Kedung Plumpang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kedung Plumpang
Kedung Plumpang di Jepara.jpeg
Panorama Kedung Plumpang
Kedung Plumpang berlokasi di Indonesia
Kedung Plumpang
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara
Negara  Indonesia
Koordinat 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemdes Tanjung
Jenis objek wisata Air
Gaya Sungai
Berenang di Kedung Plumpang
Berkemah di Kedung Plumpang

Kedung Plumpang merupakan cekungan[1] sungai yang cukup luas dan dalam, Kedung Plumpang memiliki panorama alam yang masih perawan karena asri dan alami. Terletak di Dukuh Jabung Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, membuat kedung yang berada di daerah aliran sungai (DAS), di kaki bukit pegunungan Sapta Rengga Gunung Muria ini, layak dikunjungi.

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Menuju Kedung Plumpang, dari pusat Kota Jepara dapat ditempuh dengan mobil atau sepeda motor. Namun, kondisi medan jalan menuju lokasi, Dukuh Jabung, sangat terjal. Pasalnya, kondisi jalan masih berupa tanah merah. Sepanjang perjalanan, di kanan dan kiri jalan disuguhi pemandangan pegunungan Muria. Dari pusat Kota Jepara sekira 20 Km. Lokasi ini sangat cocok bagi yang gemar berpetualang, karena setelah sampai di pemukiman warga terakhir, masih harus menyusuri sungai selama satu jam.

Pesona[sunting | sunting sumber]

pesona pemandangan DAS Kedung Plumpang kian membius mata ketika airnya dapat digunakan bercermin. Itu lantaran saking jernihnya air yang mengalir di sungai Kedung Plumpang. Bebatuan yang besar dapat digunakan untuk berfoto-foto bagi yang gemar selfie dan fotografi. Vegetasi hutannya juga masih perawan. Kalau beruntung, dapat melihat kerumunan kera ekor panjang. Kemudian kalau datang pas musim penghujan dapat menikmati air terjun.

Pengunjung[sunting | sunting sumber]

Musim kemarau seperti saat ini, paling enak kalau mengunjungi tempat-tempat wisata air. Apalagi lokasi wisata air yang masih alami. Salah satu pilihannya bisa menyambangi Kedung Plumpang. Bagi yang tidak mahir berenang tetapi ingin bermain air di kedung plumpang sebaiknya mengunjungi Kedung Plumpang pada musim kemarau karena airnya tak seberapa dalam. Bagi yang berniat menyambangi Kedung Plumpang, disarankan untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Pasalnya, lokasi Kedung Plumpang dari pemukiman warga cukup jauh. Apalagi kalau mau bermalam dengan mendirikan tenda, bekal makanan harus benar-benar dipikirkan. Tapi jangan lupa sampahnya dibawa pulang kembali jangan sampai ditinggal dan mengotori.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]