Air Terjun Grinjingan Dowo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Grinjingan Dowo
Air Terjun Grinjingan Dowo di Dudakawu.jpg
Air Terjun Grinjingan Dowo
Air Terjun Grinjingan Dowo berlokasi di Indonesia
Air Terjun Grinjingan Dowo
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Dudakawu, Kembang, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.
Negara  Indonesia
Koordinat 6°36′04″LS 110°50′55″BT / 6,601°LS 110,8485°BT / -6.6010; 110.8485Koordinat: 6°36′04″LS 110°50′55″BT / 6,601°LS 110,8485°BT / -6.6010; 110.8485
Jenis objek wisata Air Terjun
Gaya Alami


Air Terjun Grinjingan Dowo

Air Terjun Grinjingan Dowo adalah air terjun yang terletak[1] di Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara 36 km dari pusat kota Jepara. Air terjun Grinjingan Dowo yang wilayahnya masih sangat asri karena jarang terjamah manusia, bahkan masyarakat Jepara tidak mengetahui adanya air terjun di Desa Dudakawu, hanya masyarakat Desa Dudakawu saja yang mengetahui letak air terjun ini.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Grinjingan Dowo[2] merupakan salah satu air terjun di desa Dudakawu[3], di Dukuh Nggerot tepat di sebelah Dukuh Ngelarangan dan Dukuh Krajan. Desa Dudakawu termasuk ke dalam Kecamatan Kembang. Salah satu kecamatan yang dikenal sebagai kecamatan yang banyak memiliki objek wisata.

Akomodasi di sekitar Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pengunjung dari kota Jepara, dapat beristirahat terlebih dahulu di Desa Dudakawu, tepatnya di Dukuh Nggerot. Anda dapat menyantap makanan khas Jepara di daerah tersebut. Selain itu pengunjung juga bisa berkemah di lingkungan air terjun untuk bermalam. Karena di daerah Dudakawu tidak terdapat homestay apalagi penginapan. Jika pengunjung ingin menginap di hotel, dapat menginap di Kecamatan Kembang. Harga yang ditawarkan berkisar antara 100.000 rupiah hingga 200.000 rupiah.

Suasana dan panorama[sunting | sunting sumber]

Lingkungan yang jarang dikunjungi membuat daerah Air Terjun Grinjingan Dowo dangat asri dan sejuk. Air yang jernih akan menambah kesan sejuk dan damai. Suara air yang jatuh membuat suasana yang dapat menghilangkan kepenatan sehari-hari.

Akses menuju lokasi[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju air terjun Grinjingan Dowo harus ekstra hati hati saat mengunjungi daerah objek wisata Air Terjun Grinjingan Dowo karena jalur yang akan anda lalui sangat berbahaya dan terjal. Tidak dikenalnya air terjun ini membuat pemerintah masih belum yakin untuk membuat jalur ke air terjun. Jadi selamat berwisata dan berhati–hatilah.

Harapan Warga[sunting | sunting sumber]

Warga Desa Dudakawu meminta pengunjung yang berwisata ke Air Terjun Grinjingan Dowo dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dan corat coret sembarangan. Karena Air Terjun tersbut merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga masyarakat desa setempat.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]