Pantai Suwuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Keindahan Pantai Suwuk

Pantai Suwuk merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Kota Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Kemudian terletak sekitar 35 Km sebelah barat daya Kota Karanganyar dapat ditempuh lebih dari 1 Jam, dan terletak 50 Km dari pusat Kabupaten Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah timur seperti Daerah Istimewa Yogyakarta maupun dari arah barat atau Kabupaten Cilacap dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk[1].

Panorama[sunting | sunting sumber]

Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen. Pemandangan pegunungan disisi barat dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Jika mengunjungi pantai ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan, padang pasir tersebut dapat digunakan pula untuk wisata offroad. Selain itu pemandangan Muara Sungai Telomoyo disebelah barat bisa digunakan untuk memancing. Tak hanya itu di muara tersebut juga disediakan perahu wisata bagi wisatawan yang ingin menyelusuri panorama sepnajang sungai dari hilir ke hulu. Selain itu bibir pantai di pantai ini juga curam dengan kemiringan 35 derajat jadi sedikit betbahaya. Serta pengunjung juga dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas bahkan lebih besar dari ombak di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Fasilitas Hiburan[sunting | sunting sumber]

Untuk lebih memanjakan mata anda, alangkah lebih baiknya anda menyewa seekor kuda untuk menyisir eloknya Pantai Suwuk ini. Usai lelah dan puas menikmati pantai, hal menarik lainnya adalah kita dapat menikmati suasana santai dengan beberapa sajian makanan khas yang ada di warung-warung sepanjang pantai. Anda dapat menikmati Pecel dan Lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-uburnya dan berbagai jenis peyek lainnya[2].

Beberapa Fasilitas yang di sediakan :

  • Wahana Permainan
  • Pesawat Boeing 737-200
  • Masjid Al Mutaqien
  • Kolam Renang Anak
  • Toko Oleh-oleh
  • Warung Makanan
  • Toilet
  • Tempat Parkir

Pesawat Boeing 737-200[sunting | sunting sumber]

Untuk menarik minat wisatawan maka dinas Pariwisata mendatangkan Eks Pesawat Boeing 737-200 buatan tahun 1986 milik TNI Angkatan Udara dan Merpati Nusantara[3]. Keberadaan Pesawat Boing 737-200 itu sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Suwuk, terutama kalangan anak-anak. Dengan menghadap tepat kearah pantai, bekas pesawat terbang komersil ini, kini menjadi idola para pengunjung yang hadir di Pantai Suwuk. Pengunjung bisa menikmati sensasi rasanya naik sebuah pesawat terbang. Pengunjung juga dengan bebas bisa melihat dan berfoto disemua ruang dalam pesawat. Termasuk ruang pilot dan co-pilot. Tak hanya itu, dengan durasi waktu sekitar dua puluh menit, pengunjung juga disuguhi pemutaran berbagai film tiga dimensi yang digemari anak-anak. Selesai naik pesawat, pengunjung bisa langsung berenang disebuah kolam renang anak-anak yang berada tepat dibawah badan pesawat[4].


Pranala Luar[sunting | sunting sumber]