Telaga Sejuta Akar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Telaga Sejuta Akar
Sunrise di Telaga Sejuta Akar.JPG
Sunrise di Telaga Sejuta Akar
Telaga Sejuta Akar berlokasi di Indonesia
Telaga Sejuta Akar
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara
Negara  Indonesia
Koordinat 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemkab Jepara
Dibuat oleh Pemkab Jepara
Jenis objek wisata Wisata telaga
Gaya alami (perawan)
Fasilitas  • Telaga
 • Hutan
Telaga Sejuta Akar
Telaga Sejuta Akar

Telaga Sejuta Akar adalah telaga yang terletak di Bondo, Bangsri, Jepara. Telaga yang berjarak 25 km dari pusat Kota Jepara dan baru dibuka pada tahun 2009 ini dikelilingi oleh pohon-pohon karet yang berjarak 25 km dari pusat kota Jepara.[1]

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Pemandangan utama disini berupa puluhan pohon karet dan mata air yang menyerupai telaga.[2] Telaga yang menjadi objek wisata ini dikelilingi oleh pohon karet sepanjang 25 KM! yang berjarak dari ke pusat kota Jepara. Pohon-pohon tersebut kesemua nya berukuran besar, dan mudah dipanjat tak heran jika banyak pengunjung yang memanjat pohon ini kemudian bersantai di dahan pohon yang cukup lebar dan sangat kuat.

Banyak pengunjung[3] yang berkomentar tentang objek wisata telaga sejuta akar jepara ini, kebanyakan mereka mengatakan bahwa berwisata ke Telaga Sejuta Akar di Jepara ini akan mampu melepas kepenatan kita, karena disana kita akan melihat pemandangan alam yang sangat asri, suasana yang sejuk, angin yang tanpa polusi berhembus sepoi-sepoi, pohon-pohon karet juga telaga yang sangat mengindahkan mata. Tak heran jika banyak yang merekomendasikan tempat ini sebagai tempat untuk melepas kepenatan.

Disini juga ada hiburan berupa Outbond, sayangnya outbond tersebut hanya akan dibuka pada hari hari tertentu saja alias tidak setiap hari. Nah, jika anda berkunjung kesana pada hari libur atau minggu.

Perencanaan[sunting | sunting sumber]

Pohon Jacaranda
Pohon Flamboyan
Pohon Tabebuya

Pemdes Bondo ingin bekerjasama dengan Pemkab Jepara untuk:

  • Membangun LOKET yg menjual tiket masuk Telaga Sejuta Akar
  • Memasang MAINAN ANAK seperti Perosotan, Jungkitan, dan Ayunan
  • Membangun area PARKIR yang nyaman untuk sepeda motor dan mobil
  • Membuat TAMAN bunga di area Telaga Sejuta Akar
  • Membangun GERBANG MASUK berbentuk gapura khas jawa yaitu Candi bentar
  • Memasang LAMPU Taman, BANGKU Taman, dan GAZEBO di sekitar Telaga Sejuta Akar

Butuh Perhatian[sunting | sunting sumber]

Telaga Sejuta Akar yang sering dikunjungi[4] oleh warga Bangsri, Kembang, Mlonggo dan sekitarnya ini tentunya butuh perhatian agar semakin berkembang. Entah sebab apa, Meski belum dikembangkan area ini terkadang cukup ramai dikunjungi, apalagi pasca dikembangkan nantinya. Sehingga, dalam hal ini pemerintah kabupaten Jepara bersama pemerintah desa Bangsri harus segera mengembangkan potensi yang telah ada.

Di kawasan Telaga ini masih terlihat tidak tertata baik sebab belum adanya penataan secara serius, seharusnya ditata layaknya taman pohon yang indah. Langkah yang tepat perlunya ditanami pepohonan yang berdaun warna selain hijau misalnya merah atau kuning. Tapi alangkah baiknya jika ditanami pohon tak sekadar untuk penghijauan dan berteduh, tetapi pohon tersebut juga memiliki keindahan seperti Pohon Jacaranda atau Pohon Flamboyan yang daunnya memiliki warna yang indah atau Pohon Bungur dan Pohon Tabebuya yang memiliki bunga indah. Serta menanam rumput Jepang atau rumput hias, dan menanam berbagai bunga warna warni. Membangun Gapura khas Jawa dengan menggunakan batu bata. Ditambah, mendirikan gazebo-gazebo dengan atap wuwungan khas Rumah adat Jepara sehingga ketika warga berkunjung dapat dimanfaatkan untuk tempat berteduh.

Referensi[sunting | sunting sumber]