The Da Vinci Code (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Da Vinci Code (film)
The da vinci code.jpg
Sutradara Ron Howard
Produser Brian Grazer,
John Calley
Penulis Dan Brown (novel)
Akiva Goldsman (skenario)
Pemeran Tom Hanks
Ian McKellen
Audrey Tautou
Musik Hans Zimmer
Sinematografi Salvatore Totino
Distributor Sony Pictures Entertainment,
Columbia Pictures
Durasi 148 menit[1]
Anggaran US$ 125 juta

The Da Vinci Code adalah sebuah film yang diangkat berdasarkan novel The Da Vinci Code karya Dan Brown dan pertama kali dirilis pada 19 Mei 2006, dengan pemutaran perdana pada 17 Mei di Festival Film Cannes. Film ini disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi Audrey Tautou, Tom Hanks dan Ian McKellen. Hans Zimmer menjadi penata musik untuk film ini. The Da Vinci Code mendapat reaksi beragam, berkaitan dengan makna Piala Suci (Holy Grail), lukisan Last Supper karya Leonardo Da Vinci, latar belakang dogma Kredo Nicea, kontroversi keilahian Yesus Kristus, Priori Sion, keturunan Yesus Kristus maupun Ksatria Templar.

Hak pembuatan film ini dibeli dengan biaya $6.000.000 USD. Pembuatan film telah dijadwalkan dimulai pada bulan Mei 2005 dengan rilis di bioskop dijadwalkan pada musim panas 2006, tapi beberapa keterlambatan menyebabkan pembuatan film baru dapat dimulai pada 30 Juni 2006.

Izin penyutingan film di Museum Louvre diberikan, sedangkan Westminster Abbey telah menolak penggunaan tempatnya tersebut sebagai lokasi syuting, begitu juga Saint-Sulpice. Katedral Lincoln, kemudian menyetujui sebagai pengganti Westminster Abbey, dan dilaporkan telah menerima £100.000 untuk hak pembuatan film disana. Pembuatan film di lokasi Katedral Lincoln dilakukan pada Agustus 2005. Pembuatan film juga mengambil tempat di Temple Church di London.

Diskusi antara Sir Leigh, Robert & Neveu

The National Organization for Albinism and Hypopigmentation (NOAH) khawatir tokoh Silas akan memberi kesan buruk terhadap albino. Tampak dari gambaran Silas yang terlihat dalam cuplikan film bahwa pihak pembuat film telah memutuskan untuk tidak mengubah penampilannya menjadi albino.

Menjelang akhir dalam cuplikan film, kata "Seek" disorot, diikuti abjad T, H, S, E, C, D, E, dan O. Ini menimbulkan rumor bahwa hal tersebut kemungkinan sebuah anagram dengan arti "Seek The Codes". Bila mengunjungi www.seekthecodes.com, sebuah blog dari Sony Pictures dan memperlihatkan isi yang hampir pasti menunjuk pada Da Vinci Code Hunt. Yang menjalankan situs tersebut adalah "Lisa S". Nama ini bukan hanya sebuah acuan kepada buku dan Mona Lisa, tetapi huruf-huruf tersebut disusun kembali menjadi "Silas", sang tokoh tersebut. Spekulasi lebih liar telah menghubungkan Lisa S. dengan sebuah kepribadian yang dikenal sebagai "Perempuan Galaksi".

Pemeran dan tokoh[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]