Takarir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sub judul)
Contoh penggunaan takarir.

Takarir (Inggris: caption) atau sulih teks, sari kata, atau telop (Inggris: subtitle) adalah penyampaian dialog dalam bentuk teks pada film dan acara televisi, biasanya ditampilkan di bagian bawah layar. Teks merupakan bentuk terjemahan tertulis dari bahan yang berdialog bahasa asing, atau pemaparan dialog yang sama bahasanya, dengan sedikit informasi tambahan untuk membantu penonton yang cacat pendengaran mengikuti dialognya.

Takarir terbagi menjadi dua, yaitu takarir tertutup dan takarir terbuka. Perbedaan dari keduanya, yaitu takarir terbuka merupakan bawaan dari video sehingga tidak bisa dimatikan. Sedangkan takarir tertutup bukan bawaan dari video sehingga dapat dihidupkan maupun dimatikan oleh penonton.

YouTube[sunting | sunting sumber]

Di YouTube, takarir atau sulih teks dapat dibuat oleh siapapun (termasuk pemilik video) di video manapun, atau bisa dihasilkan otomatis (Auto-Generated) oleh sistem dalam bahasa tertentu tergantung suara yang terdeteksi

Kutu Takarir

Terdapat kutu (bug) pada takarir di YouTube, yaitu takarir akan aktif secara otomatis dalam bahasa Inggris jika tersedia walaupun sudah mengganti bahasa pada YouTube dan pengaturan sistem takarir.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • .ass (Advanced Alpha Substation)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]