Bongpes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bongpes
Bongpes berlokasi di Indonesia
Bongpes
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara
Negara  Indonesia
Koordinat 6°07′36″S 110°24′00″E / 6.1268°S 110.400°E / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″S 110°24′00″E / 6.1268°S 110.400°E / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemkab Jepara
Dibuat oleh Pemkab Jepara
Jenis objek wisata Air
Gaya Taman Bendungan
Fasilitas  • Bendungan Karet

Bongpes atau Bendung Karet Welahan Bum[1] merupakan objek wisata yang terletak di Desa Gerdu, kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara atau sekitar empat kilometer dari pusat kecamatan Pecangaan. Bendungan ini diresmikan oleh Mbak Tutut- panggilan akrab Siti Hardijanti Rukmana (putri mendiang Soeharto) pada 1995 silam. Keberadaan bendungan ini setidaknya telah memikat masyarakat untuk datang mengunjungi tempat ini.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Bendung Karet[2] ini cukup unik karena bisa mengembang dan mengempis dengan sendirinya. Mengembang saat tekanan air semakin banyak atau saat musim penghujan tiba, semantara itu akan mengempis ketika air berkurang atau kemarau panjang datang[1]. Oleh masyarakat sekitar namanya kian populer dengan bongpes, karena bendungan karet yang bisa mengembung dan mengempes dalam Bahasa Jawa disebut ngembong dan ngempes di singkat menjadi Bongpes.

Pengunjung[sunting | sunting sumber]

Setiap hari libur Bongpes ramai di kunjungi para wisatawan tidak hanya dari wilayan Kecamatan Pecangaan saja, tetapi dari luar Pecangaan juga banyak yang mengisi liburan dengan berwisata di Bongpes. Kebanyakan yang berkunjung ke Bongpes adalah dari kalangan anak kecil, pemuda, hingga orang tua yang datang bersama keluarganya. Terkadang ada pula pengunjung membawa tikar dan makan bersama kekasih ataupun bersama keluarga dengan beralaskan tikar. Kedatangan mereka pun dengan menggunakan alat transportasi berbeda-beda mulai sepeda onthel, sepeda motor hingga mobil. Ada yang bertujuan untuk melepaskan lelah setelah seminggu beraktivitas, mengajak teman kencannya hingga agenda rutin mingguan bersama keluarga. Begitulah kiranya, tujuan mereka.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]