Wardoyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wardoyo (kelahiran 1933) adalah seorang pakar pertanian Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Pangan dalam Kabinet Pembangunan IV (1983-1988),[1] dan sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Menteri ini diakui sebagai salah seorang yang paling berjasa dalam keberhasilan swasembada pangan yang diraih Indonesia pada tahun 1984.

Wardoyo lahir di desa Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, pada tanggal 20 Agustus 1933. Setamat SMA di Solo (1953), ayahnya menganjurkan agar masuk fakultas kedokteran. Ternyata ia memenangkan bea siswa untuk kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada di Yogyakarta. Sejak itulah pertanian menjadi dunianya. Setelah mendapat gelar sarjana muda, Wardoyo mulai bekerja di Bagian Penyelidikan Gula Tebu Rakyat,Jawatan Pertanian Rakyat di Solo,sambil meneruskan kuliah.Lulus dari UGM tahun 1962.Jabatan pertama yang dipercayakan padanya adalah Kepala Subdinas Pemasaran dan Kredit Tani,Direktorat PertanianRakyat(1968).Terakhir, sebelum menggantikan Achmad Affandi menjadi Menteri Muda, Wardoyo berperan sebagai Asisten Pengendali Bimas(1970-1978).[1]

Program utama yang dicanangkan Wardoyo sejak menjabat Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Pangan adalah pencetakan sawah baru. Untuk pelita IV ia menargetkan pencetakan sawah baru seluas 350 ribu hektar yang disertai pembaruan teknologi yang terus menerus. Swasembada pangan berhasil pada yahun 1984, tetapi pencetakan sawah baru dalam pelita IV ternyata hanya mencapai sekitar 60% dari target. Penyebabnya kata Wardoyo adalah karena pemberian kredit pencetakan sawah kurang lancar.Untuk mengatasi sebagian dari kendala-kendalatersebut, Wardoyo akan melakukan koordinasi dengan menteri Pekerjaan Umum,khususnya dalam mempersiapkan saluran-saluran pengairan yang dikaitkan dengan kondisi sosial ekonomi serta minat masyarakat setempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lumbantoruan, Magdalena (1982). Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis dan Managemen. Jakarta: PT Cita Adi Pustaka. hlm. 462.