César Chávez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cesar Chavez
Chavez pada tahun 1974.
LahirCésar Estrada Chávez
(1927-03-31)31 Maret 1927
Yuma, Arizona, Amerika Serikat
Meninggal23 April 1993(1993-04-23) (umur 66)
San Luis, Arizona, Amerika Serikat
Pekerjaan
Orang tua
  • Librado Chávez (ayah)
  • Juana Estrada Chávez (ibu)

César Chávez (lahir César Estrada Chávez, pengucapan bahasa Spanyol: [ˈsesaɾ esˈtɾaða ˈtʃaβes]; 31 Maret 1927 – 23 April 1993) adalah seorang pekerja pertanian, pemimpin buruh, dan aktivis hak-hak sipil yang bersama Dolores Huerta mendirikan National Farm Workers Association (nantinya disebut United Farm Workers union, UFW).[1]

Sebagai seorang Meksiko-Amerika, Chávez dikenal sebagai aktivis hak-hak sipil Latino Amerika, dan dijadikan tokoh panutan gerakan buruh Amerika untuk menarik minat keanggotaan dari kalangan Hispanik. Kebijakan hubungan masyarakatnya cenderung agresif dan unionisme, tetapi memakai taktik antikekerasan sehingga mendapat dukungan luas dari pekerja pertanian di Amerika Serikat. Pada akhir 1970-an, taktiknya telah memaksa petani untuk mengakui UFW sebagai agen perunding untuk 50.000 pekerja lapangan di California dan Florida.

Setelah meninggal dunia, ia menjadi ikon bersejarah yang utama bagi komunitas Latino, serikat buruh, dan gerakan liberal, sekaligus simbol dukungan untuk pekerja dan kekuatan Hispanik berdasarkan organisasi akar rumput dan slogan ciptaannya "Sí, se puede" (bahasa Spanyol untuk "Ya, Anda bisa" atau, kira-kira, "Ya, itu dapat diselesaikan"). Menurut pendukungnya, kerja keras Chávez membawa berbagai kemajuan untuk serikat buruh. Hari ulang tahunnya pada 31 Maret dijadikan Hari César Chávez, hari libur negara bagian di California, Colorado, dan Texas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Extra Mile – Points of Light Volunteer Pathway". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-09. Diakses tanggal 2013-03-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]