STKIP Muhammadiyah Kotabumi-Lampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
STKIP Muhammadiyah
Kotabumi
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan9 Maret 1975
AfiliasiIslam
KetuaDrs. Irawan Suprapto, M.Pd. (2001-2010)
Dra. Hj. Masitoh, M.Pd. (2010-2014)
Dr. Sumarno, M.Pd. (2014)
Staf akademik
23 orang
Alamat
Jalan Hasan Kepala Ratu nomor 1052, KM 3, Sindangsari
Situs webwww.stkipmktb.ac.id

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi-Lampung adalah sebuah sekolah tinggi dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang berada di Jalan Hasan Kepala Ratu nomor 1052, KM 3 Sindangsari Kecamatan Kotabumi 34517, Lampung. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah (secara keseluruhan terdapat lebih dari 155 Perguruan Tinggi Muhammadiyah).

Perubahan Bentuk Menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi[sunting | sunting sumber]

Setelah dikeluarkannya Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 477/KPT/I/2019 tanggal 17 Juni 2019. Kini, STKIP Muhammadiyah Kotabumi-Lampung berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO). Universitas Muhammadiyah Kotabumi merupakan hasil penggabungan STKIP dan STIH Muhammadiyah Kotabumi. Informasi terkait perubahan ini dapat dilihat melalui laman resmi UMKO (https://www.umko.ac.id/)

Deskripsi Umum[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kotabumi Lampung selanjutnya disingkat STKIPM Kotabumi Lampung secara resmi berdiri pada tanggal 9 Maret 1975 sebagaimana tertuang dalam SK Mapendapwil Muhammadiyah Provinsi Lampung Nomor E.2/187/1975 dan dikukuhkan dengan Surat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang tertuang dalam Piagam Pendirian Perguruan Tinggi Nomor 023/III.I.P.75 /1979 tanggal 19 September 1979, waktu itu namanya STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan) Muhammadiyah. Izin operasional STIP Muhammadiyah Kotabumi-Lampung Nomor 07/S/1982, tanggal 21 April 1982, diperoleh setelah diadakan evaluasi oleh Kopertis Wilayah II 19—20 Februari 1982.

Perubahan nama STIP menjadi STKIP Muhammadiyah Kotabumi Lampung dan peningkatan status terdaftar sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 077/O/1985 untuk Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Jenjang Pendidikan Strata Satu. Pada tahun 1990 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Strata Satu dan Pendidikan Bahasa Inggris Jenjang Diploma Tiga berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 0340/1990, tanggal 4 Mei 1990 dengan status Terdaftar.

Sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan,STKIP Muhammadiyah Kotabumi-Lampung memiliki tujuan pendidikan sebagaimana yang telah dinyatakan dalam Statuta STKIPM Kotabumi 2001, yaitu:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional, dan bermoral menuju terwujudnya masyarakat utama, adil, dan makmur yang diridhoi Allah Swt.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi, dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Berdasarkan Penilaian Tim Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas pada tahun 2000 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dinyatakan “Terakreditasi” nomor 02674/SK-I-III-002/SKLPS/VI/2000. tertanggal 23 Juni 2000. Sesuai dengan kebijakan pemerintah, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (D.III) pada tahun 1997 dinyatakan passing out. Sebagai gantinya diusulkan dan pada tahun 1998 dibuka Program Studi Bimbingan Konseling (S.1) sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 281/Dikti/Kep/1998, tanggal 14 Agustus 1998.

Untuk mewadahi alumni D.III Pendidikan Bahasa Inggris, guru-guru bahasa Inggris yang belum berkualifikasi sarjana, dan lulusan SLTA yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang S.1 pada Tahun Akademik 2004/2005 dibuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Strata satu). Sampai dengan tahun 2003 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris telah memiliki staf pengajar dengan kualifikasi Strata tiga (S.3) satu orang, dan Strata dua (S.2) sebelas orang dengan jenjang jabatan akademik satu lektor kepala dan sepuluh orang lektor. Selain itu secara bertahap telah dilakukan penataran dan pengembangan dalam berbagai bidang dalam upaya ke arah persiapan pembukaan program studi Pendidikan Matematika dan Komputasi serta Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Kini di STKIPM Kotabumi Lampung memiliki program studi strata satu: Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika

Radio Komunitas dan Penyedia Layanan Internet[sunting | sunting sumber]

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kotabumi meluncurkan pengoperasian Stasiun Radio Melati FM dan internet Nusanet di Jalan Sindangsari Kotabumi, Rabu 10 April 2007. Stasiun radio siaran peruntukan komunitas bidang pendidikan. Peluncuran radio komunitas dan internet (ISP Nusanet) dihadiri Wakil Bupati Lampung Utara H. Zainal Abidin, civitas perguruan tinggi, serta para undangan lain.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kotabumi, Drs. Irawan Suprapto, M.Pd., mengatakan peluncuran kedua jenis sarana (radio dan internet) dibarengi acara Seminar Sehari bertajuk Sertifikasi Guru dan Dosen, merupakan upaya maksimalisasi penyediaan sarana informasi dan komunikasi khususnya kepada mahasiswa, dosen dan pegawai, serta masyarakat pada umumnya. Juga merupakan realisasi misi STKIPM, yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Manfaat lain dari keberadaan fasilitas tersebut, tidak saja berguna para mahasiswa, tapi juga untuk masyarakat luas, pemerintah dan semua pihak yang memerlukan.

Wabup Zainal Abidin mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan STKIPM merupakan salah satu andil yang besar bagi pembangunan pendidikan di daerah Lampung Utara. Terkait bidang kepenyiaran di radio, Wabup meingimbau penyiar menggunakan bahasa yang komunikatif, mudah dicerna masyarakat luas. Demikian juga dengan penggunaan internet untuk mencari dan memenuhi informasi yang bermanfaat dalam pembelajaran, jangan disalahgunakan. Para pendidik diharapkan terus berupaya meningkatkan kualitas profesinya, sehingga para mahasiswa yang kelak dihasilkan akan menjadi SDM yang berkualitas.

Mulai Agustus 2009, Melati FM berubah menjadi Basuma FM Bahana Surya Melati.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]