Nasrudin Sumintapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nasrudin Sumintapura
[[Menteri Muda Keuangan]] Ke-5
Masa jabatan
23 Maret 1988 – 11 Maret 1993
PresidenSoeharto
PendahuluNotohamiprodjo
PenggantiAnny Ratnawati
Informasi pribadi
Lahir(1938-08-01)1 Agustus 1938
Bendera Belanda Jakarta, DKI Jakarta, Hindia Belanda
Meninggal dunia5 Mei 2011
Bendera Indonesia Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Alma materUniversitas Indonesia

Drs. Nasrudin Sumintapura, M.A. (lahir di Jakarta, DKI Jakarta, 1 Agustus 1938 – meninggal di Jakarta, 5 Mei 2011 pada umur 72 tahun) adalah Menteri Muda Keuangan yang menjabat pada 23 Maret 1988 hingga 11 Maret 1993.

Profil Singkat[sunting | sunting sumber]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Menjalani kehidupan sederhana dalam rumah tangga. Nasrudin Sumintapura menikah dengan putri seorang dokter dan dianugerahi seorang putri.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia masuk FE-UI tahun 1957 Jurusan Ekonomi Perusahaan dan teman sekelas Sekjen Departemen Perhubungan Prof.Dr. Djoenaedi Hadisumarto. Kariernya dimulai ketika ia masih menjadi mahasiswa dan menjadi asisten Drs. Santosa Hersokusumo dalam mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi.

Lulus tahun 1965, ia menjadi staf pengajar. Beberapa tahun kemudian Nasrudin berangkat ke Amerika Serikat dan memperoleh gelar MA dari Universitas Wisconsin tahun 1971.

Ditunjuk sebagai Menteri Muda Keuangan[sunting | sunting sumber]

Rekan-rekannya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia benar-benar tidak menduga. Sebab pekan lalu mereka masih berbicara tentang kemungkinan pengangkatannya sebagai salah satu Deputi Bappenas. Tetapi nyatanya, Drs. Nasrudin Sumintapura, M.A. diangkat menjadi Menteri Muda Keuangan dalam Kabinet Pembangunan V, suatu jabatan wakil menteri departemen yang belum pernah ada dalam kabinet pembangunan sebelumnya.

Staf pengajar FE-UI yang juga Asisten Menko Ekuin & Wasbang ini dikenal para rekannya sebagai seorang manajer yang tegas, keras, dan sulit dibohongi. Seorang good administrator yang lebih getting things done daripada pemikir atau konseptor.

Nasrudin dianggap berhasil ketika menjadi Kepala Lembaga Manajemen FE-UI (1984-1987) sehingga mencapai perkembangan seperti saat itu. Dalam waktu yang sama, ia juga merangkap jabatan sebagai Asisten Menko Ekuin & Wasbang Bidang Prasarana dan Jasa. Pada jabatan inipun dia disegani karena ketegasannya. "Jangan coba-coba membohongi dia dan jangan melanggar aturan. Dia akan kejar terus." kata seorang rekan yang pernah bekerja sama.

Salag satu hal yang dianggap sebagai "jasanya" paling belakangan adalah ketika Nasrudin membantu Menko Ekuin Ali Wardhana dan Menpan Saleh Afiff ketika menyusun paket deregulasi pada 24 Desember 1987.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kompas, Edisi Selasa, 22 Maret 1988.
Jabatan politik
Didahului oleh:
Notohamiprodjo
Menteri Muda Keuangan Indonesia
1988-1993
Diteruskan oleh:
Anny Ratnawati