Frost/Nixon (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Frost/Nixon
Frost nixon.jpg
Poster film Frost/Nixon
Sutradara Ron Howard
Produser Ron Howard
Brian Grazer
Tim Bevan
Eric Fellner
Skenario Peter Morgan
Berdasarkan Frost/Nixon 
oleh Peter Morgan
Pemeran Frank Langella
Michael Sheen
Kevin Bacon
Rebecca Hall
Toby Jones
Matthew Macfadyen
Oliver Platt
Sam Rockwell
Musik Hans Zimmer
Sinematografi Salvatore Totino
Penyunting Daniel P. Hanley
Mike Hill
Perusahaan
produksi
Imagine Entertainment
Working Title Films
StudioCanal
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 15 Oktober 2008 (2008-10-15) (Festival Film London)
  • 5 Desember 2008 (2008-12-5) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 23 Januari 2009 (2009-1-23) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 23 Januari 2009 (2009-1-23) (Britania Raya)
  • 1 April 2009 (2009-4-1) (Perancis)
Durasi
122 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Perancis
Bahasa Inggris
Anggaran $25,000,000[2]
Pendapatan kotor $27,426,335[2]

Frost/Nixon adalah film biografi drama sejarah Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Ron Howard dan diproduseri oleh Ron Howard, Brian Grazer, Tim Bevan dan Eric Fellner. Naskah film ini ditulis oleh Peter Morgan berdasarkan drama Frost/Nixon karya Peter Morgan. Film ini dibintangi oleh Frank Langella, Michael Sheen, Kevin Bacon, Rebecca Hall, Toby Jones, Matthew Macfadyen, Oliver Platt dan Sam Rockwell.

Film Frost/Nixon ditayangkan secara perdana di Festival Film London pada tanggal 15 Oktober 2008 dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 23 Januari 2009 dan di Perancis pada tanggal 1 April 2009.[3] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Desember 2008 secara terbatas dan 23 Januari 2009 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah Skandal Watergate pada tahun 1972 dan pengunduran dirinya pada tahun 1974, 400 juta orang di seluruh dunia menyaksikan Presiden Richard Nixon (Frank Langella) meninggalkan Gedung Putih. Di antara mereka ada jurnalis Britania Raya bernama David Frost (Michael Sheen), yang saat itu merekam acara bincang-bincang di Australia, yang memutuskan untuk mewawancarai Richard Nixon.

Agen sastra Richard Nixon, Irving Paul "Swifty" Lazar (Toby Jones), percaya bahwa wawancara itu akan menjadi peluang bagi Richard Nixon untuk menyelamatkan reputasinya dan menghasilkan uang. Irving menuntut $500,000 dan akhirnya mendapat $600,000, lalu David menerimanya.

Setelah membujuk teman dan produsernya John Birt (Matthew Macfadyen) bahwa wawancara tersebut akan sukses, David dan John melakukan perjalanan ke California untuk bertemu dengan Richard Nixon. Di pesawat ke California, David merayu seorang wanita muda bernama Caroline Cushing (Rebecca Hall) dan mereka memulai hubungan romantis.

David berusaha untuk menjual wawancara tersebut ke saluran Amerika Serikat dan memutuskan untuk membiayai proyek tersebut dengan uang pribadi dan mengelola siaran wawancara. David menyewa dua penyelidik — Bob Zelnick (Oliver Platt) dan James Reston Jr. (Sam Rockwell) — untuk membantunya mempersiapkan wawancara bersama dengan John. David tidak menjelaskan tentang apa yang diinginkannya dari wawancara tersebut dan James mendorongnya untuk menunjukkan pengakuan dari Richard Nixon.

Di bawah pengawasan kepala staf pasca-pemerintahan Richard Nixon, Jack Brennan (Kevin Bacon), David dan Richard Nixon memulai tiga sesi wawancara pertama. David dibatasi oleh jangka waktu yang disepakati dan di bawah tekanan dari timnya sendiri, ia mencoba untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit, namun Richard Nixon mendominasi sesi mengenai Perang Vietnam dan pencapaiannya dalam kebijakan luar negeri. Di belakang layar, tim editorial David cemas dengan teknik David dan marah karena Richard Nixon tampaknya membebaskan dirinya dari tuduhan.

Empat hari sebelum sesi terakhir, yang akan berpusat di Kompleks Watergate, David mendapatkan panggilan telepon dari Richard Nixon yang mabuk. Dengan kata-kata yang kasar, Richard Nixon menyatakan bahwa mereka berdua mengetahui bahwa wawancara akhir akan menaikkan atau menghancurkan karier mereka dan membandingkan dirinya dengan David, bersikeras bahwa mereka berdua berasal dari latar belakang yang sederhana dan harus berjuang untuk mencapai puncak bidang mereka, hanya akan dipukul mundur lagi. David mendapatkan wawasan baru tentang topik wawancaranya, sementara Richard Nixon meyakinkan David bahwa ia akan melakukan segala daya untuk memunculkan pemenang dari wawancara terakhir.

Percakapan itu memancing David bertindak. Ia bekerja tanpa henti selama tiga hari untuk mempersiapkan topik wawancaranya, sementara James meneruskan kepemimpinannya di Gedung Pengadilan Federal di Washington, D.C.

Ketika wawancara terakhir dimulai, David menyergap Richard Nixon dengan transkrip yang memberatkan dari percakapan antara Richard Nixon dan Charles Colson yang diselidiki oleh James di Washington, D.C. Ketika timnya melihat ketakutan dari sebelah ruangan, Richard Nixon mengakui bahwa ia melakukan hal-hal yang tidak etis dan menambahkan, "Ketika Presiden melakukannya, itu berarti itu tidak ilegal." David yang tercengang memicu pengakuan saat Jack menyerbu masuk dan menghentikan wawancara. Setelah Richard Nixon dan Jack berunding, wawancara dilanjutkan dan David secara agresif mengejar garis pertanyaannya yang asli, lalu Richard Nixon mengakui bahwa ia ikut serta dalam penyamaran dan bahwa ia "membiarkan rakyat Amerika Serikat kecewa."

Setelah wawancara, David dan Caroline melakukan kunjungan perpisahan Richard Nixon di vilanya. David mengucapkan terima kasih kepada Richard Nixon untuk wawancara dan Richard Nixon, dengan anggun mengakui kekalahan, berterima kasih kepada David sebagai balasannya dan berharap ia baik-baik saja, secara pribadi menambahkan bahwa ia tidak memiliki ingatan untuk memanggil David ketika mabuk. Ia juga untuk pertama kalinya menyampaikan pesan kepada David dengan nama depannya. Richard Nixon melihat David dan Caroline Cushing pergi dan kemudian membungkuk di atas pagar di vilanya, memandang matahari terbenam.

Film ini berakhir dengan penjelasan bahwa wawancara itu sangat sukses dan bahwa Richard Nixon tidak pernah lolos dari kontroversi tersebut hingga ia meninggal pada tahun 1994.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Frank Langella sebagai Richard Nixon
  • Michael Sheen sebagai David Frost
  • Kevin Bacon sebagai Jack Brennan
  • Oliver Platt sebagai Bob Zelnick
  • Sam Rockwell sebagai James Reston Jr.
  • Matthew Macfadyen sebagai John Birt
  • Rebecca Hall sebagai Caroline Cushing
  • Toby Jones sebagai Irving Paul "Swifty" Lazar
  • Patty McCormack sebagai Pat Nixon
  • Andy Milder sebagai Frank Gannon
  • Keith MacKechnie sebagai Marvin Minoff
  • Clint Howard sebagai Lloyd Davis
  • Rance Howard sebagai Ollie
  • Jim Meskimen sebagai Ray Price
  • Kaine Bennett Charleston sebagai Sydney News Director
  • Gabriel Jarret sebagai Ken Khachigian
  • Kate Jennings Grant sebagai Diane Sawyer
  • Geoffrey Blake sebagai sutradara acara wawancara

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Frost/Nixon mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 235 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 84 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Frost/Nixon mendapatkan $18,622,031 di Amerika Utara dan $8,804,304 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $27,426,335, melebihi anggaran produksi film $25 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $180,708, menempati posisi ke-22 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3,022,250, menempati posisi ke-16 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Frost/Nixon (15)". British Board of Film Classification. January 13, 2009. Diakses tanggal March 24, 2014. 
  2. ^ a b c d "Frost/Nixon (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "The Times BFI London Film Festival". Moving Pictures Magazine. Diakses tanggal September 5, 2008. 
  4. ^ "Frost/Nixon (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Frost/Nixon reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]