Opak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Opak
Opak-ketan.jpg
Opak
Informasi
Asal Indonesia
Daerah Masakan Sunda Jawa Barat (daerah Pasundan)
Penyajian dan bahan
Bahan Beras ketan, Gula, Garam, kelapa tua.

Opak adalah [penganan] (snek) kering renyah sejenis dengan kerupuk Khas [Sunda, Jawa Barat]. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap.

Opak Singkong khas Sukabumi

Jenis Opak[sunting | sunting sumber]

  • Opak Ketan adalah opak khas Jampang Kulon, Sukabumi Jawa Barat ini memang terkenal rasanya yang gurih dan renyah, masyarakat disana sendiri sering menyebutnya CD Jampang yang terbuat dari beras ketan, opak ketan sendiri ada 2 jenis yaitu :
    • Opak Ketan Asin
    • Opak Ketan Manis atau orang Sunda Sering menyebutnya dengan sebutan Opak Bereum
  • Opak Singkong atau orang Sunda sendiri menyebutnya Opak Sampeu adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari Singkong yang diparut, lalu dikasih bumbu seperti, Garam, MSG, dan Cabe Merah

Opak dikenal pertama kali didaerah Sunda Jawa Barat, terutama kawasan Priangan. Bahan dasar berupa tepung beras yang telah dibumbui dicampur dengan air sehingga berbentuk adonan lunak. Adonan ini kemudian diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis. Lembaran ini lalu dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah.

Penganan ini dapat dimakan sendiri atau mendampingi menu lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bread and wine.svg
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai