sumber]

Nama masakan Tabu Moitomo kembali mendapat perhatian Pemerintah Provinsi Gorontalo dan penggiat kuliner Nusantara, Amanda Katili Niode. Nama Tabu Moitomo sebagai masakan khas Gorontalo yang orisinil dan lahir dari masyarakat setempat harus kembali dilestarikan dari generasi ke generasi.[5]

Harapannya agar generasi ke depan kembali mengenal nama asli masakan Gorontalo dan bukan menggunakan nama lain yang populer disematkan oleh para perantau.

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Secara tampilan, Tabu Moitomo merupakan masakan berkuah dengan dominan warna hitam. Warna hitamnya berasal dari bumbu rempah dan kelapa yang disangrai. Oleh karena itu masakan khas masyarakat Gorontalo ini diberi nama Tabu Moitomo atau Kuah Hitam.[6]

Rempah-rempah[sunting | sunting sumber]

Terdapat sekitar 30 jenis bahan rempah-rempah yang digunakan dalam membuat Tabu Moyitomo.[7] Banyak di antara rempah-rempah tersebut yang asli dan hidup di tanah Gorontalo, diantaranya adalah melito (jahe), alawahu (kunyit), linggoboto (lengkuas), timbuwale (serai), lada, kamiri (kemiri), kotumbali (ketumbar), pala, jintan, denggu-denggu (adas), kapulaga, dan ayu molingo (kayu manis).

Bahan rempah yang begitu kaya akhirnya menghasilkan rasa yang khas Gorontalo, gurih dan sedikit pedas dengan cabai rawit secukupnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Semangkuk Tabu Moitomo". Republika Online. 2015-10-25. Diakses tanggal 2023-06-21. 
  2. ^ R, Rahmadi (2022-07-11). "Tabu Moitomo, Kuliner Kaya Rempah yang Disajikan Saat Idul Adha". Mongabay.co.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-21. 
  3. ^ "Indonesia Surga Bahan Makanan Gluten-Free dan Rempah - Negeri Rempah". negerirempah.org. Diakses tanggal 2023-06-21. 
  4. ^ Santy, E. S. (2021). PENGEMBANGAN KULINER KHAS KOTA GORONTALO SEBAGAI MENU FINE DINING (Doctoral dissertation, Poltekpar NHI Bandung).
  5. ^ Katili Niode, Amanda (2023-01-04). Challenging Consumer Culinary Expectations. London: Routledge. hlm. 49–63. ISBN 978-1-003-28253-2. 
  6. ^ redaksi (2018-06-03). "Tabu Moitomo, Masakan Prestise Asal Gorontalo" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-21. 
  7. ^ Nurcaya, Ipak Ayu H. (2015-11-06). "Tabu Moitomo, Makanan Kaya Rempah Khas Gorontalo". Bisnis.com. Diakses tanggal 2023-06-21. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar utama masakan di Indonesia