Pantai Lembupurwo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Garis Pantai Lembupurwo sejejar dengan Hutan Cemara

Pantai Lembupurwo merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Pantai ini terletak 30 km sebelah tenggara dari pusat Kabupaten Kebumen. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah timur seperti Daerah Istimewa Yogyakarta maupun dari arah barat atau Kabupaten Cilacap dapat langsung menuju ke Pantai Lembupurwo karena berjarak 1 km dari jalan alternatif tersebut.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Laguna di Pantai Lembupurwo yang rindang

Pantai Lembupurwo tak jauh berbeda dengan pantai selatan lainnya di Kabupaten Kebumen yang memiliki pasir hitam. Namun ada hal yang unik di pantai yang berada di perbatasan Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Purworejo ini. Pantai ini memiliki sebuah Laguna, yakni telaga payau di dekat pantai yang dipisahkan oleh hutan cemara udang. Laguna yang juga merupakan muara Sungai Wawar ini ditumbuhi pohon bakau dan pohon cemara yang rimbun serta hijau. Selain itu, Pantai Lembupurwo juga memiliki fenomena unik lainnya, yakni berupa Gumuk Pasir yang masih aktif dan sangat luas. Gumuk Pasir di pantai ini memiliki ketinggian yang jauh berbeda dengan pantai lainnya di Kebumen.

Jika bisa dikelola dengan baik, gumuk pasir ini bisa dimanfaatkan sebagai wisata selancar pasir atau sandboarding. Dari atas gumuk pasir ini pula disediakan wahana flying fox dengan menyeberangi laguna menuju hutan cemara udang dan pantai. Pengunjung juga bisa menyeberang melalui jembatan bambu, sembari melihat tanaman mangrove yang subur di sepanjang laguna. Sedangkan hutan cemara udang di sepanjang pantai ini memberikan keteduhan bagi pengunjung setelah berpanas-panasan di bibir pantai. Warung-warung makanan pun ada di bawah pohon cemara, sehingga suasana sejuk dan dingin akan menemani waktu istirahat pengunjung[1].

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas yang disediakan di Pantai Lembupurwo belum baik lantaran masih dikelola oleh pemerintah desa. Namun terdapat sejumlah fasilitas terutama saat musim liburan seperti:

  • Warung Makan
  • Wanaha Bermain Anak
  • Kolam Renang Anak
  • Toilet Umum
  • Perahu Gowes
  • Perahu Tradisional
  • Tempat Parkir

Konservasi Penyu[sunting | sunting sumber]

Di pantai ini juga terdapat konsevasi penyu yang masih berupa pos pengawasan penyu bertelur. Pada periode Maret - Oktober kegiatan penyu bertelur juga berlangsung di pantai ini. Pantai Lembupurwo memang merupakan salah satu pantai di Kabupaten Kebumen yang digunakan penyu untuk bertelur.

Festival Wisata[sunting | sunting sumber]

Pantai Lembupurwo juga terkenal dengan even “Grebeg Rowonya. Yakni sebuah festival tahunan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Kecamatan Mirit dan diadakan setiap bulan Hijriyah Syawal atau setelah lebaran Idul Fitri. Biasanya Grebeg Rowo jatuh pada hari ke tujuh lebaran, bertepatan dengan arus balik euforia liburan lebaran. Alih-alih sepi pengunjung, jatuhnya Grebeg Rowo pada hari terakhir justru membuat pantai ini sangat ramai oleh warga setempat, dan wisatawan baik dari sekitar Kebumen maupun dari luar kota[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]