Misa Gregorian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah Misa Rekuiem Tradisional

Dalam Gereja Katolik Roma, praktek Misa Gregorian adalah sebuah tradisi kuno yang diyakini bahwa serangkaian tiga puluh Misa berturut-turut yang dilaksanakan dalam tiga puluh hari secara terus-menerus untuk jiwa orang yang meninggal akan membebaskan mereka dari hukuman Api Penyucian. Keyakinan akan kemanjuran Misa Gregorian didasarkan pada wahyu pribadi yang disampaikan kepada Paus Gregorius Agung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal mula berkabung dan berdoa bagi orang mati selama 30 hari dapat ditelusuri kembali ke Perjanjian Lama, di mana orang-orang Yahudi berduka atas Musa selama 30 hari menurut Ulangan 34:8

Sejarah praktik "Tiga Puluh Misa" dimulai pada tahun 590 M di Biara St. Andrew di Roma, yang didirikan oleh Santo Gregorius Agung di villa keluarganya sendiri sekitar tahun 570. Itu sekarang dikenal sebagai Biara Santo Gregorius Agung. Kisah mengenai kejadian yang memunculkan hal ini diceritakan oleh Gregorius sendiri dalam bukunya Dialog.

Setelah terpilih sebagai Paus pada tahun 590, salah satu biarawan, bernama Justus, jatuh sakit. Jadi dia mengaku kepada seorang teman awam, Copiosus, bahwa dia telah menyembunyikan tiga keping emas di antara obat-obatannya bertahun-tahun sebelumnya, ketika dia mengakui seorang biarawan. Faktanya, keduanya adalah mantan dokter. Dan benar saja, para biksu lainnya menemukan emas tersebut ketika mencari obat untuk Justus.

Pendiri dan mantan abbot biara, sekarang Paus Gregorius, mendengar tentang skandal dosa terhadap Peraturan monastik, memanggil kepala biara baru dari biara tercintanya, dan memerintahkan agar hukuman sel isolasi bagi Justus, padahal ia sedang sekarat, dan memerintahkan agar penguburannya tidak di pekuburan melainkan di tempat pembuangan sampah. Copiosus memberi tahu temannya yang malang tentang keputusan ini. Selain itu, masyarakat harus membacakan di atas kuburannya yang mengerikan kata-kata Petrus kepada Simon si Penyihir: "Semoga uangmu binasa bersamamu" (Kisah Para Rasul 8:20).

Hasil yang diinginkan Paus tercapai: Justus melakukan pertobatan yang serius, dan semua biarawan melakukan pemeriksaan hati nurani yang serius. Justus kemudian meninggal, namun masalahnya tidak terjadi, karena tiga puluh hari kemudian Paus Gregorius kembali ke biara dengan perasaan prihatin terhadap Justus, yang sekarang akan menderita hukuman sementara yang berat berupa api Api Penyucian atas dosa-dosanya. “Kita harus,” kata Gregory kepada kepala biara, “datang dengan bantuan amal, dan sebisa mungkin membantunya lolos dari hukuman ini. Pergi dan aturlah tiga puluh Misa bagi jiwanya, sehingga selama tiga puluh hari berturut-turut Korban Penyelamat dapat hadir. dikorbankan demi dia tanpa gagal." Dan hal itu telah selesai.

Beberapa hari kemudian, biarawan yang sudah meninggal, Justus, muncul dalam penglihatan kepada temannya Copiosus dan berkata, "Saya baru saja menerima pengampunan Komuni dan pembebasan dari Api Penyucian karena Misa yang dipersembahkan untuk saya." Para biarawan melakukan perhitungan, dan mencatat bahwa tepat tiga puluh hari sejak tiga puluh Misa dimulai untuk Justus. Mereka berbagi penghiburan yang luar biasa ini satu sama lain, dengan kepala biara mereka dan dengan Paus Gregorius. Paus menyertakan kisah lengkap tentang episode ini.

Status di gereja[sunting | sunting sumber]

Gereja Katolik telah menyatakan bahwa keyakinan umat beriman terhadap khasiat khusus Misa Gregorian adalah saleh dan masuk akal. Peraturan spesifiknya terdapat dalam Kongregasi Suci untuk Indulgensi tanggal 24 Agustus 1888.[1] Karena diperlukan 30 Misa berturut-turut, Misa Gregorian seringkali tidak sesuai dengan jadwal Misa di paroki-paroki Katolik. Oleh karena itu, Misa Gregorian biasanya dilakukan di biara-biara dan seminari, atau oleh pensiunan imam. Misa hanya dapat diucapkan untuk satu orang pada satu waktu yang berada di api penyucian, meskipun dapat diucapkan oleh imam yang berbeda dan di altar yang berbeda. Jika jiwa orang yang dituju sudah berada di Surga, atau jika sudah berada di Neraka, indulgensi akan membantu jiwa lain yang membutuhkan. Misa harus diucapkan berturut-turut hari demi hari tanpa gangguan apa pun. Jika Misa diinterupsi meskipun hanya satu hari, prosesnya batal dan harus dimulai dari awal lagi. Satu-satunya pengecualian adalah jika beberapa hari terakhir Pekan Suci terjadi pada saat Misa Gregorian; dalam hal ini, Misa boleh dihentikan hingga Minggu Paskah dan kemudian dilanjutkan pada hari itu.[2]

Altar istimewa[sunting | sunting sumber]

Ketika praktik ini dimulai, praktik ini hanya terbatas pada misa yang diadakan di altar utama di Biara Santo Andreas di Roma, tempat praktik ini dilakukan. Seiring berjalannya waktu, “hak istimewa” ini diperluas ke beberapa altar lain di kota Roma.

Akhirnya praktik ini menjadi umum di biara-biara. Seorang biarawan dari Biara Cluny pada abad ke-11 menyatakan bahwa Misa seperti itu diucapkan setiap hari pada periode tersebut, kecuali pada hari-hari raya besar dalam setahun, seperti Paskah.[3] Di era modern, praktik ini diizinkan untuk semua gereja di seluruh dunia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GREGORIAN MASSES". Diakses tanggal 2021- 02-27. 
  2. ^ "Persyaratan Misa Gregorian". Diakses tanggal 2021 -02-27. 
  3. ^ [http ://www.traditioninaction.org/religious/d014rp30Gregorian_Somerville.html "The Thirty Gregorian Masses" oleh Romo Stepehen Somerville]