The Beach Boys

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Beach Boys
The Beach Boys TV.jpg
The Beach Boys pada tahun 1965
Dari kiri ke kanan: Dennis Wilson, Mike Love, Brian Wilson, Carl Wilson, Al Jardine
Latar belakang
Asal Hawthorne, California, Amerika Serikat
Genre Rock, pop, surf rock, psychedelic rock
Tahun aktif 1961–sekarang
Label Capitol, Brother, Reprise, Caribou, CBS
Artis terkait American Spring, The Honeys,
Jan and Dean
Anggota Brian Wilson
Mike Love
Al Jardine
David Marks
Bruce Johnston
Mantan anggota Dennis Wilson
Carl Wilson
Glen Campbell
Ricky Fataar
Blondie Chaplin

The Beach Boys adalah sebuah grup musik rock Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 1961 di kota Hawthorne, California. Kelompok ini awalnya beranggotakan saudara Brian, Dennis dan Carl Wilson, sepupu mereka Mike Love, dan sahabat mereka Al Jardine. Di bawah manajemen tua kepada saudara Wilson, yaitu Murry, The Beach Boys bergabung Capitol Records pada tahun 1962. Rekaman musik pertama grup musik ini disambut hangat di seluruh Amerika Serikat karena harmoni vokalnya yang rapat dan seni kata yang mencerminkan budaya muda-mudi California Selatan yang menggemari luncur air, kereta dan asmara. Menjelang pertengahan 1960-an, arah musik kelompok ini didominasi oleh cita-cita daya cipta dan kemampuan menulis lagu si kepala Brian Wilson. Album Pet Sounds dan singel "Good Vibrations" (keduanya dirilis pada tahun 1966) yang kebanyakan ditulis oleh Brian menampilkan irama yang kompleks, rumit dan berlapis-lapis.

Namun, Brian lama-kelamaan hilang pengaruhnya dalam grup musik karena bergelut dengan masalah kesehatan mental dan penyalahgunaan narkoba. Ini menyebabkan pembatalkan susulan yang ditunggu-tunggu pada Pet Sounds, Smile (rekaman sesi-sesi album itu akhirnya keluar pada tahun 2011). Setelah itu, biarpun mereka mengeluarkan sejumlah album yang sungguh berjiwa seni (dengan berbagai gaya musik dan anggota-anggota yang bergantian) pada tahun-tahun berikutnya, terutama pada tahun 1967-1973, namun grup musik ini tidak dapat menuntut kembali puncak kegemilangan mereka pada pertengahan 1960-an ketika mereka menyaingi grup musik The Beatles dari segi penjualan dan sambutan kritis. Sejak 1980-an, terjadi pertengkaran di antara anggota-anggota grup musik ini untuk merebut royalti, penghargaan untuk penulisan lagu, dan penggunaan nama grup musik. Alasan keluarnya album studio Stars and Stripes Vol. 1 pada tahun 1996, grup musik ini kembali dengan bergantian anggotanya, apapun tetap dipimpin oleh seorang anggota asal yang masih ada (Dennis dan Carl Wilson masing-masing meninggal pada tahun 1983 dan 1998), dan terus menjelajah sampai sekarang.

The Beach Boys sering disebut "America's Band",[1] sementara Allmusic berkomentar bahwa "kemampuan mereka yang tidak silapnya... menjadikan mereka grup musik rock yang terkemuka dan terbesar di Amerika Serikat."[2] Grup musik ini telah mencoret 36 buah hit Top 40 Amerika Serikat (yaitu yang terbanyak oleh sebuah grup musik rock AS) dan 56 buah hit Hot 100, termasuk empat singel juara tangga.[2] Pada tahun 2004, majalah Rolling Stone mencantumkan The Beach Boys di posisi ke-12 dalam daftar "100 Seniman Terhebat Sepanjang Zaman", yaitu posisi yang tertinggi buat sebuah grup musik rock AS.[3] Brian Wilson, Carl Wilson, Dennis Wilson, Mike Love, dan Al Jardine ditunjuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1988.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Still America's Band: The Beach Boys Today" Kevin M. Cherry. National Review. Diterbitkan 8 Juli 2002. Diakses 12 Juli 2008.
  2. ^ a b [(Inggris) The Beach Boys di Allmusic Allmusic "The Beach Boys – Overview"]. John Bush. Allmusic. Diakses 12 Juli 2008. Kutipan: "the band's unerring ability... made them America's first, best rock band."
  3. ^ "The Immortals: The First Fifty". Rolling Stone Issue 946. Diakses December 16, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]