Nancy Pelosi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Nancy Pelosi
Ketua Kongres Amerika Serikat ke-60
Masa jabatan
4 Januari 2007 – 3 Januari 2011
Presiden George W. Bush
Barack Obama
Pemimpin Mayoritas Steny Hoyer
Didahului oleh Dennis Hastert
Digantikan oleh John Boehner
Anggota
Kongres Amerika Serikat
dari California Distrik ke-8
Distrik ke-5 (1987-1993)
Petahana
Mulai menjabat
2 Juni 1987
Didahului oleh Sala Burton
Pemimpin partai minoritas di Kongres Amerika Serikat ke-20
Masa jabatan
3 Januari 2003 – 3 Januari 2007
Deputi Steny Hoyer (whip)
Didahului oleh Dick Gephardt
Digantikan oleh John Boehner
Minority Whip of the United States House of Representatives ke-20
Masa jabatan
2002–2003
Pemimpin Dick Gephardt
Didahului oleh David E. Bonior
Digantikan oleh Steny Hoyer
Informasi pribadi
Lahir Nancy Patricia D'Alesandro Pelosi
26 Maret 1940 (umur 74)
Baltimore, Maryland
Kebangsaan Amerika
Partai politik Demokrat
Suami/istri Paul Pelosi (1963-)
Anak Nancy Corinne Pelosi
Christine Pelosi
Jacqueline Pelosi
Paul Pelosi
Alexandra Pelosi
Tempat tinggal San Francisco, Kalifornia
Alma mater Trinity Washington University (B.A.)
Agama Katolik Roma
Tanda tangan
Situs web Speaker of the House
Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat

Nancy D' Alesandro Pelosi (lahir di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, 26 Maret 1940; umur 74 tahun) adalah Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat ke-60. Ia merupakan wanita pertama yang menjabat jabatan tersebut. Pelosi mewakili Distrik ke-8 dari negara bagian California sejak 6 Januari 1987.

Sukses Partai Demokrat dalam pemilu sela (mid-term election) di bulan November 2006 merupakan titik balik dari dominasi Partai Republik selama 12 tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh rasa kecewa para pemilih di Amerika Serikat terhadap kepemimpinan Presiden George W. Bush. Dengan kemenangan ini, Pelosi dicalonkan oleh partainya untuk menjadi ketua Dewan Perwakilan. Sebelum menjadi ketua, Pelosi adalah pimpinan minoritas Partai Demokrat di Dewan Perwakilan.

Sebagai Ketua Dewan, Pelosi akan menjadi orang ke dua dalam jalur suksesi kepresidenan Amerika Serikat setelah Wakil Presiden Joe Biden.

Masa Kecil dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Nancy Pelosi ialah anak ke-6 dari 6 bersaudara keturunan Italia. Ayahnya, Thomas D'Alesandro, Jr, pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan AS dari Maryland dan wali kota Baltimore. Kakak Nancy, Thomas L.J D'Alesandro III, pernah menjadi wali kota Baltimore, tahun 1967 - 1971. Nancy bersekolah di Institute of Notredame high school dan selanjutnya kuliah di Trinity College, Washington, DC, tahun 1962 dimana ia bertemu dengan Paul Pelosi yang kemudian menjadi suaminya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Setelah pasangan ini menikah, mereka pindah ke San Francisco dimana adik Paul, yaitu Ron Pelosi, menjabat sebagai anggota dewan pengawas (board of supervisors) kota San Francisco. Pasangan ini dikaruniai 5 anak: Nancy Corinne, Christine, Jacqueline, Paul dan Alexandra. Keluarga Pelosi merupakan salah satu anggota Dewan Perwakilan terkaya dengan aset senilai US$ 25 juta, kebanyakan dalam bentuk saham dan investasi yang dimiliki oleh Paul Pelosi.

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Setelah anak bungsunya masuk SMA, Nancy Pelosi aktif dalam Partai Demokrat. Ia menjadi ketua pengurus cabang partai di North Carolina dan bergabung dengan pimpinan Demokrat lainnya, seperti Phillip Burton dari California. Pada bulan Januari 1987, Pelosi menjadi anggota Dewan Perwakilan AS setelah Sala Burton, istri Phillip Burton, mengundurkan diri akibat penyakit kanker. Sala menyarankan Nancy Pelosi untuk maju ke dalam pemilihan untuk menggantikannya. Sejak itu Nancy berturut-turut terpilih mewakili Distrik ke-8 California.

Di dalam Dewan, Nancy Pelosi pernah menjadi anggota Komite Intelijen, wakil pimpinan minoritas Demokrat (dibawah pimpinan Dick Gephardt dari Missouri), dan pimpinan minoritas. Ia merupakan wanita pertama yang menjadi pimpinan minoritas di Dewan Perwakilan AS.

Pada bulan November 2006, setelah kemenangan partainya, Pelosi secara resmi dicalonkan oleh Partai Demokrat untuk menjabat Ketua Dewan. Dalam pemilihan ketua, Pelosi mengalahkan John Boehner, Republikan asal Ohio. Pelosi menggantikan posisi ketua terdahulu, Dennis Hastert. Pengganti Pelosi sebagai ketua mayoritas Demokrat di Dewan Perwakilan ialah Steny Hoyer.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Dennis Hastert
Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat
4 Januari 2007 – Sekarang
Diteruskan oleh:
Sedang Menjabat