Altar istimewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Altar Istimewa (Latin: Altare Privilegiatum) adalah sebuah altar di sebuah bangunan gereja dalam Gereja Katolik Roma di mana indulgensi penuh dapat diterapkan demi sebuah jiwa di api penyucian oleh imam yang merayakan Misa setiap kali Misa dirayakan di sana.[1] Ini merupakan indulgensi tambahan, melampaui rahmat dan manfaat yang biasanya diperoleh dari perayaan Misa.

Altar-altar tersebut pernah diberikan melalui konsesi khusus, namun kemudian meluas: hak istimewa tersebut diperluas oleh Paus ke altar-altar di banyak gereja dan pada abad ke-20, uskup mana pun dapat menetapkan satu altar di setiap gereja di bawah yurisdiksinya sebagai altar yang diistimewakan (biasanya altar tersebut altar utama untuk Misa harian di sebagian besar gereja paroki). Altar seperti itu seharusnya memiliki plakat atau tulisan di dekatnya, "altare privilegiatum".

Masing-masing imam dapat, dengan berbagai cara, memperoleh hibah berupa "altar pribadi yang diistimewakan". Pemberian indulgensi jenis ini tidak terbatas pada altar fisik seperti di atas, tetapi dibawa bepergian bersama imam kapan pun, dan di mana pun, ia merayakan Misa. Hak istimewa tersebut secara otomatis diberikan oleh hukum kepada para kardinal dan uskup, dan dapat diperoleh dengan cara yang sama. para imam berdasarkan permintaan atau dengan melakukan, "Tindakan Amal yang Heroik", suatu komitmen pribadi yang dilakukan oleh imam yang mempersembahkan kepada Tuhan indulgensi apa pun yang pantas ia berikan kepada jiwa-jiwa yang paling membutuhkan di api penyucian.

Dengan bulla Omnium saluti dari Paus Benediktus XIII, sebuah altar istimewa dapat diizinkan di setiap patriarkal, metropolitan atau gereja katedral.[2][3]

Pemberian altar istimewa diganti [4] oleh Norma 20 dari Konstitusi Apostolik Paus Paulus VI 'Indulgentiarum Doctrina', yang memperluas pemberian indulgensi yang dijelaskan di atas kepada semua Misa, " bagaimanapun juga," dimanapun dan oleh siapapun mereka dirayakan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Altar Istimewa, Ensiklopedia Katolik
  2. ^ Altare privilegiato. hlm. 280. 
  3. ^ {{cite web |url= https://www.biblicalcyclopedia.com/P/privilegium-altaris.html |title= Privilegium Altaris |author=