Air Terjun Suroloyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Suroloyo
Air Terjun Suroloyo.JPG
Air Terjun Suroloyo
Air Terjun Suroloyo berlokasi di Indonesia
Air Terjun Suroloyo
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara
Negara  Indonesia
Koordinat 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86Koordinat: 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86
Jenis objek wisata Air terjun

Air Terjun Suroloyo adalah air terjun yang terletak di Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara 36 km dari pusat kota Jepara. Air terjun Suroloyo yang tingginya ±10 meter tersebut sangat asri[1] wilayahnya masih sangat asri karena jarang terjamah manusia, bahkan masyarakat Jepara tidak mengetahui adanya air terjun di Desa Bungu, hanya masyarakat Desa Bungu saja yang mengetahui letak air terjun ini.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air terjun Suroloyo[2] berada di Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara 36 km dari pusat kota Jepara. Untuk mencapai Air Terjun Suroloyo dapat ditempuh dengan cara jalan kaki, karena lokasinya yang masih asri, jika menggunakan motor atau mobil harus diparkir di pemukiman penduduk Desa Bungu. Rute untuk mencapai air terjun ini agak susah dan aksesnya pun tidak begitu banyak. Rute[3] bisa melalui desa Pancur atau melaui desa Datar – desa Bandung - desa Pule. Kalau kita melalui perempatan lampu lalu lintas Mayong menuju ke utara terus. Sampai pertigaan yang dekat Puskesmas Pembantu Mayong di Pancur ambil lurus, setelah itu ada pertigaan lagi ambil yang belok ke kanan, tujuan kearah Sreni Indah. Sampai disana harus bertanya untuk lokasinya terhadap masyarakat sekitar supaya tidak tersesat, karena air terjun tersebut sangat tersembunyi.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Suroloyo sangat indah dan asri namun masalahnya hanya saja akses jalan untuk mengunjungi desa tersebut masih sangat susah sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah daerah dan warga sekitar untuk pengelolaannya. Untuk kondisi air terjunnya sendiri cukup indah walaupun memang ada sampah-sampah alam seperti ranting dan dedaunan kering yang jatuh sehingga perlu adanya pengelolaan lebih lanjut agar keindahan daerah tersebut dapat lebih baik lagi.

Larangan[sunting | sunting sumber]

Warga Desa Bungu meminta pengunjung yang berwisata ke Air Terjun Suroloyo dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dan corat coret sembarangan. Karena Air Terjun tersbut merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga masyarakat Desa Bungu.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]