Justika Baharsjah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Justika Baharsjah
Justika B dalam Menteri Perempuan dalam Kabinet Pembangunan VII (cropped).jpeg
Justika Baharsjah pada saat pelantikan sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Pembangunan VII (1998)
Menteri Sosial Indonesia ke-24
Masa jabatan
21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999
PresidenB. J. Habibie
PendahuluSiti Hardijanti Rukmana
PenggantiBachtiar Chamsyah
Menteri Pertanian Indonesia ke-21
Masa jabatan
14 Maret 1998 – 21 Mei 1998
PresidenSoeharto
PendahuluSjarifuddin Baharsjah
PenggantiSoleh Solahudin
Informasi pribadi
Lahir7 Mei 1937 (umur 84)
Bendera Belanda Cianjur, Jawa Barat, Hindia Belanda
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
Suami/istriSjarifuddin Baharsjah
AnakGita Indah Sari
Antin
AlmamaterInstitut Pertanian Bogor
PekerjaanPengajar

Prof. Dr. Hj. Justika Baharsjah (lahir 7 Mei 1937) adalah seorang aktivis, pengajar dan mantan menteri Indonesia. Ia pernah menjabat Menteri Pertanian pada Kabinet Pembangunan VII[1] dan Menteri Sosial pada Kabinet Reformasi Pembangunan[2] Justika juga dikenal sebagai seorang akademisi yang mengajar di Institut Pertanian Bogor.[1] Sebagai seorang aktivis, Justika aktif di beberapa organisasi, di antaranya sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Meteorologis Pertanian serta Independent Chairman (Ketua Badan Pengawas) di Food and Agriculture Organisation (FAO).

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Justika lahir di Cianjur pada tanggal 7 Mei 1937. Ayahhnya, Rd. H. Ubuh Wiranegara adalah seorang pemuka masyrakat Cianjur dan Ketua perintis Kemerdekaan Cianjur. Ibunya Rd. Hj. Aisjah berdarah campuran karena ayahnya adalah seorang saudagar dari Kabupaten Kudus, yang menikah dengan ibunya yang merupakan seorang mojang Cianjur. Ia dibesarkan di Cianjur hingga lulus dari SMP Negeri Cianjur, lalu pindah ke Bogor ketika ia diterima menjadi siswa SMA Negeri Bogor (Sekarang SMAN 1 Bogor) bagian B (Sekarang IPA). Selama bersekolah di Bogor. Justika dititipkan oleh orangtuanya pada keluarga adik ibunya di daerah Sukasari.

Justika lulus dari SMA Bogor pada tahun 1956, kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Pertanian UI di Bogor (Sekarang IPB) melalui jalur tanpa tes. Setelah lulus dan mendapatkan gelar Ir. Pertanian pada tahun 1962, Justika memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi pada program S2 di University of Kentucky, Lexington, USA.

Selanjutnya walau telah diterima untuk melanjutkan studi S3 di Cornell University, Justika terpaksa harus pulang ke Indonesia pada tahun 1964 ketika ia dipanggil Rektor IPB saat itu, Prof. Kampto Utomo, untuk membantu upaya konsolidasi IPB yang saat itu baru dipisahkan dari UI.

Pada akhir tahun 1969, ia menyertai suaminya bapak Sjarifuddin Baharsjah melanjutkan studi di North Carolina State University, di mana ia mengambil beberapa mata kuliah agronomi dan ekologi. Sekembalinya di Indonesia, Justika melanjutkan studinya di Fakultas Pasca Sarjana IPA, dan pada tahun 1980 meraih gelar Doktor Ilmu Pertanian. Tak sampai setahun, ia berangkat lagi ke Inggris untuk mendalami bidang Agrometeorologi di University of Reading

Beliau selama 15 tahun dipercaya sebagai koordinator program Bimbingan dan Konseling Mahasiswa IPB. Beliau juga pernah menjabat koordinator Kerjasama IPB-Australia (IPB-UNE) dari tahun 1986 hingga 1991. Pada tahun 1991 hingga 1997, ia menjadi Dekan "Luar Biasa" Fakultas Pertanian Universitas Mercu Buana Jakarta, sebelum fakultas tersebut ditutup.

Pada tahun 1994, beliau menjadi Guru Besar Pertanian IPB, dan menjadi anggota Senat Guru bBsar IPB untuk periode 1994-2002.

Pada tanggal 14 Maret 1998, Justika dilantik sebagai Menteri Pertanian menggantikan suaminya. Namun, tumbangnya Orde Baru membuat jabatannya hanya berlangsung selama dua bulan. Pada Kabinet Reformasi Pembangunan, Ia dipilih menjadi Menteri Sosial.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Justika Baharsjah lahir pada 7 Mei 1937 di Cianjur, Jawa Barat. Ia menikah pada tahun 1962 dengan Sjarifuddin Baharsjah, yang juga mantan Menteri Pertanian Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI. Pernikahan mereka telah dikaruniai dua orang anak, yakni Gita Indah Sari dan Antin.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

  • Menteri Sosial
  • Menteri Pertanian
  • Guru Besar Institut Pertanian Bogor
  • Dekan "Luar Biasa" Fakultas Pertanian Universitas Mercu Buana Jakarta (1991-1997)

Organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Ketua Umum Perhimpunan Ahli Meteorologis Pertanian
  • Anggota Perhimpunan Ahli Agronomi Indonesia
  • Ketua Umum Yayasan PADI
  • Pengurus Yayasan Stroke Indonesia
  • Independent Chairman (Ketua Badan Pengawas) di Food and Agriculture Organisation

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Detail Biodata Pejabat Menteri" Diarsipkan 2014-12-14 di Wayback Machine. Kepustakaan Presiden. Diakses 22-11-2014.
  2. ^ "Thousands of infants suffer" The Jakarta Post, 27-08-1999. Diakses 22-11-2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Siti Hardijanti Rukmana
Menteri Sosial Indonesia
1998–1999
Jabatan lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Bachtiar Chamsyah
Didahului oleh:
Sjarifuddin Baharsjah
Menteri Pertanian Indonesia
1998
Diteruskan oleh:
Soleh Solahudin