Gebyar Ki Aji Tunggal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gebyar Ki Aji Tunggal
[[Berkas:|220px]]
Informasi
Skala
Pendiri/penggagas
Berdiri-
PenyelenggaraDesa Karangaji, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara
Jenis acaraPenyambutan bulan Ramadhan
Rute/lokasiJalan desa
PesertaMasyarakat desa setempat
Website-

Gebyar Ki Aji Tunggal atau Perarakan Ki Aji Tunggal adalah tradisi perarakan (karnaval) masyarakat Desa Karangaji, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara yang diselenggarakan dalam rangka penyambutan bulan Ramadhan. Gebyar Ki Aji Tunggal rutin di gelar tiap bulan Sya'ban dalam kalender Hijriyah atau bulan Ruwah dalam kalender Jawa.

Acara[sunting | sunting sumber]

Gebyar Ki Aji Tunggal[1] diselenggarakan setiap tahun sekali yang berbarengan dengan kegiatan tutup tahun pelajaran Madrasah dan juga menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Acara yang dikemas dalam karnaval itu menampilkan berbagai macam ragam dan gambaran realita kehidupan saat ini. Acara ini sebagai perwujudan kekompakan dan persatuan warga desa Karangaji, dengan adanya acara ini di harapkan kehidupan warga Karangaji selalu aman, tertib, dan lancar. Kini Gebyar Ki Aji Tunggal telah menjadi salah satu tradisi menyambut bulan Ramadhan terkenal[2] di Indonesia.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Selain bertujuan untuk syiar, kegiatan Gebyar Ki Aji Tunggal[3] ini juga untuk mengingatkan masyarkarat desa Karangaji agar melakukan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, di antaranya menjaga diri dari maksiat dan meningkatkan amalan ibadah. Karnaval ini juga bertujuan sebagai ajang silaturahim dan ungkapan rasa syukur atas jasa pendahulu (Ki Aji Tunggal) yang mampu memberikan nilai-nilai kehidupan.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]