Air Terjun Kedung Pancur Telu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Kedung Pancur Telu
Air Terjun Kedung Pancur Telu.JPG
Air Terjun Kedung Pancur Telu
Air Terjun Kedung Pancur Telu berlokasi di Indonesia
Air Terjun Kedung Pancur Telu
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Damarwulan, Keling, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.
Negara  Indonesia
Koordinat 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86Koordinat: 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86
Jenis objek wisata Air terjun
Gaya Alami

Air Terjun Kedung Pancur Telu atau dikenal juga dengan nama Kedung Blorong Pancur Telu[1] adalah objek wisata alam[2] air terjun yang terletak di Desa Daamarwulan, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian ± 4 meter dan kedalaman telaganya ± 1 meter. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari bermain air seperti berendam atau mungkin berenang. Selain sebagai tempat wisata, Air Terjun Kedung Pancur Telu juga difungsikan sebagai sumber mata air yang memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat. Kedung Blorong Pancur Telu merupakan salah[3] satu[4] tempat wisata di Desa Damarwulan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Kedung Pancur Telu air terjun yang terletak di Desa Damarwulan, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. tepatnya di dukuh ngipik, Untuk menuju tempat ini tidak ekstrem tetapi cenderung sangat mudah ditempuh dengan jalan kaki tanpa banyak menanjak, Tetapi Karena belum cukup terkenal sehingga sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Kedung Pancur Telu sangat indah dan asri namun masalahnya hanya saja akses jalan untuk mengunjungi desa tersebut masih sangat susah sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah daerah dan warga sekitar untuk pengelolaannya. Untuk kondisi air terjunnya sendiri sangat indah, Tetapi Air Terjun Kedung Pancur Telu perlu pengelolaan lebih lanjut agar keindahan daerah tersebut dapat lebih baik lagi.

Larangan[sunting | sunting sumber]

Warga Desa Damarwulan melarang pengunjung mengotori seperti membuang sampah sembarangan dan corat coret sembarangan. Karena tempat ini tersebut merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga masyarakat Desa Damarwulan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]