Air terjun Grenjengan Kembar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Terjun Grenjengan Kembar
panorama air terjun di hutan pinus
LokasiDesa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan sebuah wisata di lereng Gunung Merbabu letaknya berada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Kota Magelang, jaraknya sekitar 20 km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 32 menit. Air terjun ini terletak ditengah hutan pinus satu area dengan Taman Nasional Gunung Merbabu.[1]

Daya tarik[sunting | sunting sumber]

Dinamakan Grenjengan Kembar karena air terjun ini memiliki aliran air ganda atau kembar. Air terjun pertama memiliki tinggi sekitar 12 meter sampai ke tingkat pertama, dan kemudian turun 2 meter ke tingkatan yang kedua. Adapun air terjun yang kedua, tingginya mencapai 18 meter. Selain keunikannya tersebut, air terjun ini menyuguhkan panorama menyegarkan. Letaknya berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga udara khas pegunungan akan terasa.

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Setelah memarkirkan kendaraan pribadi, anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi utama Air Terjun Grenjengan Kembar dengan berjalan kaki atau trekking. Anda bisa menggunakan jalur yang telah disediakan untuk menyusuri kawasan hutan pinus. Waktu perjalanannya lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alfian, Alfian; Sulistyadi, Febi Wahyu; Samuel, Pratama Diffi; Naitio, Emanuel (2016-01-28). "Ecotourism Attractions, Level of Satisfaction and Management of Air Terjun Kembar in Kampung Anyar Village, Banyuwangi". Journal of Indonesian Tourism and Development Studies. 4 (1): 37–42. doi:10.21776/ub.jitode.2016.004.01.07. ISSN 2355-3979.