Origin (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Origin
PengarangDan Brown
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
SeriRobert Langdon
GenreKejahatan, Misteri, Cerita seru
PenerbitDoubleday
Tanggal terbit
September 2017
Jenis mediaCetak (sampul keras & sampul kertas), Buku audio
ISBNISBN 978-0-593-07875-4
Didahului olehInferno 

Origin adalah sebuah novel cerita seru misteri tahun 2017 karya pengarang Amerika Dan Brown[1] dan installment kelima dalam Robert Langdon series, setelah Angels & Demons, The Da Vinci Code, The Lost Symbol, dan Inferno.[2] Buku tersebut dirilis pada September 2017 oleh Doubleday.[3][4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Robert Langdon: Seorang profesor simbologi Amerika di Harvard University, Cambridge, Massachusetts.
  • Edmond Kirsch: Seorang miliuner dan futuris berusia empat puluh tahun dan murid lama dari Robert Langdon di Harvard.
  • Ambra Vidal: Direktur Museum Guggenheim di Bilbao dan kenalan Edmond Kirsch.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Robert Langdon, profesor simbologi dan ikonologi agama Universitas Harvard, tiba di Museum Guggenheim yang supermodern untuk menghadiri pengumuman besar tentang penemuan yang akan mengubah dunia sains. Tuan rumah acara malam hari itu adalah Edmond Kirsch, seorang miliuner dan Futuris berusia empat puluh tahun. Kirsch adalah sosok yang terkenal di seluruh dunia, berkat penemuan-penemuan teknologi tingkat tingginya yang mengagumkan, serta prediksi-prediksinya yang berani. Dia juga merupakan salah satu mahasiswa Langdon dua puluh tahun yang lalu, dan sekarang dia akan mengungkap suatu terobosan yang mencengangkan yang akan menjawab dua pertanyaan fundamental terkait eksistensi manusia.

Begitu acara dimulai, Langdon dan beberapa ratus hadirin lainnya terpukau oleh pemaparan yang begitu orisinil, dan Langdon menyadari bahwa ini akan jauh lebih kontroversial daripada dugaannya. Namun acara yang telah diatur dengan amat cermat itu tiba-tiba kacau balau, dan penemuan berharga Kirsch nyaris hilang selamanya. Terguncang dan menghadapi bahaya besar, Langdon terpaksa melarikan diri dari Bilbao. Dia didampingi oleh Ambra Vidal, sang direktur museum yang bekerja sama dengan Kirsch untuk menyelenggarakan acara. Keduanya bertolak ke Barcelona untuk mencari password teka-teki yang akan mengungkap rahasia Kirsch.

Menyusuri koridor-koridor gelap sejarah rahasia dan agama ekstrem, Langdon dan Vidal harus menghindari lawan yang sepertinya tahu segalanya, yang kemungkinan didukung oleh pihak Istana Kerajaan Spanyol yang akan melakukan apa pun untuk membungkam Edmond Kirsch. Mengikuti jejak-jejak tersembunyi dalam karya seni modern dan beragam simbol misterius, Langdon dan Vidal menemukan petunjuk-petunjuk yang pada akhirnya membawa mereka berhadapan dengan penemuan Kirsch dan kenyataan mencengangkan yang selama ini tidak kita ketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]