Batukali, Kalinyamatan, Jepara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batukali
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenJepara
KecamatanKalinyamatan
Kodepos
59467
Kode Kemendagri33.20.13.2001 Edit the value on Wikidata
Luas332,315 Ha
Jumlah penduduk1.811 Jiwa
Kepadatan-

Batukali adalah desa di kecamatan Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Batukali adalah desa yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani,karena didesa tersebut kurang lebih 2/3 wilayahnya adalah area persawahan.Pemukiman penduduk didesa Batukali hanya ada disatu sisi jalan utama desa,sementara itu disatu sisi lainnya membentang luas area persawahan warga.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Batukali berbatasan:

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Desa Batukali merupakan salah satu desa di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, dengan jarak tempuh ke Ibu kota Kecamatan 2 .Km, dan ke Ibu Kota Kabupaten 18 Km, dan dapat ditempuh dengan kendaraan ± 45 menit. Secara Administratif wilayah Desa Batukali terdiri dari 15. RT, dan 04 RW, meliputi 2 Wilayah yang meliputi Kamituwo I dengan 2 RW dan 8 RT bagian Timur dan Kamituwo II meliputi 2 RW dan 7 RT bagian Barat. Luas wilayah daratan Desa Batukali adalah 332,315 Ha dengan peruntukan lahan yang dominan berupa sawah. Berdasarkan Data Administrasi Pemerintahan Desa, jumlah penduduk yang tercatat secara administrasi, berjumlah 1738 jiwa tahun 2006 .meningkat menjadi 1757 jiwa pada tahun 2007, 1776 jiwa pada tahun 2008 dan1811 pada tahun 2009. Struktur perekonomian masyarakatnya didominasi oleh kegiatan pertanian beserta kegiatan pendukung pertanian.

Potensi[sunting | sunting sumber]

Desa Batukali sangat terkenal akan Pertanian,Sayur (Kangkung)dan juga Telurnya, ada agen yang sudah lama menggeluti telur terutama telur bebek. Oleh karena itu Desa Batukali adalah Penghasil Telur Bebek yang tersohor. Banyak pula yang menjadi langganannya baik untuk acara hajatan maupun dibuat Jamu.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Batukali memiliki beberapa tempat wisata, diantaranya:

  • Taman Sungai Batukali
  • Museum PLPBK
  • Stadion Mini Batukali
  • Kolam Pemancingan dan Warung Makan Kalinyamatan

Program[sunting | sunting sumber]

Desa Batukali memiliki rencana menjadi "Desa Wisata" dengan andalan pedesaan dengan pemandangan pematang sawah yang indah. Upaya pemerintah menjadikan sawah Desa Batukali menjadi tempat wisata, yaitu:

  • Wisata Kuliner Sawah

Upaya untuk menjaga persawahan yang dizaman sekarang mulai banyak beralih fungsi menjadi bangunan dan juga untuk menarik pengunjung berwisata di Desa Batukali. Menyediakan masakan makanan khas Jepara untuk dihidangkan ke pengunjung. Membuat wisata persawahan dengan hiasan gazebo yang terbuat dari semen atau gazebo kayu dengan menggunakan genteng wuwungan khas Jepara. Wisata ini seperti Swarga Bhumi di Magelang ataupun Natural di Kudus.

  • Pohon Bunga Penghias Jalan

Menanami Pohon Tabebuya Pink atau Pohon Jacaranda atau Pohon Bungur di pinggir kanan dan kiri jalan raya Batukali.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Sayangnya Desa ini Tidak mempunyai klub sepak bola seperti, KENARI STAR (Purwogondo), MARS (Margoyoso), PERSIB (Banyuputih), ROBAYAN FC (Robayan), BINA INTI (Bandungrejo), KRIYAN FC (Kriyan). Padahal di desa Batukali terdapat lapangan sepak bola. Rencananya PETINGGI BATUKALI akan mendirikan klub sepak bola dengan nama Batukali Surya FC dengan warna kaos tim berwarna seperti USC PALERMO, dan mendaftarkan Batukali Surya FC ke PSSI Pengcab Jepara agar bisa ikutLiga PSSI Pengcab Jepara.