César Chávez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cesar Chavez

Chavez pada tahun 1974.
Lahir César Estrada Chávez
31 Maret 1927
Yuma, Arizona, Amerika Serikat
Meninggal 23 April 1993 (umur 66)
San Luis, Arizona, Amerika Serikat
Pekerjaan
Agama Katolik Roma
Orang tua
  • Librado Chávez (ayah)
  • Juana Estrada Chávez (ibu)

César Chávez (lahir César Estrada Chávez, pengucapan bahasa Spanyol: [ˈsesaɾ esˈtɾaða ˈtʃaβes]; lahir di Yuma, Arizona, 31 Maret 1927 – meninggal di San Luis, Arizona, 23 April 1993 pada umur 66 tahun) adalah seorang pekerja pertanian, pemimpin buruh, dan aktivis hak-hak sipil yang bersama Dolores Huerta mendirikan National Farm Workers Association (nantinya disebut United Farm Workers union, UFW).[1]

Sebagai seorang Meksiko-Amerika, Chávez dikenal sebagai aktivis hak-hak sipil Latino Amerika, dan dijadikan tokoh panutan gerakan buruh Amerika untuk menarik minat keanggotaan dari kalangan Hispanik. Kebijakan hubungan masyarakatnya cenderung agresif dan unionisme, namun memakai taktik antikekerasan sehingga mendapat dukungan luas dari pekerja pertanian di Amerika Serikat. Pada akhir 1970-an, taktiknya telah memaksa petani untuk mengakui UFW sebagai agen perunding untuk 50.000 pekerja lapangan di California dan Florida.

Setelah meninggal dunia, ia menjadi ikon bersejarah yang utama bagi komunitas Latino, serikat buruh, dan gerakan liberal, sekaligus simbol dukungan untuk pekerja dan kekuatan Hispanik berdasarkan organisasi akar rumput dan slogan ciptaannya "Sí, se puede" (bahasa Spanyol untuk "Ya, Anda bisa" atau, kira-kira, "Ya, itu dapat diselesaikan"). Menurut pendukungnya, kerja keras Chávez membawa berbagai kemajuan untuk serikat buruh. Hari ulang tahunnya pada 31 Maret dijadikan Hari César Chávez, hari libur negara bagian di California, Colorado, dan Texas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]