Gangan humbut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gangan humbut adalah makanan yang sering disajikan sebagai menu wajib jika ada hajatan/acara perkawinan/upacara kematian.[1] Gangan humbut merupakan sayur tradisional kalimantan yang memiliki cita rasa yang manis. Makanan ini juga merupakan makanan yang biasa dijual pada bulan Ramadan untuk hidangan berbuka puasa.

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

Menggunakan bahan sayur berupa labu dan bahan utamanya batang kelapa muda yang disebut humbut. Diolah dengan ikan gabus atau lebih populer dengan sebutan ikan haruan yang telah dipanggang di atas arang. Gagang humbut biasa dimasak menjadi sayur humbut manis, dan bisa juga dibuat menjadi sambal tuha.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suud, Djoko (9 Februari 2020). "Gangan Humbut, Hidangan Wajib Menjelang Pernikahan Suku Banjar". Indonesiainside.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-14. Diakses tanggal 2 Agustus 2020. 
  2. ^ Hanani (Sabtu, 17 April 2021). "Gangan Humbut Haruan Panggang, Sayur Tradisional Khas HST yang Kaya Rempah". banjarmasin.tribunnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-12. Diakses tanggal 2023-02-12. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]