Soto Lamongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Soto Lamongan makanan khas dari Jawa Timur yang sering Anda lihat di pelosok kampung, shopping mall besar , Pujasera, Depot , dan di dalam pasar. Soto adalah makanan rakyat terutama di Surabaya, biasanya orang menyajikan pada waktu siang dan malam hari. Pemasarannya dari kalangan bawah sampai menengah atas, harganya antara Rp.6000,- sampai dengan Rp.18.000,00 tergantung tempat dan lokasinya.

Soto adalah sup (warnanya kuning)

Bahannya terdiri dari: daging ayam, kaki, dan jeroan (hati dan ampela). Bumbunya adalah: kunir, jinten, ketumbar, laos, bawang merah, bawang putih, daun sereh, daun jeruk purut, kemiri, merica, kecap asin, vetsin (sodium glutamate), dan garam. Jangan lupa pula ditambahkan ikan bandeng yang direbus bersama bumbu tersebut sampai hancur (durinya disingkirkan terlebih dahulu).

Pelengkapnya antara lain adalah: sohun, telor, daun seledri, poyah (kerupuk udang dan bawang putih goreng), cabe, kemiri dan garam.

Cara menyajikannya dengan nasi putih.

Di Kecamatan Sukodadi terdapat warung Soto Lamongan yang sangat lezat "Soto Ayam Desa". Tepatnya di pertigaan Sukodadi arah "Wisata Bahari Lamongan", "Makam Sunan Drajat" & "Gua Maharani".

Kalau di Kota Lamongan sendiri ada Warung Soto yang cukup Enak ( di daerah Dapur - Pinggiran Kali Otik ),