California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kalifornia)
Langsung ke: navigasi, cari
Negara bagian California
Bendera California Lambang California
Bendera Lambang
Julukan: The Golden State
Motto: Eureka[1]
Peta Amerika Serikat, dengan California ditandai
Bahasa resmi Inggris
Ibu kota Sacramento
Kota terbesar Los Angeles
Metro terbesar Greater Los Angeles
Area  Peringkat 3rd
 - Total 423,970 km²
 - Lebar 400 km
 - Panjang 1,240 km
 - % perairan 4.7
 - Lintang 32° 32′ N to 42° N
 - Bujur 114° 8′ W to 124° 26′ W
Penduduk  Peringkat ke-1
 - Total (2000) 36,961,664 (2009 est.)
33,871,648 (2000)
 - Kepadatan 90.49 jiwa/km²
Peringkat ke-11 di Amerika Serikat
 - Median income  US$61,021 (ke-9)
Ketinggian  
 - Titik tertinggi Gunung Whitney
4,418 m
 - Rata-rata 884 m
 - Titik terendah Death Valley
-86 m
Masuk ke Uni  9 September 1850 (ke-31)
Gubernur Jerry Brown (D)
Senator Dianne Feinstein (D)
Barbara Boxer (D)
Utusan Kongres Daftar
Zona waktu Pasifik: UTC-8/-7
Singkatan CA Calif. US-CA
Situs resmi ca.gov/

California adalah sebuah negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat, dengan penduduk terbanyak di AS. Andaikata California sebuah negara merdeka, dia akan berada dalam posisi ke-6 dan ke-9 ekonomi di dunia. Dan juga negara bagian paling beragam suku bangsa di AS, julukan resminya adalah The Golden State. Ini merupakan bagian dari sejarah 1849 California pada masa Gold Rush tetapi juga menunjuk kepada rumput setempat yang berubah menjadi warna emas pada musim panas. Singkatan pos A.S.nya adalah CA, dan singkatan Associated Pressnya adalah Calif.

California juga pendorong dominan dari budaya Amerika dan juga ekonomi negara itu, menyumbangkan peningkatan teknologi dan hukum, sebagai tambahan juga membayar lebih ke sistem federal dari keuntungan yang dia terima. Negara bagian ini juga memiliki kota-kota terbesar dan menarik di negara AS, termasuk Los Angeles, San Diego, dan San Francisco.

Geografi[sunting | sunting sumber]

California berbatasan dengan Samudra Pasifik, Oregon, Nevada, Arizona, dan negara bagian Meksiko Baja California. California memiliki alam yang indah menonjolkan lembah tengah yang luas, gunung tinggi, padang pasir yang panas, dan ratusan mil pesisir yang indah. Dengan luas wilayah 410.000 km² dia merupakan negara bagian terbesar ke-3 di AS. Kebanyakan kota besar menempel di pesisir Pasifik yang sejuk, yang paling terkenal Los Angeles, San Francisco, San Jose, Long Beach, dan San Diego. Namun, ibu kota negara bagian ini, Sacramento terletak di Central Valley. Sedangkan kota keenam terbesar di California, yaitu Fresno terletak di San Joaquin Valley.

California memiliki geografi yang sangat bervariasi. Di tengah negara bagian ini terletak Central Valley, sebuah lembah yang besar, dan subur dibatasi oleh barisan gunung pesisir di barat, Sierra Nevada granit di timur, Cascade Range gunung berapi di utara, dan Pegunungan Tehachapi di selatan. Sungai, dam, dan kanal menyediakan air untuk pengirigasian Central Valley. Dengan "dredging", beberapa sungai ini telah menjadi cukup besar dan dalam, sehingga membuat beberapa kota dalam, terutama Stockton, menjadi sebuah pelabuhan.

Di tengah dan timur negara bagian ini adalah Sierra Nevada, yang merupakan tempat dari gunung tertinggi di AS, Gunung Whitney dengan ketinggian 4.421m. Juga terletak di Sierra adalah Taman Nasional Yosemite yang terkenal di dunia dan sebuah danau air tawar dalam, Danau Tahoe, danau terbesar di negara bagian berdasarkan isi. Di timur Sierra adalah Lembah Owens dan Danau Mono, sebuah habitat burung laut penting. Di barat adalah Danau Clear, danau air tawar terbesar California berdasarkan luas permukaan.

Di selatan terletak Transverse Ranges dan sebuah danau asin besar, Laut Salton. Gurun tengah-selatan disebut Mojave. Di timur laut Mojave terletak Death Valley, yang merupakan titik terpanas di Amerika Utara. Titik terendah Death Valley dan puncak Gunung Whitney terpisah kurang dari 200 mil. Trek hiking antara dua titik telah dicoba, beberapa kali, terutama oleh Lee Bergthold.

California terkenal akan gempa buminya, dikarenakan San Andreas Fault. Meskipun gempa yang lebih kuat terjadi di Alaska dan sepanjang Sungai Mississippi, gempa di California terkenal karena frekuensinya dan letaknya di wilayah yang banyak penduduknya. Beberapa orang percaya, pada akhirnya, sebuah gempa bumi besar akan menyebabkan putusnya pesisir California dengan benua, dan akan tenggelam ke samudra atau membentuk sebuah tanah baru. Kenyataan dari skenario ini sebenarnya tidak mungkin dari sudut pandang geologikal, namun tidak mengurangi kepercayaan publik, atau oleh para produser media fiksi-ilmiah dan fantasi yang sering mengeksploitasi kemungkinan ini. Film terkenal yang menggambarkan kerusakan California oleh gempa bumi termasuk Earthquake, A View to Kill, Escape from L.A., dan Superman.

California juga merupakan rumah dari beberapa gunung berapi, beberapa masih aktif seperti Gunung Mammoth. Gunung berapi lainnya termasuk Lassen Peak yang meletus sejak 1914 dan 1921, dan Gunung Shasta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Government Code Section 420-429.8". State of California Legislative Council. Diakses December 24, 2009. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]