American Made (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
American Made
American Made (film).jpg
Poster film American Made
SutradaraDoug Liman
ProduserBrian Grazer
Brian Oliver
Tyler Thompson
Doug Davison
Kim Roth
SkenarioGary Spinelli
PemeranTom Cruise
Domhnall Gleeson
Jesse Plemons
Sarah Wright
MusikChristophe Beck
SinematografiCésar Charlone
PenyuntingSaar Klein
Andrew Mondshein
Dylan Tichenor
Perusahaan
produksi
Cross Creek Pictures
Imagine Entertainment
Quadrant Pictures
Vendian Entertainment
Kylin Pictures
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 25 Agustus 2017 (2017-8-25) (Britania Raya)
  • 29 September 2017 (2017-9-29) (Amerika Serikat)
Durasi
115 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$50 juta[2]
Pendapatan kotor$134.866.593[2]

American Made adalah film biografi kriminal Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Doug Liman dan diproduseri oleh Brian Grazer, Brian Oliver, Tyler Thompson, Doug Davison dan Kim Roth. Naskah film ini ditulis oleh Gary Spinelli berdasarkan kisah nyata Barry Seal, mantan tentara dan pilot Trans World Airlines yang terlibat dalam kasus penyelundupan narkoba dan pencucian uang yang bekerja sama dengan kartel Medellín.[3]. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise, Domhnall Gleeson, Jesse Plemons dan Sarah Wright.[4][5]

Film American Made dirilis di Britania Raya pada tanggal 25 Agustus 2017[6] dan di Amerika Serikat tanggal 29 September 2017.[7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 1970-an, Barry Seal (Tom Cruise), seorang pilot untuk maskapai komersial Trans World Airlines, dipanggil oleh agen CIA Monty Schafer (Domhnall Gleeson). Ia meminta Barry untuk melakukan misi pengintaian rahasia untuk CIA di Amerika Tengah menggunakan pesawat kecil dengan kamera yang terpasang di pesawat tersebut.

Kemudian pada tahun 1970-an, Monty meminta Barry untuk mulai berperan sebagai kurir antara CIA dan Jenderal Manuel Noriega di Panama. Selama misi, kartel Medellín merekrut dan meminta Barry untuk menerbangkan kokain ketika kembali ke Amerika Serikat. Barry menerima dan mulai menerbangkan kokain ke Louisiana. CIA gelap mata terhadap penyelundupan narkoba, tetapi DEA melacak Barry. Untuk menghindari pihak yang berwenang, Monty meminta Barry dan keluarganya untuk pindah ke sebuah kota terpencil di Mena, Arkansas.

Kemudian, Monty meminta Barry untuk mengantar senjata ke kelompok Kontra Nikaragua yang bermarkas di Honduras, Amerika Tengah. Barry segera menyadari bahwa kelompok Kontra tidak serius dengan perang tersebut dan mulai berdagang senjata ke kartel tersebut. CIA mendirikan basis pelatihan Kontra di Mena dan Barry terbang menuju ke tempat tersebut, tetapi banyak dari kelompok Kontra melarikan diri setelah mereka tiba.

Kakak ipar Barry yang bebas, JB (Caleb Landry Jones), pindah dan meminta Barry lowongan kerja. Alhasil, JB mulai mencuri uang dari Barry dan ditangkap oleh Sherif Downing (Jesse Plemons) beserta sebuah tas berisi uang tunai yang dicuci dan ditangkap. Barry memberinya uang dan tiket pesawat ke Bora Bora agar JB bisa kabur. JB menuntut uang mingguan dan menghina adik sekaligus istri Barry, Lucy (Sarah Wright). Barry berusaha mengejarnya, tetapi mobil JB meledak, menunjukkan bahwa Jorge Ochoa Vásquez (Alejandro Edda) memiliki mobil JB yang dipasang dengan bahan peledak dan membunuhnya sehingga JB tidak akan mengadu.

Akhirnya, CIA menutup program tersebut dan meninggalkan Barry untuk ditangkap oleh FBI, DEA dan lembaga penegak hukum lainnya. Barry lolos dari tuntutan dengan membuat kesepakatan dengan Gedung Putih, yang menginginkan bukti bahwa anggota Sandinista adalah pedagang obat-obatan terlarang. Mereka meminta Barry untuk mengambil foto-foto hubungan antara kartel Medellín dengan Sandinista. Seal berusaha mengambil foto-fotonya, tetapi Gedung Putih telah merilisnya sebagai propaganda melawan Sandinista. Barry terlihat jelas dalam foto tersebut, yang membuatnya ditangkap dan membuat kartel tersebut merencanakan balas dendam.

Barry dihukum ringan dengan seribu jam pelayanan masyarakat untuk Bala Keselamatan. Akhirnya, setelah pindah dari satu motel ke motel lain tiap malam, kartel Medellín dan pembunuh yang diutus oleh Pablo Escobar (Mauicio Mejia) menemukan Barry dan membunuhnya. CIA kemudian menyita semua bukti untuk menghindari keterlibatan mereka dalam penyelundupan narkoba. CIA kemudian memulai kasus skandal Iran-Kontra.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tom Cruise sebagai Barry Seal
  • Sarah Wright sebagai Lucy Seal
  • Domhnall Gleeson sebagai Monty Schafer
  • Alejandro Edda sebagai Jorge Ochoa Vásquez
  • Mauicio Mejia sebagai Pablo Escobar
  • Jayma Mays sebagai Dana Sibota
  • Jesse Plemons sebagai Sherif Downing
  • Lola Kirke sebagai Judy Downing
  • Jayson Warner Smith sebagai Bill Cooper (Snowbird 1)
  • William Mark McCullough sebagai Pete Dubois (Snowbird 2)
  • Lara Grice sebagai reporter wanita
  • Frank Licari sebagai agen khusus ATF Franks
  • Jed Rees sebagai Louis Finkle
  • Caleb Landry Jones sebagai JB
  • Connor Trinneer sebagai George W. Bush

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film American Made mendapatkan review positif dari para kritikus. Rotten Tomatoes mencatat, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 241 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[8] Rilis dari Metacritic, film ini mendapatkan skor 65 dari 100, berdasarkan 50 kritik yang menunjukkan "ulasan yang baik".[9] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film American Made mendapatkan $51.342.000 di Amerika Utara dan $83.524.593 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $134.866.593, melebihi anggaran produksi film $50 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $16.776.390, menempati posisi ketiga di box office di belakang Kingsman: The Golden Circle dan It.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American Made (15)". British Board of Film Classification. August 15, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ a b c d "American Made (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 4, 2017. 
  3. ^ "Barry Seal AKA Adler Berriman Seal". NNDB. 
  4. ^ Sedighzadeh, Kazem. "Tom Cruise Adds 'Mena' to Busy Filming Schedule!". Masterherald.com. Diakses tanggal 2015-04-01. 
  5. ^ Fleming, Mike (2015-01-14). "'Edge' Guys Tom Cruise, Doug Liman Eye Drug Pilot Tale 'Mena'". Deadline.com. Diakses tanggal 2015-01-16. 
  6. ^ "Deauville Film Festival Unveils Lineup, Doug Liman's 'American Made' Set to Open Festival". Variety. August 22, 2017. Diakses tanggal September 3, 2017. 
  7. ^ Busch, Anita (April 21, 2016). "'American Made': Universal Moves Tom Cruise-Doug Liman Film Up One Week – Update". Deadline.com. 
  8. ^ "American Made (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  9. ^ "American Made reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  10. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]