Manusia Vitruvian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
  1. ALIH Templat:Kotak info karya seni

Manusia Vitruvian (bahasa Italia: Le proporzioni del corpo umano secondo Vitruvio, yang diterjemahkan menjadi "Proporsi tubuh manusia menurut Vitruvius"), atau hanya L'Uomo Vitruviano (pengucapan bahasa Italia: [ˈlwɔːmo vitruˈvjaːno]), adalah sebuah lukisan yang dibuat oleh polimatik Italia Leonardo da Vinci sekitar tahun 1490.[1] Lukisan ini disertai dengan catatan berdasarkan karya arsitek Vitruvius. Lukisan ini, dalam tinta di atas kertas, menggambarkan seorang pria dalam dua posisi yang tumpang tindih dengan tangan dan kakinya berjauhan dan terlukis dalam lingkaran dan persegi. Lukisan dan naskah tersebut kadang-kadang disebut Kanon Proporsi atau, lebih jarang, Proporsi Manusia. Lukisan ini tersimpan dalam Gabinetto dei disegni e stampe di Gallerie dell'Accademia, di Venesia, Italia, dengan referensi 228. Seperti kebanyakan karya di atas kertas, lukisan ini ditampilkan kepada publik hanya sesekali, jadi bukan merupakan bagian dari pameran umum museum.[2][3]

Lukisan ini berdasarkan pada korelasi proporsi tubuh manusia yang ideal dengan geometri yang digambarkan oleh arsitek Romawi kuno Vitruvius dalam Buku III dari risalahnya De architectura. Vitruvius menggambarkan sosok manusia sebagai sumber utama proporsi antara tatanan klasik arsitektur. Vitruvius menetapkan bahwa tubuh yang ideal harus memiliki tinggi delapan kepala. Lukisan Leonardo biasanya diberi nama untuk menghormati arsitek.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Secret Language of the Renaissance – Richard Stemp
  2. ^ "The Vitruvian man". Leonardodavinci.stanford.edu. Diakses tanggal 2010-08-20. 
  3. ^ "Da Vinci's Code". Witcombe.sbc.edu. Diakses tanggal 2010-08-20. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Lester, Toby (2012). Da Vinci's Ghost: Genius, Obsession, and How Leonardo Created the World in His Own Image. New York: Free Press. ISBN 9781439189238. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]