Bernardus Sugiarta Muljana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bernardus Sugiharta Muljana
[[Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional/Wakil Ketua BAPPENAS]] 1
Masa jabatan
23 Maret 1988 – 11 Maret 1993
PresidenSoeharto
Pendahulutidak ada, jabatan baru
PenggantiLukita Dinarsyah Tuwo
Informasi pribadi
Lahir(1931-03-03)3 Maret 1931
Bendera Belanda Yogyakarta, DI Yogyakarta, Hindia Belanda
Meninggal dunia15 September 2014
Bendera Indonesia Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Alma materUniversitas Indonesia

Prof. DR Bernardus Sugiharta Muljana (lahir di Yogyakarta, 3 Maret 1931 – meninggal di Jakarta, 15 September 2014 pada umur 83 tahun) adalah Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional yang menjabat pada 23 Maret 1988 hingga 11 Maret 1993.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan terakhir Bernardus Sugiarta Muljana adalah di bidang pertanian, yaitu agricultural economics. Sebelumnya adalah sarjana ekonomi lulusan Universitas Indonesia pada tahun 1959 yang dilanjutkan dengan pendidikan lanjutan di Department of Economics and Political Science, McGill University, Montreal, Kanada. Gelar Ph.D. berhasil diraihnya dari Iowa State University di Ames, Amerika Serikat, tahun 1971 dengan disertasi berjudul "The Role of Agricultural Export in Indonesia's Economic Development".

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Bernardus yang panggilannya Benny, menikah dengan Dra. M.I. Suprapti Soekarto tahun 1963, dan dikaruniai satu putra, Abram Muljana, dan satu putri, Miriam Wiwied Muljana, yang semuanya dilahirkan di Ames, Iowa, Amerika Serikat.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional[sunting | sunting sumber]

Jabatan beliau sebelumnya adalah Deputi Ketua Bappenas Bidang Pengendalian Pelaksanaan serta Sekretaris I Tim Pendayagunaan Proyek-proyek Pembangunan dengan Dana Luar Negeri. Sedang jabatan yang pernah dipegang sebelumnya adalah Tenaga Perbantuan pada Biro Pertanian dan Perkebunan di Bappenas. Ia juga pernah sebagai Kepala Biro Pemasaran Koperasi Bappenas. Pernah juga menjabat sebagai Asisten Menko Ekuin/Ketua Bappenas.

Ditunjuk sebagai Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional[sunting | sunting sumber]

Saat ia diumumkan oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional. Banyak wartawan yang datang ke rumahnya pada hari Senin, 21 Maret 1988 malam setelah pengumuman tersebut, kebetulan beliau sedang ke luar kota. Sementara istrinya tidak bersedia keluar menemui wartawan, alasannya karena telepon terus berdering memberikan ucapan selamat.

Wafat[sunting | sunting sumber]

B.S. Muljana menghembuskan nafas terakhir dalam usia 83 tahun pada hari Senin, 15 September 2014, pukul 08.00 WIB di Rumah Sakit Saint Carolus Jakarta karena sakit. Jenazah dimakamkan di TPU San Diego Hills setelah terlebih dahulu dilakukan upacara Misa Arwah di Gereja Katedral Jakarta yang dipimpin Pastor Padmaseputra SJ dan Soebagio Pr.[1]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Malau, Srihandriatmo (18 September 2014). "Mantan Menteri yang Kembali ke Kampus dan Berbaur dengan Mahasiswa". tribunnews.com. Diakses tanggal 9 Agustus 2018. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kompas, Edisi Selasa, 22 Maret 1988.
Jabatan politik
Didahului oleh:
tidak ada, jabatan baru
Menteri Muda Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia
1988-1993
Diteruskan oleh:
Lukita Dinarsyah Tuwo