Kanigoro, Blitar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kanigoro
Candi Sawentar di Kanigoro
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBlitar
Pemerintahan
 • CamatDarmadi, S. Sos. M.Si[1]
Populasi
 • Total78.923 jiwa
 • Kepadatan1.685/km2 (4,360/sq mi)
Kode pos
66171
Kode Kemendagri35.05.10 Edit the value on Wikidata
Luas46,83 km²
Desa/kelurahan10 desa
2 kelurahan
Situs webkec-kanigoro.blitarkab.go.id
Kantor Kabupaten Blitar dalam pembangunan di Kanigoro

Kanigoro (Hanacaraka:ꦏꦼꦕꦩꦠꦤ꧀ꦏꦤꦶꦒꦫ, Pegon: کٚچَامَتَنْ کَانِغَرَ) adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Blitar, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan yang berbatasan dengan Kota Blitar ini juga menjadi ibukota dari kabupaten Blitar.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan keadaan morfologinya, wilayah Kecamatan Kanigoro merupakan daerah dataran yang ditempati oleh batuan hasil letusan gunung api dan juga batuan lepas hasil dari endapan Sungai Brantas yang mengalir dari timur ke barat, dengan kemiringan antara 0-20 persen.

Jenis bebatuan yang dijumpai di Kanigoro adalah satuan batu vulkanik muda yang terdiri atas batuan breksi dan andesit. Kanigoro memiliki iklim tropis yang terbagi atas dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Musim kemarau berkisar antara bulan April sampai Oktober dengan curah hujan mencapai 2.500 mm dan jumlah bulan hujan selama lima bulan per tahun. Iklim yang berlaku di Kanigoro pada dasarnya cukup membantu terutama pada perkembangan sektor pertanian di kawasan ini sehingga bercocok tanam cukup menjadi pilihan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Agama[sunting | sunting sumber]

Tahun 2021, jumlah penduduk kecamatan Kanigoro sebanyak 78.925 jiwa, dengan kepadatan 1.685 jiwa/km². Kemudian, persentasi penduduk kecamatan Kanigoro berdasarkan agama yang dianut yakni Islam 99,09%, kemudian Kekristenan 0,77% dimana Protestan 0,56% dan Katolik 0,21%. Sebagian lagi menganut agama Hindu yakni 0,13% dan Buddha 0,01%%.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apel Gelar Pasukan Siap Siaga Bencana Kecamatan Kanigoro, www.kec-kanigoro.blitarkab.go.id, 27 Agustus 2021
  2. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 27 Agustus 2021.