Library of Congress Control Number

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Library of Congress Control Number atau LCCN adalah sistem penomoran berbasis serial yang mengelompokkan arsip Perpustakaan Kongres di Amerika Serikat. LCCN tidak ada hubungan dengan isi buku dan tidak sama dengan Library of Congress Classification.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sistem penomoran LCCN telah dipakai sejak 1898 dan akronim LCCN waktu itu berarti Library of Congress Card Number. Sistem ini juga pernah disebut Library of Congress Catalog Card Number. Perpustakaan Kongres mempersiapkan kartu informasi pustaka untuk katalog perpustakaannya dan menjual duplikat set kartu tersebut ke perpustakaan lain untuk digunakan di katalog mereka. Ini dikenal dengan sebutan katalog terpusat. Setiap set kartu diberi nomor serial supaya bisa diidentifikasi.

Meski sebagian besar informasi pustaka sekarang dibuat, disimpan, dan dibagi dengan perpustakaan lain secara elektronik, banyak pihak yang merasa perlu untuk mengidentifikasi setiap arsip dan LCCN masih mewujudkan hal tersebut.

Pustakawan di seluruh dunia menggunakan pengenal unik ini dalam proses pengelompokkan sebagian besar buku yang diterbitkan di Amerika Serikat. Pengenal ini membantu mereka mendapatkan data katalog yang tepat (disebut catatan katalog) yang disediakan Perpustakaan Kongres dan pihak ketiga melalui Internet dan media lain.

Pada Februari 2008, Perpustakaan Kongress membuka layanan LCCN Permalink yang menyediakan URL tetap untuk semua nomor kendali Perpustakaan Kongres.[1]

Format[sunting | sunting sumber]

Pada bentuknya yang paling dasar, nomor kendali mencakup tahun dan nomor serial. Tahunnya terdiri dari dua digit untuk 1898 sampai 2000, dan empat digit sejak 2001. Tiga tahun ambigu dibedakan oleh ukuran nomor serialnya. Ada pula kejanggalan pada nomor berawalan "7" karena sempat terjadi eksperimen gagal antara tahun 1969 dan 1972.

Nomor serial memiliki panjang enam digit dan sudah mencakup nol. Tanda hubung yang sering terlihat memisahkan tahun dan nomor serial bersifat opsional. Perpustakaan Kongres juga mulai menginstruksikan penerbit agar tidak menggunakan tanda hubung.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Library of Congress Update for 2008 ALA Annual Conference: January–May, 2008". Diakses 2008-09-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]