Spesies pendatang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Melilotus sp., spesies pendatang di Amerika yang berasal dari Eurasia.

Spesies pendatang adalah spesies yang hidup di luar daerah asalnya, yang sampai ke daerah tersebut karena aktivitas manusia, baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Beberapa spesies pendatang telah merusak ekosistem di daerah baru tersebut, beberapa lainnya tidak mempunyai efek negative, namun ada juga yang mendatangkan benefit misalnya sebagai pestisida alternative dalam bidang agrikultural. Dalam beberapa kasus potensi spesies pendatang untuk menjadi menguntungkan atau merugikan dalam jangka panjang masih belum diketahui, misalnya di Selandia Baru.[1]

Pengaruh spesies pendatang pada lingkungan alam masih menjadi subjek yang kontroversi, dan menjadi hal yang masih diawasi oleh para ilmuwan, pemerintah, petani dan pihak lain. Tidak semua spesies pendatang menimbulkan masalah. Spesies pendatang yang tersebar luas dan menimbulkan masalah yang signifikan dikenal sebagai spesies invasif.


Referensi[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.