The Da Vinci Hoax

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Da Vinci Hoax adalah sebuah buku non-fiksi yang ditulis oleh Carl E. Olsen dan Sandra Miesel dengan tujuan mengkritisi novel The Da Vinci Code karya Dan Brown. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2004 oleh Ignatius Press. Menurut Olson dan Miesel, mereka menulisnya terlepas dari permasalahan bahwa novel karya Brown mempopulerkan teori-teori tanpa dasar serta kekeliruan sejarah dan keyakinan, yang mana digunakan sebagai dasar dari alur cerita dalam novel tersebut, serta dibela oleh penulisnya sebagai hal yang faktual dan bermaksud memaparkan bahwa Kekristenan didirikan di atas kebohongan yang telah dirahasiakan selama berabad-abad oleh Gereja Katolik Roma.

Para penulis novel ini menyatakan bahwa teori-teori tersebut, kendati disajikan sebagai pengungkapan secara luar biasa atas pengetahuan yang tersembunyi, sesungguhnya didasarkan pada elemen-elemen gnostik dan gagasan-gagasan feminis. Mereka berpendapat bahwa teori-teori tersebut secara transparan bertentangan dengan keilmuan kritis, sembari menyajikan berbagai pemaparan dan argumen terperinci untuk menentangnya.

Kutipan dari buku ini[sunting | sunting sumber]

  • Representasi yang keliru tentang keyakinan Kristen di dalam The Da Vinci Code sedemikian agresif dan berkelanjutan sehingga kita hanya dapat menyimpulkan bahwa itu adalah akibat dari ketidaktahuan yang disengaja atau kebencian dan kedengkian dengan maksud tertentu (hal. 37)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]