Air Terjun Seberuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Seberuk
Air Terjun Seberuk berlokasi di Indonesia
Air Terjun Seberuk
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara.
Negara  Indonesia
Koordinat 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86Koordinat: 6°32′10″LS 110°51′36″BT / 6,536°LS 110,86°BT / -6.536; 110.86
Pengelola Pemdes Batealit
Jenis objek wisata Air terjun

Air Terjun Seberuk atau Air Terjun Tuploso[1] adalah air terjun yang terletak di Dukuh Tuploso Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Air terjun Seberuk suasananya masih sangat alami dikarenakan letaknya di dalam hutan.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Seberuk berada di Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Banyak orang yang salah menyebut air terjun[2] ini dengan nama Air Terjun Sejeruk, padahal nama asli air terjun ini adalah Air Terjun Seberuk. Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Seberuk, dikarenakan air terjun ini terletak di daerah hutan belantara yang nama hutanya adalah Alas Seberuk. Oleh karena letaknya di Alas Seberuk maka nama air terjun tersebut Air Terjun Seberuk. Air Terjun ini selain disebut Air terjun Seberuk, air terjun ini juga di sebut dengan nama Air Terjun Tuploso. Air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Tuploso karena air terjunnya terletak di daerah Dukuh Tuploso.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Menurut "mbah-mbah" salah satu pemilik rumah terakhir sih sebenarnya nama air terjun ini adalah Tuploso, bahkan ironisnya Beliau malah tak tahu kalau ada air terjun bernama Seberuk di daerah tersebut. Tapi, karena sudah terlanjur menyebar ke publik air terjun tersebut bernama Seberuk. Air Terjun ini berlokasi di Desa Batealit, satu kawasan sama Air Terjun Sumenep. Setelah sampai di parkiran rumah terakhir, perjalanan masih sama seperti menuju Air Terjun Sumenep, namun bila bertemu saluran irigasi (tembok cor) seperti parit, sebelum hutan pinus, traveller ambil yang ke kanan mengikuti parit tersebut. Sedang bila menuju air terjun Sumenep itu yang lurus. Ikuti saluran irigasi tersebut sampai bertemu aliran sungai (bendungan jebol). Dari situ ada dua aliran sungai, ambil arah yang serong kanan yang ada air terjun mininya. Mulai dari sini perjalanan akan di suguhkan oleh tantangan menyusuri sungai, tebing, hutan belantara, dan air terjun mini (± 4 meter). Ikuti saja aliran sungai atau pinggiran sungai apabila jalur sungai tidak memungkinkan untuk dilewati. Diwajibkan untuk sangat waspada, hati-hati, dan fokus, karena berkali-kali akan melewati tebing dengan medan satu pijakan seukuran kaki pas, dengan jurang curam dan dalam. Bila sudah bertemu hutan bambu, berarti lokasi sudah dekat, ikuti saja aliran sungai dengan menyisir hutan bambu tersebut, sebentar lagi maka kelihatan itu air terjun Kembar Seberuk.


Masalah[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Seberuk sangat indah dan asri namun masalahnya hanya saja akses jalan untuk mengunjungi desa tersebut masih sangat susah sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah daerah dan warga sekitar untuk pengelolaannya. Untuk kondisi air terjunnya sendiri cukup indah walaupun memang ada sampah-sampah alam seperti ranting dan dedaunan kering yang jatuh sehingga perlu adanya pengelolaan lebih lanjut agar keindahan daerah tersebut dapat lebih baik lagi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]