Reprise Records

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Reprise Records adalah perusahaan rekaman yang didirikan tahun 1960 oleh Frank Sinatra. Saat ini Reprise Records dimiliki oleh Warner Music Group.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Reprise didirikan pada tahun 1960 ketika Frank Sinatra menginginkan kebebasan artistik untuk merekam lagu-lagunya dan teman-temannya. Perusahaan ini sudah direncanakan sejak akhir tahun 1950an, tetapi Capitol Records, studio Frank Sinatra sebelumnya melarang Frank Sinatra untuk meninggalkan kontraknya. Dengan mendirikan perusahaan rekaman ini, ia mendapatkan panggilan "Chairman Of The Board". Beberapa teman dari Frank Sinatra juga mulai bekerja di perusahaan tersebut, contohnya : Dean Martin, Sammy Davis Jr., Bing Crosby, Jo Stafford, Rosemary Clooney dan lain lain. Sampai saat ini perusahaan Reprise masih mendapatkan untung dari album-album kompilasi Frank Sinatra yang dirilis setelah kematian Frank.

Reprise dijual ke Warner Bros. Records pada tahun 1963, dan banyak penyanyi-penyanyi senior diputuskan kontraknya, salah satunya adalah Bing Crosby. Pada akhir tahun 1970an, setelah Joni Mitchell dan Captain Beefheart , Sinatra meminta Warner untuk menjadikan dirinya satu-satunya penyanyi untuk perusahaan tersebut, tetapi permintaan tersebut tidak dapat dikabulkan karena Neil Young menolak untuk pindah perusahaan.

Reprise tidak aktif di antara tahun 1977 sampai tahun 1988 untuk mengganti semua copyright menjadi milik Warner Bros.

Saat ini, Reprise merupakan perusahaan untuk musisi seperti : Neil Young, The Secret Machines, Michael Bublé, The Smashing Pumpkins, Avenged Sevenfold, The Used, Mastodon, Eric Clapton, Green Day, Fleetwood Mac, Serj Tankian, Josh Groban, My Chemical Romance dan Disturbed.